infertilitas Jika anda dan pasangan anda sedang berjuang untuk memiliki keturunan (bayi), anda tidak sendirian. Sepuluh sampai 15 persen pasangan di Amerika Serikat tidak subur. Infertilitas adalah ketidakmampuan untuk hamil walaupun telah melakukan hubungan seksual bersama pasangan anda tanpa menggunakan kondom selama satu tahun.

Infertilitas dapat terjadi akibat masalah dengan anda atau dengan pasangan anda, atau beberapa factor yang dapat menghambat kehamilan, tetapi dizaman sekarang banyak sekali pengobatan infertilitas yang dapat secara signifikan meningkatkan peluang kehamilan.

Gejala Infertilitas adalah Disfungsi Seksual

Infertilitas adalah kemandulanGejala utama kemandulan, mungkin tidak ada gejala yang lebih jelas, terkadang seorang wanita subur bisa memiliki periode menstruasi yang tidak teratur dan jarang menstruasi, seorang pria yang mempunyai infertilitas biasanya mempunyai tanda-tanda hormonal, seperti perubahan pertumbuhan rambut atau fungsi seksual (disfungsi seksual).

Penyebab Infertilitas

Terkadang semua langkah selama ovulasi dan fertilisasi telah dilakukan dengan benar agar bisa hamil, kadang-kadang masalah yang menyebabkan kemandulan pada pasangan telah terjadi sejak lahir (dari lahir telah mandul) dan kadang-kadang kemandulan terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Penyebab kemandulan dapat mempengaruhi satu atau dua pasangan, penyebab infertilitas adalah:

• Pada sepertiga kasus, terdapat masalah dengan laki-laki.
  • Pada sepertiga kasus, terdapat masalah dengan perempuan.
  • Ada juga kasus yang menimpa kedua-duanya.

Penyebab kemandulan secara umum:

• Produksi sperma yang abnormal atau testis tidakĀ  bisa berfungsi secara normal, cacat genetic, masalah kesehatan seperti diabetes atau infeksi seperti klamidia, gonore, mumps atau HIV, dan varikokel (pembuludarah membesar di testis) yang dapat mempengaruhi kualitas sperma.
  • Masalah pengiriman sperma karena masalah seksual, seperti ejakulasi dini, penyakit genetic tertentu seperti cystic fibrosis, masalah structural, seperti penyumbatan pada testis atau kerusakan, cidera pada testis.
  • Kondisi medis yang berhubungan dengan pubertas tertunda atau adanya menstruasi, seperti penyakit celiac, diabetes yang tidak terkontrol dan beberapa penyakit auto imun seperti lupus, dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Kelainan genetic juga bisa membuat pembuahan dan kehamilan tidak bisa memungkinkan.
  • Overexposure factor lingkungan tertentu, seperti pestisida dan bahan kimia lainnya, dan radiasi. Merokok, alcohol, ganja atau minum obat tertentu, seperti antibiotik, anti-hipertensi, steroid anabolik, dapat juga dipengaruhi karena paparan panas, seperti di sauna atau bak air panas yang dapat menaikkan suhu inti tubuh dan dapat mempengaruhi produksi sperma.
  • Kerusakan tuba fallopi atau penyumbatan, sering disebabkan oleh peradangan pada tuba fallopi. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit radang panggul, yang biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual, endometriosis atau adhesi.
  • Insufisiensi ovarium primer (menopause dini), ketika ovarium berhenti berkerja dan menstruasi berakhir sebelum usia 40 tahun, meskipun penyebabnya tidak diketahui, factor-faktor yang menyebabkan menopause dini itu termasuk penyakit system kekebalan tubuh, kondisi genetic tertentu seperti sindrom turner atau pembawa fragile X syndrome, radiasi atau pengobatan kemoterapi dan perempuan yang merokok.
  • Kerusakan yang terkait dengan kanker dan pengobatannya, termasuk radiasi atau kemoterapi. Pengobatan untuk kanker dapat mengganggu produksi sperma dan terkadang akibatnya lebih parah.