counter

 

dimana letak selaput dara wanitaApa yang Anda ketahui mengenai selaput dara? Sebagian besar wanita akan menjawab bahwa selaput dara adalah bagian dari vagina yang berkaitan dengan keperawanan. Namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui dimana letak selaput dara wanita.

Kebanyakan wanita dan juga pria percaya ketika wanita masih memiliki selaput dara yang masih utuh, dan pertama kali melakukan hubungan seksual, maka akan terjadi keluarnya darah. Selaput dara, keperawanan, dan terjadinya keluar darah saat pertama kali melakukan hubungan seksual menjadi tiga hal yang sering dikaitkan. Padahal bukan berarti utuhnya selaput dara, ataupun keluarnya darah saat melakukan hubungan seksual pertama kali adalah pertanda perawan.

Bentuk dan elastisitas selaput dara milik wanita cenderung berbeda-beda. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tidak semua orang akan mengalami selaput dara yang robek ketika melakukan hubungan seksual. Beberapa wanita bahkan sudah sering melakukan hubungan seksual, namun selaput daranya masih utuh. Selain itu, adapula selaput dara yang sangat rapuh, sehingga akibat aktivitas selain hubungan seksual pun bisa robek, seperti bersepeda, berkuda, masturbasi, ataupun latihan peregangan yang ekstrim.

Klik chat

Terjadinya keluar darah ketika pertama kali melakukan hubungan seksual juga dianggap menjadi tanda bahwa wanita masih perawan atau selaput dara yang dimilikinya masih utuh. Sehingga ketika terjadi penetrasi penis pada vagina, selaput dara robek dan menyebabkan keluarnya darah. Hal ini bisa saja terjadi bila selaput dara tebal dan dekat pembuluh darah, sehingga dapat terjadi keluarnya darah. Dan begitupun sebaliknya. Sehingga tidak semua wanita masih perawan akan mengalami hal tersebut saat melakukan hubungan seksual pertama kali.

Dimana Letak Selaput Dara Wanita?

Lalu dimana letak selaput dara wanita? Selaput dara sendiri adalah membran tipis yang letaknya di antara kedua lipatan vulva dan berjarak 1 hingga 2 cm dari bukaan vagina. Perlu diketahui bahwa selaput dara tidak sepenuhnya menutupi bukaan vagina. Karena selaput dara umumnya memiliki lubang yang akan menjadi jalan untuk darah menstruasi keluar dari tubuh. Namun beberapa wanita memiliki selaput dara yang tidak berlubang (imperforate hymen), yang menyebabkan darah menstruasi tidak dapat keluar.

Umumnya wanita memiliki bentuk selaput dara annular, yang memiliki lubang seperti setengah bulan. Namun adapula bentuk lain, seperti imperforate dimana tidak ada lubang, mikroperforate yang memiliki lubang namun sangat kecil, dan juga septate yang membuat selaput dara terlihat memiliki dua lubang karena terdapat pita di tengahnya.

dimana letak selaput dara wanita

Penyebab Selaput Dara Robek Dan Tidak Keluarnya Darah

1. Rapuh

Selaput dara yang terlalu rapuh, dapat membuat mudahnya selaput dara untuk robek. Bahkan walaupun tidak terjadi penetrasi seksual. Misalnya ketika wanita berkuda, bersepeda, ataupun melakukan latihan peregangan.

2. Terlalu Elastis

Tingginya elastisitas selaput dara dapat membuat dirinya lebih fleksibel, sehingga tidak terjadi robekan ketika melakukan hubungan seksual. Hal ini membuat tidak keluarnya darah saat pertama kali melakukan hubungan seksual.

3. Darah Yang Keluar Tidak Banyak

Beberapa wanita juga ada yang mengalami keluarnya darah saat pertama kali melakukan hubungan seksual dalam jumlah yang sangat sedikit. Hal ini membuat hanya terjadinya bercak-bercak darah saja.

4. Tidak Memiliki Selaput Dara

Jika Anda berpikir bahwa semua wanita dilahirkan memiliki selaput dara, maka pemikiran Anda salah. Karena ada beberapa wanita yang memang tidak memiliki selaput dara.

Itulah penjelasan mengenai selaput dara yang dimiliki wanita yang sering dikaitkan dengan patokan keperawanan. Hal ini membuat banyak wanita ingin melakukan operasi keperawanan agar memiliki selaput dara yang utuh seperti belum pernah melakukan hubungan seksual.
Klik chat