counter

cara memperlancar menstruasi

Cara memperlancar menstruasi umumnya menjadi salah satu hal yang paling harus diketahui oleh para wanita. Karena kebanyakan wanita akan mengalami menstruasi yang tidak lancar, atau juga tidak teratur. Menstruasi yang tidak lancar akan membuat wanita mengalami menstruasi yang tidak menentu, seperti darah menstruasi yang keluar hanya sedikit. Untuk itu berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memperlancar haid pada wanita.

Menstruasi biasanya akan terjadi secara teratur setiap bulannya. Luruhnya lapisan dinding rahim akan membuat darah keluar, dan terjadi selama 3 sampai 7 hari. Siklus menstruasi sendiri akan berbeda tiap wanita, namun sekitar 21 sampai 35 hari. Menstruasi memang sering terjadi secara tidak lancar, dan bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya stres, konsumsi obat tertentu ataupun adanya penyakit yang Anda derita. Berikut ini adalah beberapa cara memperlancar menstruasi.

1. Menghindari Stress

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa stres bisa membuat menstruasi tidak lancar. Untuk itu, Anda harus menghindari stres atau depresi untuk memperlancar haid Anda. Karena ketika stres umumnya tubuh akan mengalami ketidakseimbangan hormon, dan akhirnya menstruasi menjadi terganggu.

2. Olahraga

Olahraga akan membuat tubuh menjadi lebih fit dan lebih sehat. Selain itu bisa menjadi salah satu cara memperlancar haid. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki ataupun jogging. Lakukan olahraga ini secara rutin sebelum ataupun saat Anda sedang menstruasi.

memperlancar menstruasi

3. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup juga penting untuk Anda lakukan, agar tubuh tidak kelelahan dan akhirnya menimbulkan banyak penyakit yang menyerang. Kekurangan istirahat juga bisa membuat seseorang menjadi stres. Untuk itu, pastikan bahwa Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya untuk memperlancar haid Anda.

4. Menggunakan Asam Jawa

Cara memperlancar menstruasi yang berikutnya yaitu dengan menggunakan asam jawa. Asam jawa bisa digunakan untuk merangsang dinding rahim untuk meluruh dan terjadi lah menstruasi. Umumnya kadar asam yang dimiliki asam jawa jauh lebih aman dibandingkan dengan makanan asam lainnya.

5. Kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan juga bisa membantu Anda untuk melancarkan menstruasi Anda. Di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan omega 3 dan juga lemak yang bisa membantu untuk mendapatkan kepekaan dalam rahim. Hal ini sangat berguna untuk kondisi menstruasi Anda yang sering tidak lancar.

6. Daging Merah

Kandungan zat besi dan juga lemak di daging merah bisa mencegah Anda terkena anemia. Anemia umumnya akan membuat penderitanya sering merasa kelelahan dan fungsi tubuh menjadi tidak maksimal, akhirnya mengakibatkan menstruasi yang tidak lancar.

memperlancar haid

7. Nanas

Pernah mendengar bahwa nanas bisa menggugurkan kandungan? Sepertinya alasan tersebut lah yang membuat nanas bisa digunakan untuk membantu Anda melancarkan menstruasi Anda. Karena nanas yang biasanya adalah nanas muda akan membantu merangsang rahim untuk meluruhkan sel telur dan terjadi menstruasi. Namun perlu diingat, jangan konsumsi nanas muda ini ketika Anda sedang hamil.

8. Bayam

Bayam memiliki zat besi yang bisa bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tidak mudah lelah dan juga menjaga daya tahan tubuh. Hasilnya, tubuh akan semakin fit dan menstruasi akan lebih lancar, karena tubuh yang sehat.

Itulah beberapa cara memperlancar menstruasi yang mudah untuk Anda coba. Keluhan ini memang sudah menjadi hal yang sering sekali dialami oleh wanita. Namun setelah mengetahui cara-cara di atas, diharapkan bahwa wanita tidak akan lagi merasakan haid yang tidak lancar. Selamat mencoba.

Jika Anda hal yang ingin Anda konsultasikan, atau tanyakan, bisa melalui layanan chatting online Klinik Utama Gracia di bawah ini.
Klik chat