counter

masalah ambeien

Penyakit wasir atau sebagian masyarakat menyebutnya dengan penyakit ambeien adalah suatu gangguan pada bibir anus yang mengalami pendarahan serta terjadi pembengkakan. Lalu sebenarnya apa penyebab ambeien?

Penyakit ambeien merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktifitas serta produktifitas pekerjaan. Hal ini dikarenakan adanya penurunan bantalan anus atau anal cushion karena suatu hal. Bantalan anus sendiri terdiri dari jaringan otot polos anus, jaringan ikat longgar, mukosa, serta jaringan pembuluh darah.

Beberapa akibat yang dapat timbul akibat dari penurunan bantalan anus yaitu pengerasan pada feces atau kotoran saat akan dikeluarkan. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat buang air besar, sebab meningkatnya tekanan intra abdomen terutama konstipasi. Akhirnya muncul penyakit wasir.

Jenis Penyakit Ambeien

Menurut jenisnya, penyakit wasir atau ambeien dibedakan menjadi dua macam, yaitu ambeien internal dan ambeien eksternal.

Ambeien internal

Ambeien ini terjadi akibat adanya bagian rektum yang membengkak, dimana para penderita tidak akan mengalami rasa sakit, akan tetapi darah akan terus menetes dan mengalir. Warna anus pada ambeien jenis ini adalah berwarna merah muda. Penyakit ini sangat sulit untuk dilihat dan diraba, adapun salah satu terapi yang dapat Anda lakukan pada ambeien jenis ini adalah dengan mendorong kembali anus yang telah keluar untuk dimasukkan kembali ke dalam.

Ambeien eksternal

Ambeien eksternal merupakan penyakit yang disebabkan akibat terdorong keluarnya rektum saat mengejan. Ketika hal ini terjadi maka biasanya akan timbul rasa gatal, sakit dan panas saat buang air besar. Saat terjadinya ambeien eskternal, pendarahan yang terjadi relatif lebih banyak dibandingkan dengan ambeien internal, serta akan terjadi penggumpalan trombosis pada bagian anus yang akan mengakibatkan warna ambeien berubah menjadi warna biru keunguan.

Untuk mengobati penyakit ini, Anda dapat melakukan suntikan yang dapat membuat ambeien putus atau dapat menghancurkan ambeien tersebut dengan menggunakan sinar infra merah atau sinar laser. Namun sangat disarankan bagi Anda untuk mengobati penyakit ambeien eksternal dengan cara melakukan operasi.
Klik chat

Penyebab Ambeien

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya penyakit ambeien, antara lain yaitu:

Terlalu banyak duduk

Seseorang yang terlalu banyak bekerja dan kesehariannya memakai komputer, tentunya akan mengalami pegal dan linu pada bagian bokong atau tulang ekornya. Itu terjadi akibat terlalu lama duduk, hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya ambeien. Terlalu lama dalam posisi duduk, ternyata juga menjadi pemicu terjadinya gangguan saluran kemih.

Diare yang berkepanjangan

Menurut penelitian dan laporan dari berbagai kasus yang ada, diare yang berkepanjangan juga dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit ambeien, walaupun diare yang berkepanjangan sangat jarang terjadi.

Perubahan hormon pada ibu hamil

Wanita yang sedang hamil tentunya mengalami tekanan pada bagian rongga perut serta bagian kulit. Hal ini tentu saja menjadi pemicu terjadinya konstipasi atau sembelit sehingga menyebabkan penyakit ambeien. Kondisi ini dapat juga terjadi pada wanita setelah melahirkan karena mengejan saat proses persalinan normal.

Keturunan

Faktor keturunan atau yang biasa disebut dengan faktor genetik menjadi salah satu faktor terjadinya penyakit ambeien.

Hubungan seks yang tidak lazim

Saat Anda melakukan hubungan seks melalui anus, hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya penyakit ambeien.

Penyakit

Terjadinya berbagai macam penyakit seperti pembesaran prostat jinak atau kanker prostat, terjadinya penyempitan saluran kemih dan melahirkan dalam waktu yang berdekatan, ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya ambeien.

Sembelit/ Konstipasi

Terjadinya konstipasi atau sembelit yang telah lama sehingga mengakibatkan seseorang harus mengejan secara terus menerus ketika akan buang air besar, akan memicu munculnya penyakit ambeien.

Obesitas

Ternyata faktor obesitas atau kegemukan menurut penelitian memicu terjadinya penyakit ambeien, tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, dan jantung koroner.

Itulah beberapa informasi mengenai ambeien. Jika Anda ingin mengetahui secara mendalam mengenai penyebab ambeien, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami dengan mengklik tombol konsultasi di bawah ini.
Klik chat