counter

pengertian hemorrhoid

Mungkin sebagian besar orang masih asing jika mendengar kata “Hemorrhoid”? ya karena hemorrhoid merupakan istilah medis bagi penyakit ambeien ataupun wasir. Hemorrhoid adalah pembuluh darah membengkak di bagian bawah anus dan ketika dinding pembuluh ini meregang maka menjadi iritasi.

Hemorrhoid yaitu pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar, biasanya pembuluh darah tersebut berada di dalam atau di sekitar bokong di dalam anus atau di dalam rektum.

Hemorrhoid adalah salah satu jenis gangguan yang lebih sering menyerang usia 5o tahun ke atas, dimana hemorrhoid adalah suatu keadaan yang biasanya disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah vena di bagian bawah dari saluran cerna yaitu pada rektum dan anus, biasanya keadaan ini diakibatkan oleh adanya peningkatan tekanan di daerah tersebut.

Apakah Penyebab Hemorrhoid Tersebut?

Diketahui penyebab hemorrhoid adalah ketika pembuluh darah di sekitar anus atau di dalam rektum mulai melebar dan membesar atau penuh sehingga mengeluarkan darah, dan penyebab Hemorrhoid lainnya adalah sebagai berikut:

Kehamilan

Biasanya penyebab hemorrhoid terjadi lebih sering pada wanita hamil karena wanita hamil mendapatkan tekanan yang meningkat pada pembuluh darah dari panggul sehingga menyebabkan usus besar membesar dan menyebabkan ia tonjolan.

Faktor Usia

Hemorrhoid ataupun wasir paling umum terjadi pada orang yang berusia 45 sampai 65 tahun, namun bukan berarti seseorang yang berusia muda tidak akan terserang wasir dan juga wasir bisa terjadi karena hal lain seperti diare dan sembelit yang kronis.

Faktor Penyebab Lain

  • Mengangkat beban terlalu berat yang berulang kali
  • Hubungan seks dubur karena dapat menyebabkan wasir
  • Karena duduk terlalu lama di toilet
  • Karena obesitas dan tidak mengikuti diet tinggi serat
  • Karena faktor turunan

Apakah Gejala-Gejala Wasir?

  • Timbul perdarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar dan mungkin Anda melihat sejumlah kecil darah merah terang pada tisu toilet atau di toilet
  • Merasakan sakit atau ketidaknyamanan saat duduk maupun saat buang air besar
  • Anus terasa gatal atau iritasi
  • Terjadi pembengkakan di sekitar anus
  • Terdapat sebuah benjolan di dekat anus yang mungkin sensitif dan terasa menyakitkan. Dan perlu Anda ketahui bahwa gejala wasir biasanya tergantung pada lokasi wasir berada.

Klik chat

Apakah Wasir Dapat Dicegah?

Ya ternyata wasir dapat dicegah dengan berbagai macam cara dan diketahui langkah-langkah ini dapat mengurangi terjadinya risiko wasir diantaranya adalah sebagai berikut:

Meningkatkan Jumlah Serat

Langkah pertama untuk mencegah wasir adalah dengan meningkatkan jumlah asupan serat harian Anda dengan mengkonsumsi sumber serat yang baik termasuk buah, sayuran, beras gandum, pasta gandum dan roti, kacang-kacangan, biji-bijian, dan gandum.

Meminum Banyak Cairan

Cara selanjutnya untuk mencegah wasir adalah dengan meminum banyak cairan terutama air putih dan jangan lupa untuk menghindari berbagai macam minuman berkafein dan alkohol.

tidak menunda ke toiletTidak Menunda Pergi Ke Toilet

Jika Anda merasa ingin buang air besar maka ada baiknya Anda segera pergi ke toilet dan jangan menunda-nunda karena hal tersebut hanya akan memperburuk sehingga membuat tinja Anda lebih keras dan lebih kering, yang dapat menyebabkan tegang ketika Anda pergi ke toilet.

Hindari Mengkonsumsi Obat Tertentu

Ada baiknya Anda menghindari mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan sembelit seperti obat penghilang rasa sakit yang mengandung kodein.

Berolahraga Secara Teratur

Ternyata berolahraga secara teratur tidak hanya membuat tubuh Anda menjadi sehat saja akan tetapi bisa membantu Anda untuk mencegah sembelit, mengurangi tekanan darah Anda, dan membantu Anda menurunkan berat badan sehingga dapat terhindar dari masalah wasir.

Apa yang Harus Saya Lakukan Jika Mengalami Wasir?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah agar tetap tenang walaupun pasti Anda sangat gelisah karena timbulnya perdarahan saat buang air besar dan segera hubungi dokter Anda. Biasanya dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk mengkonfirmasi wasir.

Dan jangan menganggap perdarahan pada rektum adalah karena wasir, saja terutama jika Anda telah berusia lebih dari 40 tahun karena pendarahan anus dapat terjadi dengan penyakit lain seperti penyakit kanker dubur maupun kanker kolorektal.

Jika Anda mengalami perdarahan bersama dengan perubahan yang nyata pada kebiasaan buang air besar atau jika tinja Anda berubah warna menjadi warna merah, maka Anda bisa segera konsultasikan dengan dokter Kami di Klinik Utama Gracia karena biasanya wasir umumnya lebih buruk dari waktu ke waktu.

Klik chat