ciri ciri keputihan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa timbulnya cairan keputihan pada wanita merupakan sesuatu hal yang normal dan ciri ciri keputihan yang normal akan berwarna putih susu dan tidak berbau.

Sehingga dapat dikatakan timbulnya keputihan normal adalah sehat karena pada dinding Ms V dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim pada wanita dan mencegah iritasi dan infeksi.

Mungkin pada beberapa wanita memiliki cairan keputihan yang banyak tetap menganggap sebagai hal normal, sementara yang lain mungkin terganggu oleh jumlah yang lebih kecil dari keputihan.

Diketahui juga cairan keputihan akan meningkat selama pubertas, kehamilan, pada periode pertengahan siklus dan sebelum menstruasi.

Ciri Ciri Keputihan yang Normal Pada Wanita

Keputihan Akan Berwarna Putih

Ciri ciri keputihan yang normal adalah keputihan akan berwarna putih susu dan cairan keputihan ini tidak akan berbau dan merupakan salah satu kondisi yang normal biasanya akan terjadi pada awal dan akhir siklus Anda.

Keputihan Tidak Berbau

Keluarnya cairan keputihan tidak akan berbau amis maupun berbau lainnya, dan timbulnya cairan keputihan normal tidak disertai dengan rasa gatal. Namun jika Anda merasakan keputihan yang terasa gatal maka bisa menunjukkan adanya infeksi jamur yang diakibatkan oleh Bakteri Vaginosis.

Keputihan Berwarna Jernih Dan Encer

Biasanya cairan keputihan tersebut berwarna jernih dan encer dan keputihan ini dapat terjadi setiap saat bulan.

Keputihan Berwarna Jernih Dan Elastis

Ketika keputihan Anda berwarna jernih tapi elastis dan seperti lendir, daripada berair, ini menunjukkan bahwa Anda mungkin ber ovulasi. Namun diketahui ada banyak wanita yang mengalami keputihan yang tidak normal dengan ciri ciri sebagai berikut.

Ciri Ciri Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

Keputihan Berwarna Kuning

keputihan berwarnaJika Anda mengalami keputihan berwarna kuning bisa menandakan ada organisme kuman yang tumbuh dan bersarang pada Ms V, biasanya karena kuman-kuman yang masuk melalui hubungan badan.

Keputihan Berwarna Coklat

Keluarnya keputihan berwarna coklat biasanya dialami ketika: periode haid, kehamilan di awal, atau pada masa menopause dan keputihan ini bisa jadi tanda penyakit pada Ms V maupun bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease.

Keputihan Berwarna Hijau

Jika ciri ciri keputihan Anda sudah berwarna hijau dalam jumlah besar dan disertai aroma busuk juga nyeri pada Ms V, maka Anda wajib mencurigai keputihan tersebut, karena bisa saja menjadi infeksi pada organ reproduksi maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

Keputihan Berwarna Abu-abu

Jika keputihan Anda berwarna abu-abu disertai timbulnya gatal, bau tidak sedap, dan terjadi pembengkakan dan kemerahan pada sekitar mulut Ms V maka Anda harus mewaspadai hal tersebut karena kemungkinan Anda sedang mengalami kanker.

Apakah yang Menyebabkan Keputihan Tidak Normal?

Pada umumnya timbulnya keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan oleh infeksi diantaranya adalah:

Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis adalah infeksi bakteri dan sangat umum sehingga menjadi penyebab infeksi yang meningkatkan keputihan yang kuat, busuk, dan bau kadang-kadang amis, meskipun tidak menghasilkan gejala pada beberapa kasus. Diketahui wanita yang menerima seks oral atau yang memiliki banyak pasangan seksual memiliki risiko tinggi tertular infeksi ini.

bakteri keputihanTrichomoniasis

Ini adalah jenis lain dari infeksi yang disebabkan oleh protozoa (organisme bersel tunggal). Infeksi ini biasanya ditularkan melalui kontak seksual, tetapi juga dapat ditularkan dengan cara berbagi handuk atau pakaian renang.

Infeksi ini hasil dari cairan kuning atau hijau yang memiliki bau busuk. Nyeri, peradangan, dan gatal-gatal merupakan gejala umum meskipun pada beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

Infeksi ragi

Infeksi ragi adalah infeksi jamur yang menghasilkan cairan dengan sensasi terbakar dan gatal. Adanya ragi dalam Ms V adalah normal, tetapi pertumbuhannya dapat berkembang biak di luar kendali dalam situasi tertentu.

Penyakit Gonore dan klamidia

Diketahui kedua penyakit menular seksual seperti Gonore dan klamidia dapat menghasilkan cairan keputihan yang tidak normal seperti warna kuning, atau kehijauan.

Penyakit Radang panggul

Penyakit radang panggul adalah infeksi yang sering menyebar melalui kontak seksual. Hal ini terjadi ketika bakteri menyebar hingga organ reproduksi lainnya seperti Ms V dan jika Anda mengalami hal ini biasanya keputihan tersebut terasa berat, dan berbau busuk.