counter

ciri ciri ambeien

Ketika terjadi buang air besar yang berdarah dan juga munculnya benjolan yang berada di anus, hal ini menjadi ciri ciri ambeien yang utama. Namun ambeien sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu ambeien dalam dan juga ambeien luar. Dan tentunya ciri ciri ambeien kedua jenis ini akan berbeda.

Ambeien sendiri terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang berada di rektum atau anus yang disebabkan akibat tekanan yang akhirnya melemahkan area tersebut. Walaupun tidak menimbulkan bahaya di kemunculan awalnya, namun jika dibiarkan begitu saja maka bisa menimbulkan bahaya, apalagi jika sudah disertai buang air besar yang selalu berdarah.

Dua jenis ambeien yang terjadi ini dibedakan berdasarkan letak pembuluh darah yang mengalami pembengkakan, sehingga dibagi menjadi ambeien internal (dalam) dan ambeien eksternal (luar). Berikut ini penjelasannya.

Ambeien Dalam

Pada ambeien internal atau dalam ini yang mengalami pembengkakan adalah pembuluh darah yang berada di dalam liang rektum atau anus yang terletak lebih tinggi sehingga tidak akan terlihat dari luar. Hal ini juga membuat penderitanya tidak merasakan terjadinya pembengkakan tersebut, dan biasanya juga tidak ada rasa sakit yang muncul karena hanya terdapat sedikit saraf pada area tersebut.
Klik chat

Ketika pembuluh darah ada yang pecah karena sudah rapuh, maka yang akan dialami penderita adalah buang air besar yang mengeluarkan darah. Ketika ambeien sudah semakin membesar, maka bisa menonjol ke luar atau prolaps. Ciri ciri ambeien dalam lainnya selain buang air besar berdarah dan juga prolaps yaitu gatal di area rektum dan juga terjadinya pembengkakan di area anus.

Ambeien Luar

Ambeien eksternal atau luar merupakan pembengkakan pembuluh darah yang berada di bawah kulit yang terletak di area anus. Pada area tersebut lebih banyak terdapat saraf jadi akan muncul rasa sakit. Rasa sakit ini merupakan ciri yang paling terasa dibandingkan terjadinya pendarahan seperti pada ambeien internal atau dalam.

Ciri ciri ambeien luar yang akan dirasakan penderitanya yaitu munculnya rasa sakit, gatal, dan muncul benjolan di sekitar anus, bisa juga terjadi pendarahan ketika buang air besar jika lapisan pembuluh darah telah rapuh.

ciri ambeien

Pemeriksaan

Untuk memeriksakan kondisi tersebut, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan pendukung. Pemeriksaan fisik akan dimulai dengan memeriksa area anus, dan pemeriksaan pendukung seperti pemeriksaan anoskopi yang merupakan sejenis alat yang akan dimasukkan ke dalam anus. Adapula pemeriksaan tambahan yang disarankan dokter, terutama pada penderita yang sudah di atas 40 tahun, seperti kolonoskopi, sigmoidoskopi dan x-ray barium enema.

Pemeriksaan-pemeriksaan ini diperlukan agar dapat diketahui diagnosa yang jelas terkait kondisi dan juga penyebab ambeien yang Anda alami. Selain itu, dokter juga bisa segera memberikan penanganan yang tepat bagi permasalahan yang Anda alami.

Namun sebaiknya Anda mencegah terjadi ambeien dengan menerapkan cara hidup sehat seperti memenuhi konsumsi serat harian Anda dan konsumsi air yang cukup agar kesehatan pencernaan menjadi lebih baik, sehingga akan memudahkan kotoran untuk dibuang, dan tidak mengharuskan Anda untuk mengejan dengan kuat. Selain itu Anda juga disarankan melakukan olahraga secara rutin dan jangan menahan keinginan untuk buang air besar agar kotoran tidak menjadi keras.

Anda juga bisa berkonsultasi terkait kondisi ambeien yang Anda alami pada tim Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang tersedia pada halaman ini. Semoga bermanfaat.
Klik chat