obat infeksi saluran kencing pada wanita

Infeksi saluran kencing merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi bakteri pada saluran kencing atau kemih seseorang. Penyakit ini sangat banyak ditemukan pada wanita, karena jarak saluran kencing wanita dengan anus sangat berdekatan, sehingga bakteri sangat mudah berpindah dan akhirnya menginfeksi saluran kencing. Untuk itu ada beberapa obat infeksi saluran kencing pada wanita untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sebelum mengetahui obat infeksi saluran kencing pada wanita, sebaiknya Anda mengetahui apa penyebab dan juga gejala dari penyakit tersebut. Berikut penjelasannya.

Penyebab

Penyebab dari infeksi saluran kencing yang umumnya dialami oleh wanita adalah karena adanya bakteri yang menginfeksi saluran kencing seseorang. Bakteri ini bisa masuk atau berpindah karena kebiasaan membersihkan area kelamin yang salah. Pada wanita misalnya, harusnya membersihkan area kelamin dari arah depan ke belakang atau dari vagina ke anus, bukan malah sebaliknya. Kebiasaan yang salah ini lah yang akhirnya membawa bakteri yang berasal dari anus menuju vagina.

Infeksi saluran kencing juga bisa disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui aktivitas seksual. Seringnya hal ini terjadi pada wanita, menjadi alasan mengapa wanita harus membuang air kecil setelah melakukan hubungan seksual. Selain itu penyebab lainnya karena kurangnya konsumsi air putih sehingga ginjal kehilangan cairan. Padahal cairan ini diperlukan untuk ginjal berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan juga akan membuat Anda jarang buang air kecil dan urin akan keluar lebih pekat. Cairan yang berkurang di ginjal juga akan merangsang bakteri untuk datang dan menyebabkan infeksi.

Gejala

Gejala yang akan dialami oleh penderita infeksi saluran kencing yaitu anyang-anyangan atau nyeri ketika buang air kecil, urine yang keluar lebih pekat bahkan disertai darah, urine yang dikeluarkan hanya sedikit-sedikit padahal sering mengalami keinginan untuk buang air kecil, urine mengeluarkan bau yang tidak sedap, sakit di perut bagian bawah, dan juga terjadi demam.

obat infeksi saluran kencing pada wanita

Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

1. Konsumsi Air Putih

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati infeksi saluran kencing adalah dengan konsumsi air putih. Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu pada dokter, berapa jumlah air putih yang harus Anda konsumsi setiap hari. Air putih ini bisa membantu membuang bakteri yang akan dikeluarkan lewat urine. Hindari minuman manis, ataupun yang mengandung kafein, karena malah akan memperparah infeksi saluran kencing. Hindari juga konsumsi alkohol.

2. Jus Cranberry

Obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi saluran kencing adalah dengan jus cranberry. Cranberry memang memiliki kandungan fruktosa dan juga monosaccharide yang baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa dalam cranberry juga diketahui dapat mengurangi gejala infeksi saluran kencing.

3. Vitamin C

Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk mengatasi infeksi saluran kencing. pada beberapa sayuran hijau, atau tomat, juga terdapat vitamin C yang baik untuk tubuh. Konsumsi vitamin C ini berguna untuk meningkatkan kadar asam pada urine dengan tujuan menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kencing.

Itulah beberapa obat infeksi saluran kencing pada wanita beserta dengan gejala, dan juga penyebab dari infeksi saluran kencing tersebut. Jika Anda ingin mencoba cara-cara di atas, sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, apakah cara tersebut baik untuk kondisi tubuh Anda.

Penanganan yang terlambat, dan tidak benar, malah akan membuat komplikasi dari infeksi saluran kencing tersebut, seperti misalnya bakteri akhirnya menjalar ke ginjal, dan menginfeksi ginjal. Segera periksakan diri Anda jika mengalami gejala di atas.