counter

haid tidak teratur

Haid tidak teratur dalam istilah medisnya adalah menstruasi anovulasi (Anovulatory Periods), yang menyebabkan seorang wanita tidak berkembang dan tidak dapat melepaskan telur yang matang secara teratur setiap bulan. Wanita memiliki respon yang berbeda-beda terhadap kondisi ini, oleh karena itu masalah haid tidak teratur memiliki tipe-tipe yang berbeda pula.

Haid yang tidak teratur pada wanita merupakan kondisi yang tidak dapat dihindari bagi sebagian wanita, faktor gaya hidup sangat mempengaruhi keadaan seperti ini, seperti makanan yang tidak sehat yang sering dikonsumsi tanpa anda sadari dapat menyebabkan haid anda bermasalah, berikut akan kami jelaskan penyebab haid yang tidak teratur, yang bertujuan agar anda dapat mengetahui penyebab penyakit ini dan dapat menghindarinya.

Artikel Terkait  : Gangguan Menstruasi, Menstruasi

Penyebab Haid Tidak Teratur

haid tidak teratur

Berbagai macam penyebab haid yang tidak teratur, yang terkadang tidak anda sadari sebelumnya. Berikut faktor-faktor yang menyebabkan haid tidak lancar:


  • Keadaan sebelum menopause atau di sebut juga peri-menopause. Kondisi ini terjadi pada wanita yang telah berusia diatas 45 tahun. Siklus haid yang tidak teratur selama masa-masa sebelum menopause adalah hal yang wajar. Namun, apabila terjadi pendarahan setelah masa menopause, maka pendarahan inilah yang harus di selidiki apa penyebabnya.

  • Penggunaan alat kontrasepsi. Penggunaan obat-obatan KB juga salah satu pemicu siklus menstruasi yang tidak teratur. Apalagi jika pemberian suntikan KB yang di lakukan setelah melahirkan.

  • Penyakit radang usus dapat mengakibatkan peradangan pada usus yang lebih rendah. Ditandai dengan haid yang tidak teratur, gejala-gejala sakit perut, diare, dan penurunan berat badan.

  • Keadaan setelah melahirkan. Biasanya para wanita yang baru saja melahirkan dan selesai masa nifas, mengalami siklus haid yang tidak teratur selama beberapa bulan. Hal ini umum terjadi dan bukanlah suatu masalah yang perlu penanganan dokter.

  • Sindrom ovarium polikstik (PCOS) yakni komplikasi umum yang dapat mempengaruhi 10% dari semua wanita. PCOS ini dapat membentuk kista pada indung telur. Gejalanya adalah jerawat, pertumbuhan rambut yang terlalu berlebihan, tekanan darah yang tinggi, berat badan naik turun, infertilitas, ketombe, hingga kesuburan.

  • Faktor berat badan. Naik atau turunnya berat badan secara drastis dapat menyebabkan siklus haid yang tidak teratur, dikarenakan pada saat adanya perubahan berat badan memunjukkan adanya gangguan pada kelenjar tiroid dam hal ini memerlukan penanganan yang serius dari dokter karena bisa saja hal ini di sebabkan oleh gangguan makan seperti penyakit anoreksia nervosa dan bulimia nervosa.

  • Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu.

  • Pola makan yang buruk juga dapat mengakibatkan kekurangan gizi yang cukup untuk tubuh agar berovulasi dengan baik.

  • Gangguan emosional. Stress juga dapat mempengaruhi siklus haid secara tidak teratur, misalnya tertekan ataupun mengalami trauma.

  • Diet yang dilakukan dengan cara yang berlebihan juga dapat mempengaruhi hormon seorang wanita. wanita dengan anoreksia atau bulimia tidak mengalami periode menstruasi yang teratur.

     

    Sebelum anda mengambil kesimpulan mengenai haid yang anda alami tidak teratur, sebaiknya anda mengenali fase menstruasi anda, apakah normal atau tidak, Kami sarankan sebaiknya anda konsultasikan mengenai keadaan menstruasi anda di layanan Konsultasi Medis Online di bawah ini.

Save
Klik chat