human papilommavirus adalahPenyakit menular seksual (PMS) sangatlah menakutkan. Cukup banyak PMS yang ada, sebagian besar PMS terjadi akibat tertularnya virus yang menyerang bagian kelamin.

Pada pria virus ini akan menyerang penis dan bagi wanita akan menyerang vagina. Salah satu yakni human papilommavirus. Human Papilommavirus adalah tumbuhnya kutil pada kelamin dan kutil pada bagian tubuh lainnya.

Virus HPV merupakan salah satu virus yang menyebabkan timbulnya penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual merupakan penyakit yang menular dari hubungan seksual tanpa pengaman. Biasanya orang yang tertular penyakit menular seksual merupakan orang yang melakukan hubungan seks bebas.

Human papilommavirus adalah virus yang bisa menyerang siapa saja. Biasanya menyerang orang-orang yang sudah aktif secara seksual. Pada laki-laki biasanya menular di usia 20-24 tahun dan perempuan mulai 16-19 tahun.

Sebenarnya HPV memiliki berbagai jenis, terdapat sekitar 100 jenis HPV yang biasanya menyerang bagian sel-sel kulit mati. Dari sebanyak 100 jenis, virus yang cukup membahayakan tidak cukup banyak. Hanya ada beberapa jenis virus HPV yang akan mengakibatkan penyakit serius.

Bagaimana Virus HPV menular?

Seperti sudah dijelaskan diatas Virus Human Papilommavirus merupakan virus yang menyerang seseorang melalui hubungan seksual. Virus ini akan menyerang ketika anda melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang sudah mengidap HPV.

Virus ini akan menular melalui kontak kulit, termasuk hubungan seks. Baik itu seks oral, seks anal, maupun seks kelamin. Virus ini akan menyebar dengan cepat jika tidak diatasi dengan segera. Biasanya virus ini terdapat didalam tubuh seseorang yang sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Banyak Orang yang Tidak Mengenal Virus HPV

Virus Human Papilommavirus adalah virus yang tidak akan menyebabkan gejala apapun pada penderitanya. Sehingga banyak seseorang penderita yang tidak mengetahui kalau mereka sudah tertular virus HPV. Bahkan penyakit yang disebabkan dari virus HPV bisa hilang dengan sendirinya. Virus ini bisa berada didalam tubuh selama bertahun-tahun tanpa adanya gejala apapun.

Apa Bahayanya Virus HPV?

Meskipun virus HPV yang sudah berada dalam tubuh tidak akan menimbulkan gejala apapun, bukan berarti virus HPV tidak bekerja dan berkembang biak. Virus HPV yang terus menerus hanya didiamkan akan menimbulkan beberapa penyebab pada pria maupun wanita.

Jika pada pria biasanya virus ini akan menimbulkan kutil kelamin pada penis, kanker penis, mulut, anus, dan tenggorokan seseorang. Sedangkan pada wanita, selain akan menimbulkan kutil kelamin seperti pada pria, virus ini juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kanker serviks.

Bagaimana Mendeteksi Virus HPV?

Jika anda merupakan seorang yang aktif dalam berhubungan seksual dan juga sering bergonta-ganti pasangan seks. Maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi apakah anda terserang virus HPV atau tidak.

Cara mengetahui apakah virus ini ada di tubuh anda atau tidak, dengan melihat beberapa gejala. Gejala yang timbul seperti gejala timbulnya kutil didekat kelamin ataupun kutil dibeberapa bagian tubuh lainnya. Dengan adanya kutil, maka dokter spesialis akan melakukan uji laboratorium mengenai kutil yang ada pada tubuh anda tersebut.

Pada pria, biasanya dokter akan melakukan tes menggunakan larutan asam asetat. Dimana kulit yang didiagnosis terkena infeksi HPV akan merubah menjadi putih setelah diolesi dengan cairan ini, sehingga sangat mudah terlihat. Pada wanita pun akan dilakukan tes seperti ini.

Namun wanita juga biasanya akan menjalani tes pap smear. Dimana dokter akan mengambil beberapa sampel dari dinding rahim untuk diteliti di laboratorium untuk melihat ada atau tidaknya virus HPV dibagian rahim tersebut.

pengobatan hpvBagaimana Pengobatan HPV?

Human Papilommavirus adalah virus yang cukup berbahaya jika tidak didiagnosis segera mungkin dan tidak mendapatkan pengobatan sedini mungkin. Jika anda sudah terserang HPV maka cara selanjutnya untuk melakukan pengobatan adalah dengan cara vaksinasi dan menggunakan obat oles penghilang kutil.

Namun pengobatan HPV tidak dalam jangka waktu yang sebentar. Melainkan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga anda pun harus selalu rutin dalam mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter dan agar pengobatan bisa sembuh tepat waktu.

Mencegah HPV

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah tertular HPV. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kondom saat berhubungan badan, dan juga tidak bergonta-ganti pasangan seks. Ketika anda menemukan kutil pada rekan atau pasangan anda, hindari untuk menyentuh kutil tersebut.

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menghindari Human papillomavirus adalah dengan cara vaksin HPV. Vaksin ini bisa dilakukan di Rumah sakit, dan juga di Klinik Utama Gracia. Biasanya terdapat dua vaksinasi yang dilakukan yakni cervarix dan Gardasil.