counter

fungsi serviksDi dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai Fungsi serviks, kami akan mebahas terlebih dahulu mengenai apa itu serviks. Serviks adalah bagian dari organ reproduksi perempuan yang terletak pada bagian bawah rahim, serviks dikenal dengan sebutan leher rahim.

Serviks terletak tepat pada ujung vagina dan tepat di bawah rahim.Panjang dari serviks itu sendiri adalah 2 sampai 3 inci, serviks pada wanita ketika sedang tidak menstruasi akan memproduksi lendir sebanyak 20 sampai 60 miligram lendir, jika sedang menstruasi wanita akan memproduksi lendir 600 miligram.

Fungsi Serviks

Fungsi serviks terbagi menjadi dua fungsi, yaitu:

  • Fungsi dari Arah Dalam

Fungsi dari arah dalam adalah sebagai mengarahkan kepala bayi ke arah bawah menuju vagina disaat wanita mau melahirkan.

  • Fungsi dari Arah Luar

Fungsi dari arah luar adalah mengarahkan sperma pria menuju ke rahim untuk membuahi sel telur yang baru dilepaskan oleh ovarium.

Berikut penjabaran fungsi dari serviks bagi wanita hamil.

Fungsi serviks pada wanita hamil adalah sebagai pelindung bayi, caranya serviks akan menutup dengan sendirinya dan akan melindungi bayi dari bakteri jahat yang akan masuk ke dalam saluran rahim.

Fungsi lainnya dari serviks adalah sebagai penghalang sperma masuk ke dalam rahim ketika seorang wanita tidak berovulasi. Diafragma serviks juga akan mencegah kehamilan, dengan cara serviks menyumbat masuknya semen ke dalam rahim untuk mencegah fertilisasi.

Serviks juga sangat berguna bagi dokter atau bidan, untuk memantau kemajuan saat melahirkan dan menentukan apakah intervensi yang diperluka. Dokter juga dapat mengukur panjang saluran serviks, sehingga dapat menunjukkan kelahiran prematur.

Baca Juga : Obgyn

Cara Menjaga Kesehatan Serviks

fungsi serviks

Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh gangguan serviks, termasuk kanker serviks, polip rahim (serviks). Maka dari itu para wanita dianjurkan untuk lebih menjaga kesehatan serviksnya, berikut akan kami paparkan cara menjaga kesehatan serviks.

  • Kebersihan Vagina

Kebersihan pada bagian vagina merupakan faktor yang paling utama, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan serviks, pastikan vagina selalu bersih, gunakan pembersih yang alami sehingga pH yang terdapat pada vagina dapat seimbang, hindari antiseptik yang tidak dianjurkan oleh dokter.

  • Seks Bebas

Hindarilah seks bebas, karena seks bebas merupakan gaya hidup yang tidak sehat, dan sangat mudah terpapar penyakit menular seksual yang dapat menjalar, menjadi kanker serviks dan polip rahim. Gunakanlah kondom jika melakukan hubungan seksual bersama orang yang baru anda kenal.

  • Kebersihan Pakaian Dalam

Dengan cara mengganti pakaian dalam secara berkala anda dapat terhindar dari pertumbuhan bakteri abnormal yang berlebihan, gantilah pakaian dalam anda 3-4 kali dalam sehari agar bakteri tidak berkembang dengan cepat. Ketika menstruasi gantilah pembalut anda selama 3 atau 4 jam sekali jangan menunggu penuh, agar bakteri tidak menumpuk dan membahayakan organ kewanitaan anda.

  • Rutin Melakukan Check Up

Check up secara berkala sangat dianjurkan, seperti metode pengecekan pap smear, dengan melakukan pemeriksaan berkala anda dapat mengetahui sejak awal penyakit yang akan tumbuh, sehingga dapat meminimalisir gejala, dan dapat melakukan pengobatan sejak dini.

Demikianlah artikel mengenai fungsi serviks dan cara menjaga kesehatan serviks. Bila anda mengalami keluhan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual, datang langsung ke Klinik Utama Gracia, di Klinik kami terdapat dokter-dokter yang profesional dan berpengalaman yang di dukung dengan peralatan modern dan canggih. Nikmatilah layanan Konsultasi Medis Online kami lakukan pendaftaran segera, klik tombol di bawah ini.

Klik chat