counter

impoten adalah masalah priaImpoten adalah suatu keadaan seorang pria yang tidak bisa atau tidak mampu untuk memperoleh atau mempertahankan ereksi. Impoten atau dalam bahasa lainnya adalah disfungsi ereksi, pengertian lebih mudah dari impoten adalah suatu kondisi dimana seorang pria tidak dapat melakukan hubungan seksual secara maksimal dengan pasangan. kondisi yang sangat umum terjadi pada pria yang tua, diperkirakan umur 40 sampai 70 akan mengalami impoten. Impotensi dapat terjadi dikarenakan fisik dan psikologis.

Impoten dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga, maka dari itu jika pasangan seksual anda mengalami impotensi, sebaiknya anda bekerja sama untuk menyembuhkan penyakitnya karena dengan dukungan pasangannya seorang pria dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan mengurangi gangguan psikologis dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jenis-jenis impoten bervariasi yaitu:

  • Mampu ereksi namun tidak mampu untuk mempertahankan ereksi.
  • Sama sekali tidak mampu ereksi.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan Journal of Urology tahun 2000 menyebutkan bahwa impoten besar kemungkinan akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia, dan usia 60 tahun beresiko 4 kali lipat mengalami impoten dari pada pria yang berusia 40 tahun. Masih menurut Journal of Urology, pria dengan pendidikan yang kurang juga memiliki resiko yang lebih besar mengalami impotensi, dikarenakan mereka cenderung memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

Penyebab Impoten Adalah Depresi

impoten membuat anda stres

Penyebab impoten dapat dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor psikologis dan fisik.

Faktor Psikologis

  • Rasa gelisah ketika melakukan hubungan seksual.
  • Depresi
  • Stres
  • Masalah hubungan dengan pasangan.

Faktor Fisik

  • Penyempitan pembuluh darah penis.
  • Hipertensi
  • Kolesterol tinggi
  • Masalah hormonal
  • Pasca operasi bagian yang mempengaruhi ereksi seperti prostat.
  • Cidera
  • Konsumsi obat-obatan yang menyebabkan turunnya libido.
  • Penyakit sistemik.

Terkadang impotensi hanya terjadi dalam situasi tertentu. Misalnya anda ketika melakukan masturbasi bisa melakukan ereksi dan mampu mempertahankannya, namun ketika anda melakukannya dengan pasangan anda, anda tidak mampu untuk ereksi, dan hal tersebut terkadang sering terjadi dan mungkin terkait dengan faktor psikologis anda yang mungkin diperlukan komunikasi yang baik dengan pasangan anda, dan bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendiagnosis penyebabnya.

Jika anda tidak dapat melakukan ereksi dalam keadaan apapun sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan terkait keluhan anda, karena ada kemungkinan penyebab gangguannya adalah fisik.

Diagnosis dan Pengobatan

obat impoten

Hilangkan rasa malu anda untuk konsultasi mengenai penyakit anda ke dokter, karena itu sangat penting untuk hasil diagnosa yang tepat. Impoten harus didiagnosa, apakah masalah terletak pada fisik atau psikologis. Dalam kasus ini penyempitan arteri menjadi penyebab yang paling utama. Dalam kasus ini dokter akan menyarankan anda untuk merubah polah hidup anda untuk lebih sehat, sehingga anda dapat mengatur berat badan ideal anda, agar dapat mengurangi penyempitan arteri.

Dokter juga akan memberikan obat untuk mengobati impoten yang disebabkan aterosklerosis, obat seperti statin penurun kolesterol dan obat-obatan yang berfungsi untuk mengurangi tekanan darah. Obat-obatan yang sejauh ini berhasil dalam mengatasi impoten adalah sildenafil, atau dengan cara terapi vakum yang dapat mendorong darah mengalir ke penis, menurut NHS UK kesuksesan dengan terapi vakum ini mencapai 90% keberhasilan.

Secara keseluruhan, menurut NHS UK pengobatan impoten tingkat kesembuhannya meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun ini, sehingga kebanyakan pria telah mampu melakukan hubungan seksual kembali.

Demikianlah artikel mengenai impoten atau biasa disebut disfungsi ereksi dari kami, semoga dapat membantu anda untuk menghindari dan mengobati anda yang mengalami keadaan impoten.

Jika anda mengalami impoten, sebaiknya anda datang ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan konsultasi dan pengobatan.

Untuk Konsultasi Medis Online, klik banner di bawah ini.

Klik chat

Artike Lainnya:  Ejakulasi Dini pada Pria   Pengobatan Ejakulasi Dini   Ejakulasi Dini Pada Wanita     Ciri-ciri Pria Mandul

Save