virus hpv

Virus HPV atau human papillomavirus merupakan salah satu jenis virus yang ada di sekitar kita. Kewaspadaan akan terinfeksi virus ini harus dilakukan dengan memahami beberapa hal penting terkait dengan HPV, seperti apa itu HPV, gejala yang akan terjadi, bagaimana cara penularannya, dan cara pencegahan dari tertularnya virus tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

HPV Adalah…

HPV adalah kependekan dari human papillomavirus yang mempunyai 150 jenis atau macamnya. Dari sekian banyaknya jenis virus tersebut, beberapanya bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti kutil ataupun kanker. Virus ini akan mudah menyerang kulit dan juga selaput lembab yang ada di tubuh seseorang, seperti bagian genital, anus, mulut ataupun tenggorokan.

Dampak HPV

Kadang virus HPV akan hilang sendiri tanpa menimbulkan permasalahan tertentu. Namun ada pula beberapa kasus dimana HPV tidak hilang dan membuat terjadinya kutil, seperti misalnya kutil kelamin. Kutil yang tumbuh pada area genital ini akan terlihat seperti daging tumbuh yang berbentuk kecil dan biasanya berkelompok.

Beberapa jenis dari virus ini juga dapat membuat seseorang mengalami kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker anus, kanker serviks, kanker vagina dan juga kanker vulva. Namun membutuhkan waktu yang cukup lama bagi kanker untuk berkembang. Dan perlu diketahui, bahwa HPV penyebab kanker tidak sama jenisnya dengan HPV penyebab kutil.

Virus HPV ini bukan hanya bisa menyerang wanita, namun juga pria. Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker penis pada pria. Selain itu, pria juga kemungkinan dapat mengalami kutil kelamin yang mudah menular melalui kontak kulit dengan kulit saat melakukan hubungan seksual dengan penderita. Begitupun dengan wanita yang juga dapat tertular kutil kelamin.

Hal ini dikarenakan HPV sangat mudah menular melalui kontak seksual seperti vaginal, anal, ataupun oral. Penggunaan mainan seks yang sudah tertular virus ini juga dapat menyebabkan seseorang ikut terinfeksi HPV.

virus hpv

Gejala HPV

Banyak orang yang terinfeksi HPV tidak mengalami gejala apapun, sehingga tidak diketahui apakah dirinya terinfeksi HPV atau tidak. Bahkan HPV ini bisa berada di tubuh seseorang selama bertahun-tahun tanpa gejala, hingga akhirnya menunjukkan gejala. Jadi, tidak semua orang yang mengalami gejala, baru saja tertular HPV. Karena mungkin saja Anda sudah tertular sejak lama, namun gejala baru saja terjadi.

Gejala yang mungkin terjadi ketika seseorang terinfeksi HPV adalah munculnya kutil pada area genital atau anus, kutil dapat mengalami pendarahan saat tergesek, dan akan disertai dengan rasa gatal dan bengkak.

Pencegahan HPV

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya HPV, seperti melakukan vaksin HPV, melakukan pemeriksaan terkait kanker serviks secara dini, menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual, tidak berganti-ganti pasangan seksual, dan juga selalu menjaga kebersihan alat kelamin.

Vaksin memang dikatakan dapat mencegah terjadinya infeksi virus HPV. Vaksin HPV ini dapat dilakukan pada pria maupun wanita, dan dilakukan sebelum Anda aktif secara seksual. Pada pria, pemberian vaksin mulai dari usia 11 tahun hingga 21 tahun, dan wanita pada usia 12 hingga 26 tahun.

Itulah beberapa hal terkait HPV atau human papillomavirus yang harus Anda pahami untuk mewaspadai kemungkinan tertularnya virus yang terbilang cukup berbahaya ini.

Jika Anda memiliki keluhan terkait kutil kelamin, Anda dapat berkonsultasi atau memeriksakan kondisi Anda pada dokter Klinik Utama Gracia agar permasalahan Anda dapat cepat terselesaikan.