Chlamydia adalah penyakit menular seksual pada pria dan wanitaChlamydia adalah salah satu penyakit menular seksual paling umum yang sering terjadi, penyakit ini sangat mudah untuk diobati. Chlamydia atau penulisan dalam tulisan bahasa indonesianya adalah klamidia. Klamidia ditularkan melalui hubungan seksual yang sering dilakukan dengan orang yang baru dikenal. Penyakit ini akan sangat berbahaya jika tidak segera diobati, karena dapat mengakibatkan komplikasi yang menyakitkan dan dapat mengganggu kesuburan.

Chlamydia adalah bakteri yang bernama chlamydia trachomatis yang sering ditemukan di dalam air mani dan cairan vagina dari wanita yang terinfeksi. Klamidia dapat ditularkan dengan sangat mudah melalui kontak seksual. Bakteri ini dapat hidup di dalam sel-sel serviks (pintu masuk ke dalam rahim), jika pada pria dapat hidup melalui saluran uretra menuju rektum. Bakteri ini terkadang menginfeksi tenggorokan dan mata.

Bakteri ini dapat ditularkan melalui beberapa kegiatan di bawah ini:

• Hubungan seksual tanpa kondom.
  • Berbagi mainan sex tanpa dicuci.
  • Oral seks.
  • Anal seks.

Sperma yang terinfeksi jika mengenai mata dapat menyebabkan konjungtivitis. Chlamydia juga dapat ditularkan melalui ibu hamil untuk calon bayinya.

Chlamydia tidak ditularkan melalui:

• Ciuman.
  • Berpelukan.
  • Mandi dan berbagi handuk.
  • Kolam renang.
  • Kursi toilet.
  • Berbagi alat makan, seperti piring, sendok dan garpu.

Gejala Chlamydia adalah Pendarahan Pada Vagina

Terkadang bakteri klamidia jika menginfeksi tidak ada tanda-tanda dan gejala yang terlihat. Secara umum tanda dan gejala akan muncul 1-3 minggu, setelah kontak seksual dengan orang yang terinfeksi klamidia. Infeksi tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri klamidia sangat mirip dengan penyakit gonore, gejala gonore juga akan muncul setelah beberapa minggu terinfeksi. Gejala yang paling umum ditemui seperti berikut.

Gejala pada wanita dan pria berbeda.

Wanita

• Pendarahan diantara periode menstruasi.
  • Periode menstruasi akan sangat menyakitkan.
  • Pendarahan setelah melakukan hubungan seksual.
  • Rasa sakit dan nyeri saat melakukan hubungan seksual.
  • Nyeri panggul.
  • Keputihan abnormal.
  • Rasa sakit saat buang air kecil.

Pria

• Keluar cairan putih, kental dari ujung penis.
  • Terasa nyeri saat buang air kecil.
  • Testis akan terasa nyeri.

Infeksi pada bagian mata dan tenggorokan.

• Infeksi mata yang dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, iritasi serta keluar cairan dari mata (konjungtivitis).
  • Radang tenggorokan.
  • Kelenjar getah bening di sekitar leher.

Diagnosis Chlamydia

Jika anda memiliki Chlamydia mungkin dokter akan memeriksa anda dengan menggunakan alat seperti cotton bud untuk mengambil sampel cairan yang keluar dari organ intim anda. dokter juga akan mengambil sampel urine, lalu dibawa ke laboratorium untuk di analisis. Cotton bud juga dapat mengambil sampel pada mata yang terinfeksi chlamydia, perlu diketahui bahwa bakteri ini tidak dapat di deteksi melalui tes darah atau pap smear.

Pengobatan Chlamydia

pengobatan penyakit menular seksual

Pengobatan chlamydia adalah dengan cara terapi antibiotik. Antibiotik dapat diberikan sesuai dosis yang diperlukan selama 7 hari. Selama masa pengobatan wanita dilarang melakukan hubungan seksual, karena dapat menular pada pasangan seksual anda. jika anda mempunyai pasangan seksual, sebaiknya melakukan pemeriksaan secara bersama-sama, agar dapat mencegah penularan kembali.

Berikut obat yang mungkin akan direkomendasikan dokter untuk anda.

• Azitromisin
  • Doxycycline (dilarang digunakan untuk wanita hamil)
  • Amosisilin
  • Etilsuksinat eritromisin

Perlu diingat obat-obatan di atas tidak boleh sembarangan dikonsumsi, harus menggunakan resep dokter, karena jika tidak sesuai dengan hasil diagnosis dapat menyebabkan bakteri menjadi kebal dan susah diobati.

Jika anda mengalami infeksi kelamin yang disebabkan oleh bakteri klamidia, kami menyarankan anda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Di Klinik Utama Gracia terdapat dokter yang dapat membantu menangani penyakit-penyakit kelamin yang anda keluhkan.

Untuk konsultasi medis online klik banner di bawah ini.