counter

fungsi ovidukFungsi Oviduk

Fungsi oviduk adalah mengangkut telur yang telah dibuahi ke dalam rahim untuk diimplantasi, fungsi oviduk secara umum adalah untuk mengangkut sperma menuju sel telur, yang dirilis oleh ovarium dan kemudian memungkinkan bagian dari telur yang telah dibuahi kembali menuju rahim untuk di implantasi.

Oviduk biasanya disebut tuba falopi atau tabung rahim, oviduk adalah pelengkap dari rahim yang terletak secara bilateral dibagian rongga rahim. Tabung ini keluar dari rahim melalui daerah yang disebut kornu, sehingga membentuk hubungan antara endometrium dan rongga peritoneum. Setiap tabung mempunyai panjang kira-kira 8-15 cm dan terletak di dalam mesosalping. Mesosalping adalah jaringan ikat penyangga tuba, bagian distal dari oviduk melingkari ovarium.

Oviduk atau tuba falopi mempunyai beberapa bagian seperti berikut:

  • Infundibulum, yaiut bagian yang berbentuk menyerupai corong yang terletak pada bagian pangkal dan memiliki fimbriae, fimbriae berfungsi untuk menangkap ovum.
  • Pars ismika, yaitu bagian tengah tuba yang sempit.
  • Pars ampulatris, yaitu bagian yang agak lebar, merupakan tempat bertemunya ovum dengan sperma.
  • Pars interstitialis, yaitu bagian tuba yang terletak dekat dengan uterus.

Penyakit Pada Oviduk (Tuba Falopi)

Beberapa penyakit yang mungkin akan muncul pada oviduk atau tuba falopi adalah:

fungsi oviduk

Endometriosis

Endometriosis adalah jaringan abnormal endometrium, jaringan yang tumbuh di area panggul dekat rahim tetapi dapat tumbuh juga pada bagian oviduk. Penyakit ini mengikuti siklus menstruasi, lapisan abnormal endometrium ini berimplantasi pada oviduk. Pendarahan pada oviduk ini menyebabkan iritasi yang pada akhirnya membentuk jaringan parut pada oviduk, sehingga menghalangi perjalanan sperma untuk membuahi sel telur, yang berakibat infertilitas.

Hidrosalping

Suatu keadaan pembengkakan pada oviduk atau tuba falopi, karena berisi cairan. Infeksi panggul dan endometriosis dapat menyebabkan hidrosalping. Cairan yang terdapat pada hidrosalping bersifat racun terhadap embrio dan lapisan rahim.

Torsi Tuba

Torsi tuba adalah berputarnya salura tuba. Semakin cepat perputarannya maka semakin besar resiko kerusakannya, dikarenakan aliran darah terhambat dan mengakibatkan kerusakan jaringan karena kekurangan oksigen. Meskipun keadaan seperti ini jarang terjadi tetapi torsi tuba dapat terjadi pada semua umur dimulai pada umur sebelum pubertas, setelah ovulasi siklus menstruasi, saat hamil atau setelah menopause.

 Penyakit Radang Panggul

Radang panggul biasa disebut PID (pelvic inflammatory disease), adalah penyakit peradangan pada oviduk atau tuba yang disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti gonore, mikroplasma, stafilokokus, streptokus dan klamidia. Peradangan biasanya menyerang pada semua bagian tuba. Dan dapat menyebar ke selaput rongga perut sehingga menyebabkan peritonitis.

Masuknya bakteri penyebab PID juga bisa karena kesalahan prosedur kebidanan seperti pasa IUD, persalinan, aborsi, biopsy endometrium dll. Penyakit radang panggul ini dapat menyebabkan infertilitas karena peradangan pada tuba akan meninggalkan jaringan parut, yang menghambat transportasi sel telur dan sperma.

Demikianlah artikel penjelasan mengenai fungsi oviduk dan disertai penyakit yang dapat di timbulkan akibat terganggunya fungsi oviduk atau tuba falopi. Apabila anda mengalami keluhan penyakit seputar andrology, ginekologi, dan penyakit menular seksual, datanglah ke Klinik Utama Gracia, kami dapat melayani keluhan-keluhan anda. atau anda dapat melakukan konsultasi online gratis dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save