counter

fimosis adalah penyakit pada priaFimosis adalah kondisi dimana seseorang tidak punya kemampuan untuk menarik kulup ke belakang. Lebih umumnya fimosis dapat diartikan sebagai penyempitan kulit kulup. Hal ini dapat menimpa semua pria, dari mulai bayi hingga pria dewasa. Pada orang dewasa biasanya disebabkan oleh infeksi, disebabkan oleh kurangnya dalam menjaga kebersihan pada bagian kulit kulup, sehingga perlu diobati. Dalam kedokteran fimosis adalah istilah lain dari phimosis.

Gangguan yang diakibatkan oleh masalah fimosis dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena kondisi tersebut menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada bagian kepala penis, namun untuk anak laki-laki kulit kulup yang menyebabkan fimosis akan lentur dengan sendirinya seiring bertambahnya usia, anak pada usia tiga tahun dapat menarik kulit kulup sepenuhnya.

Fimosis jika tidak segera ditangani akan berkembang mempengaruhi kulup semakin mengetat yang disebut parafimosis, yaitu keadaan kulup yang tidak memungkinkan untuk unretracted (menarik kembali), kondisi ini lebih serius, karena mengakibatkan terhambatnya suplai darah. Dalam kondisi seperti itu harus segera melakukan sunat. Jika dibiarkan parafimosis dapat mengakibatkan ketidaknyamanan saat buang air kecil dan akan merasakan sakit ketika melakukan hubungan seksual.

Fimosis terbagi menjadi 2 jenis, berikut penjelasannya:

  • Fimosis Kongenital, yaitu fimosis yang terjadi ketika bayi yang baru lahir, kondisi ini terbilang normal dan biasa terjadi pada masa anak-anak. Keadaan fimosis kongenital adalah kulit preputium yang melekat erat pada bagian kepala penis, sehingga kulit tidak bisa ditarik ke belakang. Keadaan seperti ini akan normal dengan sendirinya seiring bertambahnya usia.
  • Fimosis yang Sebenarnya adalah keadaan yang timbul ketika bayi telah lahir, dan pada orang yang beranjak dewasa, keadaan seperti ini dipicu karena kurangnya dalam menjaga kebersihan area kulit kulup.

Gejala Fimosis Adalah Demam Tinggi

fimosis adalah

Gejala fimosis disini adalah fimosis yang telah mengarah ke penyakit parafimosis, gejala parafimosis sangat bervariasi dan tergantung dengan keparahan penyakit. Seperti berikut:

  • Buang air kecil akan terasa sulit.
  • Kulup tidak akan bisa ditarik kembali.
  • Terjadinya pembengkakan pada ujung penis.
  • Kepala penis akan menonjol dari kulup saat buang air kecil.
  • Kepala penis akan terlihat memar.
  • Posisi kulup tidak bisa diperbaiki.
  • Tidak mampu untuk buang air kecil. (kondisi parah)
  • Demam tinggi.
  • Skrotum jika dipegang akan terasa lembut.

Pengobatan Fimosis

Pengobatan akan dilakukan pada anak laki-laki atau pria dewasa yang mengalami fimosis yang sebenarnya, akan dilakukan tindakan medis lebih serius jika fimosis telah mengarah ke parafimosis yang kondisinya sangat parah seperti, tidak bisa buang air kecil. Kasus seperti ini biasanya dokter akan melakukan pengobatan dengan cara memberikan steroid topikal agar kulup menjadi longgar.

Sunat laser atau sunat biasa akan dilakukan jika kondisi penis telah mengalami pembengkakan. Dengan melakukan sunat tentu akan banyak sekali keuntungannya, terutama pada bagian kepala penis, salah satunya, penis akan mudah dibersihkan, menarik kulup.

Metode pengobatan lainnya dapat dilakukan dengan cara penggoresan pada bagian kulup yang bengkak agar dapat mengurangi bengkak, dokter juga dapat mengatasi fimosis dengan cara melakukan reposisi kulup dengan memberikan pelumas.

Jika anda mengalami fimosis yang sebenarnya, atau parafimosis maka sebaiknya anda segera pergi ke dokter, agar dokter dapat melakukan tindakan, sehingga kondisi juga tidak menjadi parah. Datanglah ke Klinik Utama Gracia, Klinik Kami melayani pengobatan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan penyakit Kelamin, dengan didukung peralatan medis yang canggih dan modern.

Hubungi Konsultasi Medis Online kami, dengan Klik tombol di bawah ini.

Klik chat

Save