counter

selaput dara wanitaSelaput dara merupakan bagian dari kulit yang menutupi lubang vagina, sebenarnya tidak sepenuhnya menutupi seluruh lubang pada vagina. Selaput darah atau hymen terbentuk ketika calon bayi perempuan berusia 3 atau 4 bulan di dalam kandungan. Keadaan selaput dara pada wanita akan tetap utuh hingga perempuan tersebut melakukan hubungan seksual, atau bisa saja terjadi rusak yang disebabkan oleh aktivitas, seperti menyisipkan sesuatu ke dalam liang vagina.

Selaput dara juga dapat rusak dengan sendirinya, sehingga menyebabkan rusak seiring dengan perkembangan atau pertumbuhan seorang wanita mencapai kedewasaan. Untuk alasan yang satu ini terkadang tidak memungkinkan untuk melihat apakah wanita tersebut masih perawan atau tidak. Aktivitas yang terkadang dapat merusak hymen adalah aktivitas yang berat, olahraga atau penggunaan tampon.

Ketika hymen rusak, mungkin akan terjadi pendarahan dan nyeri. Jika rusak bukan karena hubungan seksual, dan rusak dalam kondisi rusak yang tidak parah, makan hymen tersebut dapat kembali dalam keadaan normal. Keadaan hymen cenderung sangat tipis pada anak-anak, dan akan mengental dan sedikit menebal ketika masa pubertas disebabkan oleh perubahan hormon.

Ada banyak hal yang berbeda mengenai hymen, termasuk hal kebudayaan yang menjadi sangat sensitif untuk dibahas. Tidak hanya hal budaya, praktek spiritual dan tradisional juga berperan sebagai sumber misteri tentang wanita. Dahulu sebelum menikah, wanita di wajibkan untuk memeriksakan keperawanan ke dokter untuk membuktikan apakah dia masih perawan atau tidak.

Namun sekarang tidak dipraktekkan lagi karena pada saat ini manusia cenderung telah banyak mengetahui mengenai selaput dara yang mudah robek atau rusak, yang disebabkan oleh aktivitas selain hubungan seksual, atau bahkan sama sekali tidak terbentuk hymen pada wanita saat pertama kali dilahirkan.

Letak Selaput Dara Wanita

Selaput dara wanita terletak diantara dua lipatan vulva. Namun hymen tidak benar-benar menutupi lubang vagina. Tetapi menciptakan lipatan yang menyebabkan lubang yang sangat kecil. Sebagai seorang wanita terkadang lipatan tersebut terbuka dan merenggang yang diakibatkan oleh aktivitas-aktivitas sehari-hari bahkan menyebabkan rusak pada hymen tersebut. Pada beberapa wanita terkadang robeknya hymen tidak menimbulkan bercak darah.

selaput dara

Bentuk Selaput Dara Wanita

Hymen terbentuk dalam berbagai bentuk dan ukuran yang bervariasi, jenis dan bentuknya antara lain seperti berikut:

  • Imperforata Hymen

Kondisi hymen jenis ini tidak sepenuhnya menutupi pembukaan vagina. Kondisi ini biasanya tidak terdiagnosis sampai wanita tersebut memasuki masa pubertas dan menstruasi pertama, kondisi hymen seperti ini, ketika rusak tidak mengeluarkan darah.

  • Septate Hymen

Septate Hymen ini terbentuk menjadi dua bukaan di dalam vagina. Kondisi ini tidak menghentikan aliran darah menstruasi, tetapi dapat menutupi vagina sehingga tidak dapat menggunakan tampon ketika wanita tersebut masih perawan.

Perbaikan Bedah Hymen

Operasi selaput dara bisa dilakukan karena beberapa alasan, baik untuk memperbaiki hymen yang rusak atau menghilangkan jaringan hymen yang menutupi lubang vagina. Berikut adalah berbagai jenis operasi:

  • Hymenoplasty

Operasi jenis ini pada dasarnya adalah operasi kosmetik yang dilakukan untuk memperbaiki hymen yang rusak karena alasan pribadi, seperti hubungan seks di luar nikah. Pembedahan reclosed menyebabkan pendarahan pada hubungan seksual sehingga terlihat seperti masih perawan. Operasi ini dilakukan juga karena alasan pemerkosaan yang terjadi ketika wanita tersebut masih perawan.

  • Hymenectomy

Bedah jenis ini digunakan untuk membuka hymen yang imperforata atau septate (hymen yang menutupi lubang vagina). Dalam kondisi biasa hymen dapat ditarik dan rusak selama hubungan seksual saat pertama atau penggunaan tampon juga dapat merusak hymen. Namun kekhawatiran dapat muncul ketika pada bagian sisi hymen terdapat arteri yang dapat menyebabkan pendarahan hebat ketika hymen rusak.

Bedah ini dapat memperbaiki hal tersebut sehingga ketika berhubungan seksual untuk pertama kali dapat menurunkan resiko pendarahan.

Demikianlah artikel mengenai selaput dara wanita, yang mungkin informasi ini berguna bagi wanita dan pasangan seksual wanita.

Jika anda ingin konsultasi lebih lanjut, anda dapat datang langsung ke Klinik kami, Klinik Utama Gracia. Klinik kami melayani penyakit-penyakit yang berhubungan dengan Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Kelamin. Klinik kami juga dapat melakukan operasi perbaikan selaput dara.

Untuk Konsultasi Online Medis anda dapat klik banner di bawah ini.

Klik chat

Save