counter

cara menyembuhkan keputihan pada wanita

Cara menyembuhkan keputihan pada wanita penting untuk diketahui oleh para wanita. Karena banyak sekali wanita yang sering mengeluhkan keputihan yang terjadi. Keputihan sendiri memiliki dua jenis yaitu keputihan normal dan abnormal. Namun kebanyakan yang sering membuat para wanita tidak nyaman adalah jenis keputihan yang abnormal.

Keputihan abnormal ini umumnya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, berubah warna, dan juga bisa disertai dengan munculnya gatal. Penyebab keputihan jenis ini yaitu bisa dikarenakan adanya infeksi jamur, bakteri, virus ataupun parasit pada organ kewanitaan. Keputihan abnormal juga bisa menjadi tanda adanya penyakit serius seperti kanker serviks atau kanker rahim.

Untuk itu para wanita harus mengetahui cara menyembuhkan keputihan pada wanita berikut ini untuk meminimalisir kondisi yang lebih serius.

Menjaga Kelembaban Vagina

Area kewanitaan adalah area yang paling mudah lembab. Jika kelembaban tidak terjaga, maka akan terjadi peningkatan keasaman daerah tersebut. Hal ini bisa membuat akan mudahnya bakteri jahat untuk berkembang biak pada area tersebut sehingga terjadilah keputihan abnormal. Tidak jarang kelembaban vagina yang tidak terjaga juga membuat wanita mengalami keputihan karena jamur. Agar tingkat keasaman tidak terlalu tinggi, maka yang perlu Anda lakukan adalah menghindari untuk membersihkan vagina menggunakan produk pembersih berbahan kimia.

Membersihkan Area Kewanitaan Dengan Benar

Menjaga kebersihan vagina juga penting hukumnya. Namun perlu diperhatikan cara membersihkan vagina dengan benar, yaitu dengan membersihkan dari arah depan ke belakang, atau dari arah vulva ke anus. Salah-salah membersihkan vagina akan membuat bakteri yang seharusnya berada di anus berpindah ke vagina, dan menyebabkan infeksi. Jika bakteri masuk ke saluran kemih, maka akan menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih.

cara menyembuhkan keputihan

Pola Hidup Sehat

Cara menyembuhkan keputihan pada wanita selanjutnya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini bisa dimulai dari konsumsi makanan Anda sehari-hari. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, selain itu Anda bisa menambahkan yoghurt dalam menu harian Anda. Di dalam yoghurt terdapat bakteri baik untuk menjaga keseimbangan bakteri yang berada di area kewanitaan. Selain itu jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga, agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena virus-virus yang salah satunya bisa menyebabkan keputihan abnormal. Anda juga disarankan untuk menghindari stres agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik, dan Anda tidak akan mengalami keputihan abnormal.

Pembalut yang Tepat dan Hindari Pantyliner

Ketika menstruasi, maka wanita harus lebih ekstra menjaga area kewanitaannya. Hal ini dikarenakan akan semakin banyaknya bakteri yang mudah berkembangbiak pada area kewanitaan. Untuk itu gantilah pembalut Anda sesering mungkin, paling tidak 4 jam sekali. Selain itu, ketika Anda sedang tidak menstruasi, hindari pemakaian pantyliner. Pantyliner ini akan membuat area kewanitaan sulit mendapatkan udara, dan juga mudah lembab. Hal ini bisa membuat banyaknya bakteri dan jamur yang berkembang biak pada area tersebut.

Itulah beberapa cara menyembuhkan keputihan pada wanita. Namun Anda tetap harus memeriksakan kondisi Anda pada dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat terkait penyebab dari keputihan yang Anda alami. Pengobatan akan segera diberikan oleh dokter tergantung pada penyebab keputihan tersebut terjadi.

Jika Anda ingin menggunakan obat-obatan untuk menyembuhkan keputihan, disarankan melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter. Hal ini juga harus dilakukan apabila wanita yang mengalami keputihan adalah wanita hamil. Minta dokter untuk memberikan obat yang tidak akan mengganggu pertumbuhan janin.
Klik chat