counter

penyebab haid tidak lancar

Wanita yang sudah mengalami menstruasi kadang merasakan beberapa masalah, misalnya seperti haid yang tidak lancar. Namun apa sebenarnya yang menjadi penyebab haid tidak lancar? Haid atau menstruasi umumnya terjadi sebulan sekali, dengan rentang siklus yang terjadi yaitu 28 hingga 35 hari. Walaupun begitu ada pula wanita yang mengalami siklus lebih pendek dari 21 hari atau bahkan lebih panjang dari 35 hari. Sebagai wanita kita harus mengetahui penyebab menstruasi tidak lancar.

1. Stress

Penyebab haid tidak lancar bisa dikarenakan stres yang Anda alami. Bukan hanya menjadi penyebab menstruasi tidak lancar saja, namun juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit lainnya. Ketika Anda berada dalam tekanan, maka tubuh akan memproduksi hormon pemicu stres, dan akan mempengaruhi kelancaran menstruasi yang Anda alami. Stres juga bisa menyebabkan terjadi pendarahan yang berlebih ketika menstruasi.

2. Hamil

Tidak lancarnya menstruasi yang Anda alami juga bisa saja menjadi tanda bahwa sedang terjadi proses kehamilan. Misalnya seperti terlewatnya periode rutin menstruasi Anda. Selain kehamilan, penyebab haid tidak lancar juga bisa karena Anda sedang berada dalam fase menyusui. Hal ini adalah normal, jadi tidak perlu panik jika terjadi hal seperti ini.

3. Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi juga bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Penggunaan pil KB juga bisa membuat terjadinya pendarahan yang hanya sedikit atau bahkan malah pendarahan yang berlebihan. Suntikan kontrasepsi yang diberikan pasca melahirkan juga bisa membuat haid menjadi tidak teratur.

4. Periode Perimenopause

Ketika wanita akan memasuki masa menopause, maka mereka akan merasakan haid yang menjadi tidak lancar. Umumnya yang mengalami hal ini adalah wanita diatas usia 45 tahun. Ketika memasuki menopause bukan hanya menstruasi menjadi tidak lancar, tapi bisa juga terjadi pendarahan yang banyak sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut.
Klik chat

5. Kondisi Medis Lainnya

Penyebab haid tidak lancar juga bisa karena adanya kondisi medis tertentu di tubuh Anda, misalnya adanya penyakit lain yang membuat menstruasi Anda menjadi tidak lancar. Untuk mengetahui kondisi medis apa yang Anda alami, dibutuhkan diagnosa dokter untuk lebih tepatnya.

6. Anemia

Penyebab lainnya yaitu karena anemia. Penderita anemia akan mengalami darah yang berkurang, atau bisa dikatakan kekurangan darah, sehingga bisa berakibat pada menstruasi yang tidak lancar. Ketika menstruasi, maka tubuh akan mengeluarkan darah kotor, sedangkan kondisi penderita anemi adalah darah di tubuh yang berkurang, maka tubuh tidak bisa mengeluarkan darah dalam proses menstruasi tersebut.

penyebab menstruasi tidak lancar

7. Berat Badan

Banyak orang mengetahui bawah menstruasi yang tidak lancar bisa dikarenakan obesitas atau kelebihan berat badan, namun sebenarnya berat badan yang terlalu rendah atau terlalu kurus juga bisa menyebabkan menstruasi yang tidak lancar.

8. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid

Jika terjadi gangguan di tubuh pada kelenjar tiroid maka bisa berakibat pada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berperan dalam menstruasi. Hal ini menyebabkan wanita mengalami haid yang tidak lancar bahkan ada juga yang tidak mengalami haid sama sekali.

Itulah beberapa penyebab menstruasi tidak lancar yang mungkin saja sedang Anda alami. Jika Anda tidak yakin apa penyebabnya, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang lebih tepat. Dengan pemeriksaan yang dilakukan sedini mungkin, maka kemungkinan adanya kondisi medis yang berbahaya bisa segera ditangani.

Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online gratis di bawah ini.

Klik chat