counter

gejala sipilis

Sipilis adalah salah satu penyakit kelamin yang dapat menyerang pria maupun wanita. Penyebab dari penyakit ini yaitu bakteri Treponema pallidum yang bisa menginfeksi kulit, alat kelamin, mulut dan juga sistem saraf. Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan. Gejala sipilis pada pria dengan gejala sipilis pada wanita umumnya tidak berbeda jauh.

Sipilis atau yang biasa dikenal dengan raja singa ini bisa berbahaya jika tidak segera diobati, karena bisa menimbulkan kerusakan pada otak dan juga sistem saraf dan organ lainnya. Berikut ini adalah beberapa gejala sipilis pada pria dan juga gejala sipilis pada wanita berdasarkan tahapan sipilis.

Tahap Primer

Di tahapan ini, penderita sipilis akan merasakan timbulnya luka yang tidak sakit. Luka ini akan muncul di tempat bakteri menginfeksi tubuh. Biasanya luka akan terjadi sekitar 3 minggu setelah terpapar bakteri. Gejala lain yang akan terjadi yaitu:

    1. Gejala sipilis pada pria akan terjadi luka yang seringnya muncul pada area kelamin, dan menimbulkan rasa sakit. Sedangkan gejala sipilis pada wanita di tahap ini adalah luka akan berkembang di luar alat kelamin atau di dalam vagina. Luka yang disebut chancre ini bisa tidak diketahui oleh penderita wanita jika terjadi di dalam vagina ataupun di permukaan rahim, karena luka ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak mudah terlihat.
    2. Terjadi perkembangan kelenjar getah bening di area sekitar luka.
    3. Luka bisa dialami di bagian tubuh lainnya, yaitu bagian yang terinfeksi bakteri.
    4. Luka akan terjadi selama 3 sampai 6 minggu, dan akan sembuh sendiri walaupun tanpa melakukan pengobatan. Luka ini akan meninggalkan bekas tipis. Walaupun sudah hilang, sipilis tetap berada di dalam tubuh dan masih bisa menularkan pada orang lain.

Klik chat

Tahap Sekunder

Pada tahapan ini akan muncul ruam yang terjadi selama 2 sampai 12 minggu setelah luka muncul bahkan sebelum luka tersebut sembuh. Ruam akan terlihat di seluruh tubuh, termasuk telapak tangan dan juga kaki. Gejala lain juga bisa terjadi dan menandakan bahwa infeksi sudah menyebar ke seluruh tubuh. Sipilis juga masih bisa menular pada tahap ini.

  1. Ruam berwarna coklat kemerahan, padat, kecil, datar atau terangkat 2 cm dari kulit, dan ruam akan terlihat seperti masalah kulit biasa.
  2. Luka kecil terbuka kemungkinan muncul di selaput lendir. Bisa juga terjadi luka yang berisi nanah ataupun luka lembab seperti kutil.
  3. Ruam ini akan sembuh dalam 2 bulan dan tidak menimbulkan bekas luka. Meskipun sudah hilang, namun sipilis masih bisa ditularkan pada orang lain.
  4. Ketika sipilis sudah menyebar ke seluruh tubuh, maka penderita bisa mengalami demam, sakit tenggorokan, lemah, penurunan berat badan, rambut rontok, kelenjar getah bening bengkak, leher kaku, dan sakit kepala.

gejala sipilis pada pria

Tahap Laten

Jika tidak diobati, sipilis akan masuk pada tahap laten. Jadi pada tahap ini, penderita tidak akan mengalami gejala apapun dalam beberapa waktu bisa sesingkat satu tahun ataupun 5 sampai 20 tahun lamanya.

Pada tahap ini, untuk mendiagnosis sipilis hanya bisa dilakukan dengan tes darah, pengalaman seseorang, ataupun dengan kelahiran anak dengan sipilis kongenital. Penyakit ini masih bisa ditularkan pada periode awal tahapan laten ini dan juga bisa menular selama tahapan ini jika gejala tidak muncul.

Tahap Akhir

Tahap akhir ini bisa terjadi jika penderita tidak melakukan pengobatan sipilis, bahkan bisa muncul lebih dini sekitar 1 tahun setelah infeksi terjadi. Pada tahap ini, sipilis akan menyebabkan masalah di pembuluh darah dan jantung, gangguan mental, kebutaan, gangguan sistem saraf dan juga bisa menyebabkan kematian.

Itulah gejala sipilis pada pria dan juga gejala sipilis pada wanita yang terjadi berdasarkan tahapan sipilis. Jika Anda memiliki gejala-gejala di atas segera periksakan diri ke dokter.
Klik chat