counter

kista coklat

Penyakit kista coklat merupakan salah satu jenis penyakit kista yang sering ditemukan oleh para ahli dibidang ginekologi dan obstetri. Penyakit ini menyerang organ dalam tubuh seperti rahim, indung telur, payudara, vagina dan ovarium.

Penyebab timbulnya penyakit ini yaitu akibat adanya infeksi kandungan yang menahun yang berasal dari peritoneum atau sel-sel pada selaput perut. Penyakit ini jika tidak segera ditangani dapat menyebar hingga ke seluruh organ tubuh seperti paru, hati, usus, mata, kulit, otak dan otot rahim.

Adapun gejala-gejala yang timbul dari penyakit ini adalah:

  • Terjadinya kram menstruasi yang parah selama haid
  • Nyeri selama melakukan hubungan seksual
  • Terjadinya peningkatan frekuensi buang air kecil
  • Nyeri pada panggul atau perut yang menyiksa terutama saat buang air besar
  • Terjadinya tekanan pada dubur dan kandung kemih
  • Haid yang tidak teratur
  • Rasa mual seperti ingin muntah
  • Terjadinya pengerasan payudara seperti wanita saat sedang hamil

Kista coklat bisa disebut juga sebagai kista endometriosis. Kista ini sering terjadi kepada wanita yang memilih tidak mempunyai anak atau wanita yang tidak subur. Kista ini juga membuat menstruasi Anda menjadi lambat dan diikuti dengan perpanjangan serta mengalami pendarahan iregiler.

Jika Anda memiliki penyakit kista cokelat ini, amat penting bagi Anda untuk mengontrol kondisi kista cokelat Anda, sehingga Anda dapat segera mengambil keputusan apakah kista ini akan diangkat melalui jalur operasi atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa obat kista cokelat alami yang dapat Anda pertimbangkan untuk meringankan rasa ketidaknyamanan Anda pada kista tersebut.

Klik chat

Mengurangi makan daging

Daging merah dengan kandungan asam arakidonat dapat menyebabkan peradangan jaringan. Untuk itu bagi penderita kista cokelat dianjurkan untuk membatasi mengkonsumsi daging merah. Batas konsumsi daging merah bagi penderita kista ini adalah sebanyak 6 ons atau kurang.

Banyak mengkonsumsi sayur-sayuran

Mulailah dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat dan protein seperti kembang kol, kacang kedelai, dan brokoli. Sebab serat dan protein merupakan obat kista coklat

Banyak mengkonsumsi ikan

Konsumsilah ikan yang tinggi asam lemak omega-3 nya seperti salmon, tuna dan makarel. Selain itu mengkonsumsi minyak ikan juga membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh kista ini.

Menurut penelitan, minyak ikan merangsang pertumbuhan prostaglandin, sehingga tidak menyebabkan rasa sakit serta mencegah peradangan. Kapsul minyak ikan dapat juga dijadikan alternatif obat kista endometriosis jika dikonsumsi sesuai dengan dosisnya.

obat kista

Mengkonsumsi vitamin B

Bagi penderita kista endometriosis sangat disarankan untuk menkonsumsi supelemen/ multivitamin mineral yang mengandung 50 hingga 100 miligram vitamin B. Sebab vitamin B merupakan salah satu obat kista endometriosis yang dapat membantu proses hati esterogen lebih efektif.

Mengurangi makanan yang berasal dari olahan susu

Penderita kista endometriosis supaya mengurangi mengkonsumsi makanan yang berasal dari olahan susu seperti susu, keju dan yoghurt. Sebab makanan susu non-organik dapat meningkatkan kadar esterogen, sehingga meningkatkan rasa sakit.

Mengompres bagian perut

Bantal pemanas atau pad merupakan salah satu alternatif obat kista endometriosis yang paling mudah untuk dilakukan untuk dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat penyakit ini. Cara yang harus dilakukan yaitu dengan menempatkan bantal pemanas hangat tersebut di perut Anda, sebab bantal pemanas dapat menjaga suhu menjadi hangat dan nyaman bagi perut Anda, namun tindakan ini merupakan tindakan pengobatan sementara.

Rajin berolahraga

Rajin berolahraga merupakan salah satu tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko terkena penyakit ini. Belum ada bukti secara klinis bahwa olahraga akan membantu menyembuhkan kista endometriosis ini, namun faktanya, wanita yang rajin berolahraga cenderung beresiko rendah menderita penyakit ini.

Jika kondisi fisik Anda dirasa kurang mampu untuk melakukan olahraga yang berat, cobalah untuk melakukan kegiatan olahraga yang ringan seperti bersepeda statis, latihan kekuatan dll.

Itulah beberapa cara pengobatan kista coklat secara alami. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai penyakit-penyakit yang biasanya diderita oleh wanita.

Klik chat