counter

cara mengobati anyang anyangan

Mengalami anyang-anyangan tentunya membuat keseharian menjadi tidak nyaman. Diperlukan cara mengobati anyang anyangan yang ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebelum mengetahui cara mengobati anyang anyangan, maka Anda harus mengetahui terlebih dulu penyebab dari kondisi tersebut.

Penyebab anyang-anyangan sendiri karena terjadinya infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri ini akan menginfeksi saluran kemih, dan akhirnya menyebabkan seseorang sering ingin buang air kecil, namun urine yang dikeluarkan hanya sedikit atau yang disebut dengan anyang-anyangan. Kondisi ini banyak sekali dialami oleh wanita, walaupun pria juga kemungkinan bisa mengalami kondisi ini.

Setelah mengetahui penyebab anyang-anyangan, berikut ini adalah beberapa cara mengobati anyang anyangan.

1. Air Putih

Cara terbaik untuk mengobati anyang-anyangan yaitu dengan perbanyak konsumsi air putih setiap harinya. Air putih ini nantinya akan membantu tubuh untuk membuang bakteri melalui urine yang akan dikeluarkan ketika buang air kecil. Hal ini akan membuat bakteri tidak bisa menginfeksi saluran kemih dan tidak bisa menyebabkan anyang-anyangan.

2. Cranberry

Jenis buah yang termasuk dalam kelompok berry ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa berguna untuk mengatasi kondisi anyang-anyangan. Anda bisa menggunakan buah ini dengan cara di jus, lalu tambahkan sedikit madu agar rasa asam pada jus tersebut bisa sedikit berkurang. Namun perhatikan, jika Anda memiliki keluhan penyakit maag atau asam lambung, maka sebaiknya konsultasikan cara ini terlebih dulu pada dokter terkait dengan kondisi Anda.
Klik chat

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat membantu Anda mengatasi gejala yang biasanya datang bersamaan dengan anyang-anyangan, misalnya rasa nyeri. Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat, lalu tambahkan sedikit gula. Namun sama seperti cranberry, pemakaian jeruk nipis juga harus didahului dengan konsultasi dokter pada penderita maag atau asam lambung.

4. Daun Kumis Kucing

Tanaman ini juga bisa membantu Anda dalam mengobati kondisi anyang-anyangan yang Anda rasakan. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengeringkan daun kumis kucing, lalu seduh daun yang sudah kering seperti teh, campurkan dengan gula jawa secukupnya. Lalu minum campuran tersebut sebanyak dua kali sehari. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencoba cara ini, untuk meyakinkan Anda.mengobati anyang anyangan

5. Jahe

Kandungan gingerol dalam jahe bisa berguna sebagai zat anti bakteri, yang berarti bisa membantu mengatasi anyang-anyangan yang memang penyebabnya adalah infeksi bakteri. Anda bisa menggunakan jahe dengan cara merebus jahe yang sudah dibakar sebelumnya agar aromanya keluar, lalu ketika sudah mendidih, Anda bisa menyaring air tersebut, lalu minum ketika dingin. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa agar lebih nikmat.

6. Cuka Sari Apel

Pada cuka sari apel terdapat zat yang bisa menyeimbangkan kadar asam di saluran kemih agar bakteri penyebab anyang-anyangan menghilang. Anda bisa menggunakan cuka sari apel untuk obat anyang-anyangan dengan cara mengonsumsi satu sendok cuka sari apel yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan madu. Konsumsi campuran ini tiga kali sehari.

Lakukan cara mengobati anyang anyangan di atas jika Anda mengalami kondisi anyang-anyangan yang tidak nyaman. Namun untuk lebih pastinya, konsultasikan dahulu penggunaan cara-cara di atas pada dokter. Anda juga harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada dokter, apa penyebab dari kondisi anyang-anyangan yang Anda alami. Dokter juga nantinya akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab dari kondisi Anda tersebut. Semoga bermanfaat.
Klik chat