counter

makanan penyebab keputihan pada wanita

Keputihan pada wanita bisa terjadi secara normal ataupun abnormal. Dikatakan normal, bila keputihan terjadi pada saat-saat tertentu seperti akan menstruasi, saat masa ovulasi, ataupun sedang bergairah. Namun ada pula keputihan abnormal yang juga sering menjadi permasalahan tiap wanita. Beberapa orang percaya bahwa ada makanan penyebab keputihan pada wanita. Benarkah makanan-makanan tertentu dapat menyebabkan munculnya keputihan pada wanita?

Sebenarnya keputihan abnormal akan terjadi bila ada kondisi tertentu yang dialami oleh organ kewanitaan. Seperti misalnya adanya infeksi bakteri, kuman, jamur ataupun karena suatu penyakit yang membuat munculnya keputihan. Namun ada beberapa makanan yang bisa menjadi faktor resiko, sehingga membuat keputihan akhirnya terjadi.

Walaupun begitu, adapula makanan penyebab keputihan pada wanita yang ternyata memiliki dampak baik bagi tubuh. Dengan begitu, anggapan mengenai makanan ini sebagai penyebab keputihan adalah suatu hal yang mungkin keliru. Berikut ini penjelasan mengenai fakta makanan penyebab keputihan pada wanita.

1. Nanas

Buah ini adalah salah satu makanan yang paling diketahui banyak orang sebagai penyebab keputihan. Wanita dipercaya akan memiliki vagina yang ‘becek’ bila mengonsumsi buah ini, sehingga banyak wanita menghindari buah satu ini. Namun sebenarnya nanas memiliki vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Nanas juga memiliki asam amino dan triptofan yang berguna mengurangi depresi.

Yang membuat penyebutan nanas sebagai penyebab keputihan adalah suatu kekeliruan adalah karena nanas sendiri mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri dan kuman. Sehingga sebenarnya nanas malah akan membantu untuk memerangi bakteri atau kuman penyebab keputihan.
Klik chat

2. Timun

Sama halnya dengan nanas, timun juga dianggap dapat membuat vagina menjadi ‘becek’ karena tingginya kandungan air dalam sayur satu ini. Namun sebenarnya kandungan air tersebut akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan vitamin A, B, C, mineral, magnesium, kalium, mangan dan silika dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit, pencernaan, dan mengobati diabetes. Manfaat lain dari timun yaitu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan kukurbitasin C yang dimilikinya.

3. Terung

Terung atau yang biasa disebut terong merupakan sayuran yang juga dianggap sebagai penyebab keputihan oleh banyak orang. Padahal terung memiliki phycocyanin yang bisa membantu memproduksi sel induk untuk menggantikan sel-sel mati agar dapat diperbaharui. Penyakit alzheimer, parkinson, dan huntington pun dipercaya dapat dicegah dengan konsumsi terung. Selain itu, terung juga mengandung resveratrol yang bisa mencegah penyakit jantung.

Fakta mengenai makanan penyebab keputihan pada wanita di atas semoga dapat membuat Anda lebih memahami bahwa ternyata makanan yang selama ini dianggap sebagai penyebab keputihan malah baik untuk kesehatan tubuh.

Bila ingin menghindari terjadinya keputihan, maka Anda harus menghindari penyebab utama keputihan tersebut, seperti infeksi bakteri, kuman, jamur, ataupun penyakit yang bisa menyebabkan keputihan. Memilih makanan sehat juga bisa Anda lakukan sebagai cara pendukung agar keputihan dapat dicegah.

Makanan manis, makanan yang sudah difermentasi, dan juga buah yang dikeringkan bisa memicu terjadinya pertumbuhan bakteri yang dapat membuat terjadinya keputihan abnormal. Makanan-makanan inilah yang seharusnya Anda hindari. Pilihlah makanan sehat seperti sayur dan buah segar, selain itu penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan konsumsi air putih yang cukup.

Bila terjadi keputihan abnormal, maka periksakan kondisi Anda pada Klinik Utama Gracia untuk mengetahui penyebab dan juga cara penanganan yang tepat. Anda juga dapat terlebih dulu berkonsultasi online dengan staf medis Klinik Utama Gracia.
Klik chat