ciri ciri herpes

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit herpes terbagi menjadi dua bagian yaitu herpes simplex dan herpes zoster, persamaannya adalah keduanya disebabkan oleh virus.

Dan kali ini Kami akan membahas mengenai herpes simplex. Perlu diketahui juga bahwa herpes simplex terbagi menjadi dua jenis yaitu:

• Herpes Simplex Virus-1 (HSV-1), merupakan virus yang menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. Dan juga virus HSV 1 memiliki ciri ciri herpes sebagai berikut: timbulnya sariawan di mulut ataupun di bibir dan timbulnya ruam lepuh.
  • Herpes Simplex virus-2 (HSV-2), merupakan virus yang menyerang bagian pinggang ke bawah dan herpes ini akan menyerang pada bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan Herpes Genital.

Apakah Penyebab Herpes?

• Diketahui herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) yang ditularkan melalui hubungan badan maupun seks oral dengan seseorang yang sudah menderita herpes genital.
  • Diketahui HSV-1 dan HSV-2 disebabkan oleh virus dan hampir sebagian besar infeksi herpes genital disebabkan oleh HSV-2.
  • Penyebab HSV-1 dapat disebabkan melalui ciuman maupun dengan hubungan badan dengan seseorang yang sudah terinfeksi sehingga akan menyebabkan luka.
  • Meskipun setiap orang dapat menyebarkan penyakit ini namun penularan herpes dari pria yang terinfeksi untuk pasangan wanita lebih umum terjadi daripada wanita yang menularkan kepada pria.

Lalu, Apakah Herpes Genital Menular?

Tentunya herpes genital sangat menular, untuk itu seseorang yang sudah terinfeksi herpes genital harus menghindari berhubungan badan dengan pasangannya, bahkan saat menggunakan pengaman tidak dapat mencegah penyebaran penyakit ini karena tidak semua luka dilindungi oleh kondom.

Ciri Ciri Herpes Genital

• herpesCiri ciri herpes genital pertama biasanya penyakit ini cenderung berkembang dalam 3 sampai 7 hari setelah terinfeksi melalui kontak kulit ke kulit dengan orang yang terinfeksi.
  • Biasanya periode 3 sampai 7 hari ini dikenal sebagai masa inkubasi.
  • Ciri ciri herpes genital selanjutnya adalah adanya ruam terdiri dari luka kecil, bisul atau borok pada alat kelamin.
  • Setiap lepuhan atau bisul biasanya hanya berukuran 1 sampai 3 milimeter.
  • Biasanya muncul benjolan lebih dulu, kemudian cepat terbuka untuk membentuk borok.
  • Infeksi herpes mungkin akan menyakitkan.

Dimanakah Biasanya Herpes Genital Muncul?

• Pada pria, luka herpes genital biasanya muncul di sekitar penis.
  • Pada wanita, luka herpes genital mungkin terlihat di luar Ms V akan tetapi penyakit ini umumnya terjadi di dalam Ms V di mana luka ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau keluarnya cairan seperti keputihan dan tidak dapat dilihat kecuali selama pemeriksaan dokter.
  • Luka borok atau lecet juga dapat ditemukan di mana saja di sekitar alat kelamin atau di sekitar anus.

Bahkan pada beberapa orang dapat menjadi sangat sakit dari infeksi herpes genital jika seorang tersebut memiliki demam tinggi, berat sakit kepala, sesak napas, atau kelelahan.

Berbeda halnya dengan seseorang dengan penyakit medis yang parah (terutama HIV atau AIDS) dapat menjadi sangat sakit dari infeksi herpes genital.

Karena virus herpes cepat dapat menyebar ke otak, paru-paru, maupun organ lainnya. Seseorang dalam situasi ini harus mencari bantuan medis secepat mungkin dan Anda bisa mengunjungi Kami Di Klinik Utama Gracia.