gejala herpesCukup banyak virus yang menyerang tubuh. Virus yang menyerang akan menyebabkan kekebalan dalam tubuh menurun. Virus juga membuat tubuh terserang penyakit, termasuk penyakit kelamin. Salah satu penyakit menular seksual yang cukup ditakuti adalah herpes genital, bagaimana gejala herpes.

Herpes genital merupakan penyakit kelamin yang dapat menyerang wanita maupun pria. Penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes Simplex Virus (HSV). HSV sendiri memiliki dua jenis yakni HSV 1 dan HSV 2. Virus ini akan menimbulkan beberapa gejala pada organ vital, dan kulit. Namun virus yang menyebabkan penyakit kelamin adalah virus HSV 2.

Virus ini menyerang melalui aktivitas hubungan seksual. Si penderita akan menularkan virus saat melakukan aktivitas seksual baik seks melalui vagina, oral seks, dan juga anal seks. Gejala yang muncul bisa berupa luka yang muncul disekitar vagina dan anus.

Namun banyak penderita herpes yang tidak menyadari gejala-gejala yang menyerangnya. Karena terkadang herpes tidak menimbulkan gejala apapun bagi penderitanya. Hampir 90 persen penderita herpes tidak menyadari bahwa dirinya sudah terserang virus HSV.

Virus ini juga lebih mudah menyerang wanita dibandingkan pria. Karena menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat HSV 2 lebih mudah menyerang vagina dibandingkan penis. Sehingga wanita akan rentan terserang herpes. Biasanya virus ini akan menimbulkan beberapa gejala herpes, seperti:

Rasa gatal pada vagina

Virus HSV akan menimbulkan gejala sekitar dua minggu setelah terdampak virus. Gejala awal yang biasa ditimbulkan adalah rasa gatal yang timbul disekitar vagina wanita. Meskipun tidak semua penderita herpes genital akan merasakan gejala semacam ini.

Kesemutan Di bagian Vagina atau penis bagi pria

Gejala berikutnya yang biasa menyerang organ vital dari virus herpes adalah adanya rasa kesemutan yang timbul disekitar vagina maupun penis. Kesemutan juga terkadang disertai dengan rasa terbakar pada anus maupun alat kelamin, serta akan muncul disekitar paha.

Keputihan Bagi wanita

Banyak wanita yang mendapatkan keputihan ketika mereka terserang herpes. Bahkan keputihan yang terjadi menimbulkan warna yang tidak normal. Warna keputihan yang normal adalah berwarna putih bening. Jika anda mendapatkan cairan keputihan dengan warna lain maka anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

Sakit Pada Bagian Punggung bawah

penyakit herpesPada beberapa wanita yang terjangkit virus HSV akan menimbulkan rasa sakit yang cukup parah dibagian panggul. Biasanya hal ini lebih sakit dibandingkan dengan rasa nyeri yang timbul saat ingin PMS. Sementara bagi pria, gejala ini akan menyebabkan bagian punggung bawah terasa menyakitkan.

Akan Timbul Beberapa Gejala

Gejala lain yang timbul pada penderita herpes adalah flu, sakit kepala, demam, rasa lelah, letih, dan nafsu makan berkurang. Jika hal ini terjadi maka sudah sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter agar anda bisa melakukan penanganan lebih lanjut.

Timbul Luka Melepuh

Pada beberapa orang akan menimbulkan luka yang melepuh dibeberapa bagian sekitar kelamin hingga ke dubur. Luka ini akan muncul selama beberapa hari dan akan pecah serta terbuka dibeberapa bagian.

Gejala herpes itu akan menghilang dengan sendirinya jika tidak anda obati. Namun hilang bukan berarti virus itu tidak akan kembali menjangkiti anda. Anda akan kembali terjangkit virus tersebut jika anda tidak melakukan pengobatan lebih lanjut untuk penanganan herpes yang menyerang tubuh anda.

Virus herpes juga bisa menyerang janin yang dikandung oleh ibu hamil. Bahkan yang lebih bahaya virus ini bisa membuat janin keguguran. Segeralah konsultasikan dengan dokter terkait jika anda menemukan beberapa gejala herpes seperti di atas. Anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk memeriksakan kondisi anda.