counter

ciri ciri penyakit sifilis

Sifilis atau yang biasa disebut dengan penyakit raja singa, merupakan salah satu penyakit menular seksual. Penyakit ini dapat menyebar melalui vagina, oral seks dan anal. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Troponema Pallidum.

Sifilis merupakan bakteri yang cara penyebarannya melalui hubungan seks. Penyakit ini dapat disembuhkan jika gejala atau ciri-ciri yang timbul dapat segera ditangani dengan semestinya. Namun dapat menjadi masalah yang serius jika dibiarkan, bahkan si penderita dapat mengalami kerusakan tubuh secara permanen.

Anda mungkin tidak menyadari ciri ciri penyakit sifilis, sebab penyakit ini tidak memiliki gejala yang dapat Anda lihat atau Anda rasakan. Bahkan sebagian besar orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit ini, itulah mengapa penyakit ini cukup berbahaya dan cara mengetahuinya dengan melakukan uji laboratorium.

Sifilis berkembang dalam empat tahapan, dan masing-masing tahapan memiliki ciri ciri penyakit sifilis yang berbeda.

Tahap Primer

Ciri ciri penyakit sifilis pada tahap ini adalah munculnya luka atau lesi yang biasanya tidak menimbulkan efek sakit, luka ini muncul pada tempat di mana bakteri itu masuk ke dalam tubuh.

Hal ini berlangsung dalam 3 minggu sejak terpapar pertama kali., namun pada kasus lain dapat berkisar antara 10 hingga 90 hari. Pada tahap ini penularan dapat berlangsung dengan mudah.

Tahap Sekunder

Pada tahap sekunder ditandai dengan munculnya ruam 2 sampai 12 minggu setelah luka muncul dan terkadang muncul sebelum luka hilang atau sembuh. Gejala ini menandakan bahwa infeksi telah menyebar ke seluruh tubuh.

Ruam ini dapat terjadi pada seluruh tubuh, biasanya bagian yang terkena adalah telapak tangan dan telapak kaki. Ruam yang muncul biasanya berwarna cokelat kemerahan, kecil, datar, keras atau kulit yang terluka tersebut menonjol sekitar kurang dari 2 cm. Luka biasanya berisi nanah atau dapat juga muncul luka lembab yang terlihat seperti kutil, sedangkan pada orang yang berkulit gelap, warna luka akan terlihat lebih terang dari pada kulit sekitarnya.

Jika sifilis telah menyebar ke seluruh tubuh, gejala yang akan timbul antara lain adalah:

  • Demam dengan suhu rata-rata kurang dari 101 0 f (38,3 0 C)
  • Merasakan kelelahan dan ketidak nyamanan pada seluruh tubuh
  • Sakit tenggorokan
  • Rambut rontok dibagian bulu mata, alis dan kulit kepala
  • Penurunan berat badan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Pada tahap ini penularan sifilis dapat berlangsung dengan mudah.

Klik chat

Tahap Laten

Tahap ini merupakan tahap tersembunyi dari penyakit sifilis. Pada tahap ini si penderita seakan-akan sembuh dari gejala-gejala penyakit sifilis, padahal kenyataannya tidak. Periode ini berlangsung sekitar 1 tahun atau dapat terjadi pada periode 5 hingga 20 tahun.

Pada tahap ini tidak ada gejala-gejala yang timbul, diagnosis yang sangat akurat adalah dengan melakukan pengujian darah, kelahiran anak dengan sifilis kongenital atau riwayat kesehatan seseorang.

Pada tahap ini sekitar 20 sampai 30 orang dari 100 orang penderita penyakit sifilis ini akan mengalami kambuhan yang terjadi beberapa kali. Ketika kambuhan tidak terjadi, maka tidak dapat menular kepada orang lain. Namun bagi wanita yang mengandung, tahap ini tetap dapat menularkan penyakit sifilis ini kepada bayi yang dikandungnya dengan resiko terjadinya keguguran, mati, atau melahirkan bayi yang terinfeksi sifilis kongenital.

Tahap Tersier

Ini merupakan tahap terakhir dari tanda-tanda penyakit sifilis sekaligus tahap yang paling merusak dan mematikan dari tahapan-tahapan yang ada. Jika penderita tidak segera diberikan pertolongan dan pengobatan, maka akan menyebabkan masalah yang sangat serius seperti gangguan mental, masalah sistem saraf, kebutaan, bahkan kematian.

Jika Anda secara aktif sering melakukan hubungan seksual, segeralah periksakan diri Anda atau berkonsultasi kepada dokter mengenai kehidupan seks Anda. Sebab gejala-gejala atau tanda penyakit menular seksual sangat sulit untuk dapat dilihat secara kasat mata.

Untuk itu selalu jagalah kebersihan organ intim Anda, serta lakukan hubungan seksual yang sehat.

Klik chat