cystitis adalah Cystitis adalah istilah medis untuk radang kandung kemih. Sebagian peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri dan itu di sebut infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih sangat menyakitkan dan mengganggu, jika tidak ditangani dengan benar bisa menjadi masalah kesehatan yang sangat serius.

Cystitis dapat terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu, terapi radiasi, seperti semprotan kesehatan feminism, jeli spermisida atau penggunaan kateter jangka panjang. Cystitis juga dapat terjadi akibat komplikasi dari penyakit lain.

Gejala Cystitis Adalah Iritasi kandung Kemih

Infeksi yang terjadi dari gejala radang kandung kemih yaitu adanya iritasi dan pembengkakan pada bagian kandung kemih dan ureta. Berikut ini akan kami jelaskan gejala-gejala radang kandung kemih atau cystitis.

cystitis adalah

Tanda-tanda Cystitis dan gejala yang termasuk:

• Dorongan rasa terus-menerus untuk buang air kecil.
  • Rasa terbakar saat buang air kecil.
  • Jumlah volume air kecil sedikit.
  • Terdapat darah di dalam urin.
  • Ketidaknyamanan di panggul.
  • Terasa seperti tertekan di bagian bawah perut.

Jika sudah didiagnosa mengalami cystitis yang sangat parah, akan muncul juga beberapa gejala seperti demam, menggigil, mual, muntah, nyeri pinggang, nyeri punggung, apabila bakteri sudah menyebar dari system perkemihan ke aliran darah atau ginjal.

Penyebab Cystitis Adalah Hubungan Seksual Yang Tidak Sehat

Sistem kemih itu termasuk ginjal, ureter, kandung kemih dan ureta. Semua itu berperan dalam menghilangkan limbah di dalam tubuh anda. Ginjal berfungsi memfilter limbah dari darah dan mengatur zak yang masuk ke dalam tubuh. Tabung disebut ureter yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih, dimana itu disimpan sampai keluar tubuh melalui ureta.

Infeksi kandung kemih akibat dari bakteri dapat terjadi pada wanita akibat hubungan seksual. Wanita yang aktif dalam behubungan seksual sangat rentan untuk terinfeksi saluran kemih karena area genital wanita adalah tempat berlabuhnya bakteri yang dapa menyebabkan sistitis.

Meskipun infeksi bakteri adalah penyebab paling umum dari sistitis, beberapa faktor non-infeksi juga dapat menyebabkan kandung kemih menjadi meradang. Beberapa contoh termasuk:

• Interstitial cystitis. Penyebab peradangan kandung kemih kronis ini juga disebut menyakitkan sindrom kandung kemih, tidak jelas. Sebagian besar kasus didiagnosis pada wanita. Kondisi ini bisa sulit untuk mendiagnosa dan mengobatinya.
  • Obat induced cystitis. Obat-obat tertentu terutama siklofosfamid yaitu obat kemoterapi, ini dapat menyebabkan radang kandung kemih.
  • Radiasi sistitis. Pengobatan radiasi dari daerah panggul dapat menyebabkan perubahan inflamasi di jaringan kandung kemih.
  • Benda asing. Penggunaan kateter dalam jangka waktu yang panjang dapat mempengaruhi infeksi bakteri dan kerusakan jaringan, yang keduanya dapat menyebapkan peradangan.
  • Sistitis kimia. Beberapa orang mungkin hipersensitif terhadap bahan kimia yang terkandung dalam produk-produk tertentu, seperti mandi busa, semprotan kebersihan feminism atau jeli spermisida, dan dapat mengembangkan reaksi alergi di dalam kandung kemih dan menyebabkan peradangan.
  • Sistitis juga sering dikaitkan dengan penyakit lain seperti diabetes, batu ginjal, pembesaran prostat atau cedera tulang belakang.

Pengobatan

Bagi yang sudah terinfeksi radang kandung kemih, sebaiknya mengkonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya jika kondisi belum terlalu parah, dapat mengkonsumsi antibiotik selama 3 hari.

Bila kondisi sudah terlalu parah atau memiliki komplikasi, khususnya pada pria yang mengalami pembesaran kelenjar prostat, maka dia akan mengalami masalah radang kandung kemih lebih lama, dan harus melakukan pengobatan lebih lama dengan penggunaan antibiotik selama 10 hari, bahakan menurut para ahli jika peradangan sudah terlalu parah maka harus dilakukan terapi berkepanjangan sampai peradangan benar-benar sembuh total.

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera pergi kedokter untuk memeriksakan diri anda, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.