counter

penyebab ejakulasi dini

Mengalami ejakulasi dini berarti menandakan bahwa pria terlalu cepat mengalami ejakulasi beberapa saat setelah penetrasi atau bahkan sebelum penetrasi terjadi. Umumnya penyebab ejakulasi dini bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini pasti akan membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi kurang baik. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab ejakulasi dini berikut ini agar Anda bisa melakukan pencegahan dan juga penanganan untuk kondisi tersebut.

1. Genetika

Gen di dalam tubuh sangat berperan dalam membuat Anda merasakan klimaks dalam hubungan seksual. Namun faktor genetika ini hanya berperan kecil, sehingga Anda masih bisa merubah kondisi yang Anda alami.

2. Masturbasi

Kebiasaan melakukan masturbasi biasanya dilakukan pria muda untuk mencapai kenikmatan dengan cepat. Namun jika dilakukan dengan kurang tepat dan juga tergesa-gesa, maka kebiasaan ini bisa membuat sistem saraf merespon lebih cepat jika ada rangsangan seksual, akhirnya kondisi tersebut terbawa ketika sedang melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Untuk itu, hentikan kebiasaan masturbasi untuk menghindari terjadinya ejakulasi dini.

3. Terlalu Bergairah

Gairah yang terlalu berlebihan dan tidak terkontrol akan membuat terjadinya ejakulasi dini. Hal ini bisa dihindari dengan melakukan stimulasi seks secara perlahan, dan tidak tergesa-gesa, sehingga gairah seksual bisa dikontrol.

4. Melakukan Hubungan Seksual Untuk Pertama Kali

Pemicu ejakulasi dini juga bisa karena belum adanya pengalaman dalam melakukan hubungan seksual atau munculnya rasa cemas, takut, dan yang lainnya karena baru melakukan hubungan seksual untuk pertama kalinya. Rasa cemas tersebut akan berdampak stres pada pria, dan bisa menyebabkan terjadinya ejakulasi dini. Hal ini wajar untuk seseorang yang termasuk baru pertama kali melakukan hubungan seksual.

5. Sensitivitas

Jika Anda memiliki bagian tubuh yang terlalu sensitif, bisa membuat Anda dengan mudah mengalami ejakulasi dini. Ketika berhubungan seksual, akan terjadi gesekan dan jika Anda termasuk seseorang yang memiliki bagian tubuh yang sensitif, maka bisa saja Anda mengalami ejakulasi dengan cepat.

penyebab ejakulasi dini

6. Kurangnya Hormon Serotonin

Hormon serotonin berfungsi dalam proses ejakulasi pada pria. Semakin tinggi hormon serotonin di otak, maka Anda akan dengan mudah menunda terjadinya ejakulasi dini. Namun jika hormon ini menurun dan berkurang, maka Anda bisa mengalami ejakulasi dini. Dokter umumnya akan memberi obat antidepresan dan obat hipertensi, untuk meningkatkan kadar hormon ini. Namun konsultasikan terlebih dahulu mengenai obat yang tepat.

7. Menderita Impotensi

Seseorang yang impotensi akan sulit mengalami ereksi ketika melakukan hubungan seksual, sehingga pria yang impotensi akan terburu-buru dalam berhubungan seksual agar cepat merasakan orgasme. Karena bila terlalu lama, akan membuat ereksi cepat menghilang.

8. Psikologis

Jika tidak adanya komunikasi yang baik dengan pasangan ataupun Anda sedang dalam keadaan marah dan benci pada pasangan, maka Anda akan cenderung mengalami ejakulasi dini. Karena ketika melakukan hubungan seksual hanya berlandaskan keterpaksaan dan tidak ada pikiran untuk memuaskan pasangan.

9. Obat-Obatan

Beberapa obat juga memiliki efek samping yang dapat membuat pria mengalami ejakulasi dini, misalnya seperti obat influenza. Untuk itu konsultasikan dengan dokter terkait pemakaian obat-obatan.

10. Penyakit Lain

Ejakulasi dini juga bisa terjadi jika Anda mengalami penyakit lain seperti infeksi prostat. Bisa juga karena terjadinya cedera dan juga cacat yang akhirnya mengganggu sistem saraf.

Itulah beberapa penyebab ejakulasi dini yang bisa dialami oleh pria. Untuk mendiagnosa penyebab ejakulasi dini mana yang membuat Anda mengalami kondisi tersebut, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter. Dokter juga bisa memberikan penanganan untuk permasalahan Anda tersebut.
Klik chat