counter


fungsi kandung kemih

Fungsi kandung kemih adalah organ penyimpanan urin yang berasal dari ginjal sebelum keluar tubuh. Kandung kemih terletak di daerah panggul tepat di bawah ginjal dibelakang tulang panggul, menurur weill cornell medical college, ukuran kandung kemih adalah sebesar jeruk ukuran besar, dan dapat membesar sesuai debit urin yang disimpan, dan akan mengecil kembali setelah tidak ada lagi urin.

Penjelasan Fungsi Kandung Kemih

fungsi kandung kemih

Terdapat beberapa fungsi kandung kemih dan dibagi beberapa bagian sehingga dijabarkan seperti ini:

Kandung kemih terhubung ke ginjal dengan dua tabung panjang di sebut ureter. Ketika urin diproduksi oleh ginjal, urin akan mengalir turun ke kandung kemih melalui ureter, meskipun kandung kemih berbentuk tempat penyimpanan sederhana yang terbuat dari daging, kandung kemih ternyata mempunyai empat lapisan sehingga membuatnya sebagai penyimpanan urin yang kompleks.

Epitel adalah lapisan pertama pada bagian dalam kandung kemih, yang bertindak sebagai lapisan bagi kandung kemih. Lamina propria adalah lapisan kedua, yang terdiri dari jaringan ikat, otot dan pembuluh darah.

Melilit lamina propria adalah lapisa ketiga yang disebut muskularis propria atau otot detrusor, menurut John Hopkins Patologi, lapisan ini terdiri dari daging tebal, bundle otot polos. Dan lapisan paling luar adalah jaringan lunak  perivesical, yang terdiri dari lemak, jaringan fibrosa dan pembulu darah.

Bagian lain dari kandung kemih yang terletak di bagian bawah, lubang terdapat di bagian bawah kandung kemih yang terhubung dengan uretra. Sfingter otot mengikat ketat untuk menjaga pembukaan agar uretra tidak bocor.

Untuk buang air kecil, otot detrusor akan memeras urin keluar dari kandung kemih sementara sfingter akan membuka kandung kemih dan uretra. Pembukaan sfingter mengosongkan urin yang ada di dalam kandung kemih menuju uretra dan urin akan keluar dari tubuh.

Klik chat

Penyakit dan Kondisi Yang Ada Di dalam Kandung Kemih

fungsi kandung kemih

Banyak penyakit dan kondisi yang berasal dari kandung kemih, menurut  Adam Ramin ahli bedah urologi dan pendiri spesialis kanker urologi di Los Angles, California, masalah kandung kemih yang paling umum adalah seringnya buang air kecil dan kebocoran urin. Ini disebabkan oleh penurunan kapasitas kandung kemih dan kelebihan aktivitas kandung kemih.

Kelebihan aktivitas menurut mayo clinic, dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti, sembelit, kelebihan kafein yang masuk kedalam sistem dan banyak lagi yang menyebabkannya. Sedangkan kebocoran urin dapat juga disebabkan oleh kejangnya kandung kemih atau bisa juga disebabkan oleh stres yang berlebihan.

Infeksi kandung kemih juga dapat menjadi penyebab lain dari seringnya buang air kecil, infeksi saluran kemih juga biasa disebut sistitis. Menurut Harvard Health, sekitar sepertiga dari semua wanita akan terkena infeksi kandung kemih setidaknya sekali.

Beberapa gejala termasuk terbakar atau sakit saat buang air kecil, dan selalu ingin buang air kecil dalam jumlah yang banyak, walaupun sedikit tetapi intensitas dalam buang air kecil meningkat, nyeri pada bagian bawah perut dan urin akan bercampur dengan darah.

Masalah lainnya yang dapat berasal dari kandung kemih adalah kanker kandung kemih, menurut National Cancer Institute 577.400 orang di Amerika Serikat hidup dengan kanker kandung kemih.

Ini biasanya mempengaruhi orang tua, tetapi orang-orang dewasa tidak menutup kemungkinan untuk terkena kanker kandung kemih. Menurut mayo clinic, gejala kanker kandung kemih adalah bercampurnya darah di dalam urin, sering buang air kecil dan akan terasa sakit saat buang ai kecil.

Prolapse anterior, biasa disebut kandung kemih prolapse atau sistokel, adalah masalah kandung kemih yang khusus terkena pada wanita. Hal ini terjadi ketika jaringan antara kandung kemih dan dinding vagina melemah karena tegang. Pelemahan ini memungkinkan jaringan untuk meregangkan kandung kemih sehingga menonjol ke dalam vagina.

Batu kandung kemih disebabkan oleh urin yang mengkristal di dalam kandung kemih. biasanya terjangkit pada orang yang mempunyai masalah saat mengosongkan kandung kemih.

Cara Meningkatkan Kesehatan Kandung Kemih

fungsi kandung kemih olahraga kegel

Terkadang tidak ada pilihan selain menahan kecing, tapi tanpa kita sadari itu tidak baik buat kandung kemih, kandung kemih akan bekerja dengan ekstra, walaupun dapat menahan dalam waktu satu jam itu tidak berakibat fatal tetapi jika dilakukan berulang-ulang maka kandung kemih akan menjadi over kapasitas dan over aktivitas yang menyebabkan tekanan berlebih ke ginjal, dan akan beresiko anda terkena infeksi saluran kemih, sistitis dan kerusakan saluran ginjal.

Jadi jika anda merasakan ingin buang air kecil, maka lakukanlah jangan buat kandung kemih anda bekerja dalam batas normal, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan kandung kemih. dan jika anda merasakan sesuatu yang aneh dengan kandung kemih anda sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter.

Artikel Terkait : Kandung Kemih, Infeksi Saluran Kemih

Klinik Utama Gracia terdapat dokter yang berpengalaman dan profesional yang didukung dengan alat yang canggih dan modern. Atau anda bisa konsultasi medis online, anda dapat konsultasi dengan konsultan-konsultan online kami secara gratis. Caranya anda bisa tekan tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save