herpes adalah pms homeHerpes adalah salah satu penyakit menular seksual yang paling umum, yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1) atau tipe 2 (HSV-2). Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), sekitar satu dari enam orang di Amerika antara usia 14 dan 49 terinfeksi HSV-2.

• HSV-1 biasanya menyebabkan luka dingin dan lepuh pada baggian mulut. Banyak orang yang terinfeksi selama masa kanak-kanak dalam situasi sosial, seperti menerima ciuman dari kerabat yang terinfeksi HSV-1.
  • HSV-2 biasanya menginfeksi orang dewasa dan menyebabkan luka pada bagian vagina, penis dan kulit di sekitar kemaluan. Herpes jenis ini ditularkan melalui kulit ke kulit, atau melakukan seks tanpa kondom bersama orang yang terinfeksi HSV-2, herpes dapat tumbuh pada bagian anus, jika orang tersebut melakukan seks anal.

Herpes adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat mengurangi atau memperpendek durasi wabah dengan cara mengkonsumsi obat antivirus yang disarankan oleh dokter. Obat untuk herpes juga hanya dapat mengurangi resiko penyebaran infeksi pada orang lain. Pengobatan tidak akan perlu di lakukan tetapi dilihat dengan tingkat keparahan infeksi. Herpes juga dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang sangat serius.

Herpes dapat menginfeksi bayi yang baru dilahirkan dari ibu yang terkena herpes. Herpes pada bayi berisiko mengalami kebutaan, kerusakan otak, bahkan kematian, selain itu herpes dapat meningkatkan resiko terkena penyakit menular seksual lainnya, seperti HIV, sekecil apapun gejala herpes, sebaiknya anda pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi herpes anda, agar ditangani secara tepat oleh dokter.

Faktor Resiko Herpes Adalah Seks Bebas

herpes adalah pms gejala

Siapapun bisa terkena herpes, biasanya melalui kontak langsung dengan luka yang aktir selama aktivitas seksual, termasuk ciuman atau kontak kulit ke kulit dengan seseorang yang memiliki luka pada mulut atau daerah genital. Faktor resiko terkena herpes secara umum adalah:

• Mempunyai sejarah penyakit menular seksual.
  • Mempunyai sejarah hubungan seks tanpa kondom.
  • Hubungan seksual dengan pasangan yang baru dikenal.
  • Mitra seksual yang multiple.
  • Gay dan biseksual laki-laki.
  • Terkena HIV positif.
  • Melakukan hubungan seksual diusia dini.

Jika anda terkena herpes, sebaiknya anda tidak melakukan hubungan seksual selama wabah herpes aktif. Perlu diingat herpes tidak memiliki gejala saat virus menginfeksi. Herpes mulut juga dapat menular ke herpes kelamin, melalui oral seks.

Gejala

Menurut pusat pengendalian dan pencegahan penyakit (CDC), lebih dari 80% orang yang terinfeksi HSV-2 tidak mengetahui jika mereka terinfeksi herpes. Mereka memiliki gejala yang ringan dan bahkan tidak ada sama sekali, tetapi dengan seperti ini herpes tetap menular terhadap orang lain, maka pengujian sejak dini sangat diperlukan.

Dalam waktu dua minggu setelah terpapar HSV-2, gejala yang menunjukkan terkena herpes HSV-2 yang paling umum adalah:

Pada Wanita

• Luka lecet atau benjolan merah di daeraha vagina, leher rahim atau dubur.
  • Rasa gatal dan tidak nyaman di daerah kemaluan.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Keputihan yang berlebihan.

Gejala yang jarang terjadi:

• Lecet atau luka dalam di sekitar bokong, paha bagian dalam atau jari.
  • Kesulitan buang air kecil.

Pada Pria

• Lecet, luka atau benjolan merah pada penis, skrotum atau uretra.
  • Gatal atau ketidaknyamanan di daerah genital.
  • Nyeri buang air kecil.

Gejala yang jarang terjadi:

• Lecet atau luka dalam di sekitar bokong, paha bagian dalam atau jari.
  • Proctitis (radang yang tidak nyaman pada lapisan rektum)

Gejala HSV-1

Secara umum HSV-1 tidak menunjukkan gejala, namun jika HSV-1 parah, maka akan menunjukka gejala seperti ini:

• Luka dingin di bagian bibir atau di dalam mulut.
  • Flu, demam, nyeri otot.
  • Mudah merasakan kelelahan dan demam.

Gejala tidak umum:

• Lecet dan luka pada bagian hidung atau jari.
  • Infeksi mata.

Tanda yang berulang dari herpes HSV-1 dan herpes HSV-2 bervariasi pada setiap orangnya. Beberapa orang mengalami wabah pertahun, yang biasanya dipicu oleh, stres, kelelahan, sakit, paparan sinar matahari atau dalam kasus perempuan seperti menstruasi. Tapi bagi kebanyakan orang wabah akan semakin berkurang dari waktu ke waktu.

Komplikasi

Meskipun herpes yang kategori ringan tidak memerlukan pengobatan, namun perlu diingat bahwa herpes jarang sekali menunjukkan gejala sehingga terlambat dalam pengobatan, sehingga herpes dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko menderita ensefalitis (radang progresif otak). Menurut sebuah studi yang diterbitkan The Lancet Infectious Diseases Medical Journal, sekitar 19% dari orang dengan ensefalitis juga terinfeksi herpes.

Dalam kasus yang jarang terjadi komplikasi serius lainnya dari herpes adalah meningitis (radang selaput sekitar otak dan sumsum tulang belakang), eksim hepetiform (herpes yang tumbuh diseluruh kulit, menyerupai cacar), serta infeksi mata, pheumonia dan masalah kesehatan lainnya.

Pengobatan

herpes adalah penyakit menular seksual

Apakah ada obat untuk penyakit herpes? Setelah diuji dan didiagnosis apakah anda terkena herpes oral atau genital, maka herpes bisa diobati, tetapi tidak sembuh. Herpes adalah penyakit yang tidak mengancam jiwa pada orang dewasa tetapi tetap tergantung tingkat keparahan wabah herpes itu sendiri.

Obat yang diresepkan dokter adalah obat oral yaitu antivirus yang sesuai dengan resep dokter. Sehingga dapat mencegah dan memperpendek durasi wabah, dan mengurangi resiko penyebaran infeksi pada orang lain.

Pengobatan pada wanita hamil secara umum, dapat diobati selama kehamilan dengan obat yang diresepkan oleh dokter setelah anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan. Dokter akan memberikan obat yang tepat untuk anda dan calon bayi anda bahkan dokter akan menentukan proses melahirkan yang paling tepat untuk kesehatan bayi anda.

Jika anda mempunyai masalah mengenai Herpes genital anda dapat menikmati layanan Konsultasi Medis Online kami, konsultan-konsultan kami akan membantu mengarahkan anda untuk solusi penyakit anda.