Gejala sifilis

Sifilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini gejalanya diawali dengan sakit yang sangat menyakitkan dan biasanya rasa sakitnya terletak pada alat kelamin, saluran pencernaan. Sifilis menyebar dari orang ke orang bisa juga melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka.

Setelah infeksi awal, bakteri sifilis dapat mengendap didalam tubuh selama puluhan tahun sebelum akhirnya aktif kembali, sifilis juga mudah untuk disembuhkan, kadang – kadang hanya dengan satu suntikan penisilin. Jika sifilis tidak diobati makan sifilis dapat merusak jantung, otak atau organ lain yang dapat mengancam jiwa bahkan dapat diteruskan dari ibu ke janin.

Gejala Sifilis

gejala sifilis

Gejala Sifilis berkembang secara bertahap, dan gejala sifilis berfariasi dalam setiap tahapnya dan gejala tidak selalu terjadi berurutan dan sama. Setiap orang yang terjangkit sifilis itu tidak mengetahui gejalanya selama bertahun – tahun.

sifilis terbagi beberapa jenis yaitu, adapun penjelasannya sebagai berikut:

Sifilis Primer

tanda pertama dari sifilis primer tidak begitu menyakitkan, seperti luka dikulit yang disebut chancre (SHANG-kur). Sakitnya muncul di tempat di mana pertama kalinya bakteri itu masuk ketubuh. Sedangkan kebanyakan orang yang terinfeksi sifilis pertama kalinya hanya satu chancre.

Chancre biasanya berkembang dalam kurung waktu tiga minggu setelah terpapar, banyak orang tidak memperhatikan chancre karena chancre tanpa ada rasa sakit dan mungkin tersembunyi didalam vagina atau dubur, chancre akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga sampai enam minggu.

Sifilis Sekunder

Akan muncul beberapa Ruam, Ruam biasanya tidak terasa gatal tetapi bisa disertai dengan luka seperti kutil di mulut atau daerah genital. Beberapa orang juga bisa mengalami rambut rontok, nyeri otot, demam,sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tanda – tanda dan gejalanya dapat hilang dalam beberapa minggu atau gejalanya juga dapat dating dan pergi selama setahun.

Gejala sifilis

Sifilis Laten

Jika anda tidak dirawat karena sifilis, maka penyakit sifilis sekunder akan berubah menjadi ke tahap sifilis laten (tersembunyi), itu terjadi ketika gejala sifilis sekundernya hilang. Tahap sifilis laten bisa berlangsung selama bertahun-tahun. tanda dan gejala mungkin tidak pernah kembali atau bahkan penyakit sifilis berlanjut pada tahap tersier (ketiga)

Sifilis Tersier

Sekitar 15% sampai 30% orang yang terinfeksi sifilis yang tidak mendapatkan perawatan akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai tersier (akhir) sifilis. Pada tahap akhir, penyakit ini dapat merusak otak anda, saraf, mata, jantung, pembulu darah, hati,tulang dan sendi. Masalah ini dapat terjadi bertahun-tahun setelah infeksi awal tidak diobati.

Sifilis Kongenital

Sifilis kongenital biasanya terjangkin pada bayi yang baru lahir dari Rahim wanita yang memiliki sifilis, sifilis dapat menginfeksi melalui plasenta atau selama proses kelahiran bayi.

Kebanyakan bayi yang baru lahir dengan sifilis kongenital tidak memiliki gejala, meskipun beberapa mengalami ruam pada paha, telapak tangan dan telapak kaki bayi. Gejala yang berkelanjutan bisa membuat tuli, cacat gigi dan hidung pelana (hidung yang tidak mempunyai tulang penyanggah).

Jika anda mengalami gejala-gejala sifilis seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera pergi kedokter untuk memeriksakan diri anda, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.