gejala ambeyen

Apakah Anda pernah merasakan gejala seperti ini: seringkali merasa nyeri saat buang air besar atau adanya rasa sakit ketika buang air besar sampai mengeluarkan darah? Jika ya maka Anda harus mewaspadai hal tersebut karena itulah tadi beberapa gejala ambeyen.

Ambeyen ataupun wasir adalah pembuluh darah bengkak di bagian terendah dari rektum dan anus. Kadang-kadang dinding pembuluh darah ini meregangkan begitu tipis sehingga pembuluh darah menonjol dan mengeluarkan darah terutama ketika saat buang air besar.

Namun, Anda jangan khawatir karena meskipun ambeyen sangat menyakitkan namun ternyata ambeyen bisa dicegah dan disembuhkan, maka ada baiknya jika Anda mengalami ambeyen segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter Anda

Apakah yang Menyebabkan Ambeyen?

Mungkin pada beberapa orang lebih mungkin untuk mendapatkan ambeyen turunan jika anggota keluarga yang lain seperti orang tua mengalaminya, namun juga ambeyen bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti:

• Seseorang yang mengalami obesitas
  • Ibu hamil
  • Mengejan saat buang air besar
  • Mengangkat beban yang berlebihan
  • Seseorang yang berdiri atau duduk untuk jangka waktu yang panjang
  • Seseorang mungkin mendapatkan ambeyen ketika mengalami sembelit, diare, dan batuk, bersin, serta muntah bisa membuat ambeyen menjadi lebih buruk.
  • Karena hubungan seks dubur
  • Karena faktor penuaan

Apakah Gejala-Gejala Ambeyen?

• Gejala pertama adalah adanya perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dan seseorang mungkin melihat sejumlah kecil darah merah terang pada tisu toilet atau pada toilet
  • Gejala selanjutnya adalah adanya gatal atau iritasi di daerah anus dan rasa gatal tersebut bisa terjadi karena keadaan wasir yang keluar akan menghambat pembersihan anus secara efektif.
  • Gejala selanjutnya adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan saat duduk ataupun saat buang air besar
  • Terjadi pembengkakan di sekitar anus
  • Gejala ambeyen terakhir adalah terdapat sebuah benjolan di dekat anus yang mungkin akan terasa sensitif dan menyakitkan

Bagaimana Cara Mencegah Ambeyen?

Mengkonsumsi Makanan Serat

kendala ambeienCara terbaik untuk mencegah ambeyen adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan karena dengan cukup serat akan membuat feses Anda lebih mudah keluar dan membuatnya lebih lunak.

Meminum Banyak Air Putih

Dengan meminum banyak air putih akan membantu Anda untuk menghindari tinja yang keras dan sembelit sehingga akan membatu Anda untuk lebih mudah buang air besar tanpa rasa sakit.

Hindari Mengangkat Beban Berat

Karena seperti yang sudah kita ketahui dengan mengangkat beban berat yang berlebihan dari kapasitas tubuh Anda bisa mengakibatkan ambeyen.

Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin hal tersebut sangat membantu untuk mengurangi sembelit dan meningkatkan kekuatan otot serta dapat menjaga berat badan Anda agar terhindar dari obesitas yang dapat menyebabkan ambeyen.

Jangan Tahan Buang Air Besar

Jika seseorang yang mengalami ambeyen maka sangat disarankan untuk tidak boleh menahan atau terlalu tegang ketika buang air besar karena hanya akan memperburuk ambeyen maka Anda perlu buang air besar secara teratur.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan seputar ambeyen jika Anda mengalami satu atau beberapa gejala ambeyen maka ada baiknya Anda melakukan tindakan lebih lanjut dengan memeriksakan diri ke dokter atau tempat pengobatan yang terdekat.

Karena penanganan sejak dini adalah hal yang cukup penting jika telah mengetahui gejala-gejala tersebut sehingga ambeyen bisa disembuhkan dengan cepat dan jika Anda mengalami hal tersebut maka bisa konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia.