obat penyakit herpes

Herpes adalah penyakit yang memiliki banyak jenis, namun yang paling sering terjadi yaitu herpes zoster, dan juga herpes simpleks. Herpes zoster merupakan herpes kulit, dan herpes simpleks bisa terjadi di bibir dan juga alat kelamin. Keduanya sama-sama membutuhkan obat penyakit herpes yang tepat. Umumnya obat penyakit herpes digunakan untuk mengurangi gejala yang muncul karena penyakit tersebut.

Namun sebelum mengetahui obat penyakit herpes, maka Anda harus mengetahui dengan betul apakah Anda terkena herpes atau tidak. Karena banyak masalah kulit selain herpes yang harus mendapatkan penanganan yang berbeda.

Herpes Zoster (Kulit)

Herpes ini disebabkan oleh virus HHV3 atau yang biasa disebut dengan virus varicella zoster. Herpes kulit ini akan menimbulkan gejala seperti munculnya ruam kulit yang akan terasa sakit dan lepuhan yang hanya muncul pada satu sisi tubuh.

Seseorang kemungkinan tidak akan mengalami herpes zoster tepat setelah virus menyerang tubuh untuk pertama kalinya. Karena virus ini ketika pertama kali terpapar, akan menyebabkan seseorang mengalami cacar air. Setelah cacar air sembuh, maka virus akan tetap berada di jaringan saraf yang berada dekat dengan sumsum tulang belakang dan otak, namun dalam keadaan tidak aktif.

Virus tersebut bisa aktif sewaktu-waktu dan akan melewati jalur saraf sampai ke kulit, dan menyebabkan terjadinya herpes zoster. Awal gejala yang akan dirasakan yaitu demam, sakit kepala, dan lemas selama beberapa hari. Kemudian akan muncul rasa sakit di bagian kulit tertentu karena virus yang kembali aktif dan menginfeksi jalur saraf tertentu.

Pada tahap berikutnya, penderita akan mengalami ruam di kulit yang terjadi dua sampai tiga hari setelah merasakan sakit. Dan ruam ini biasanya akan tetap ada sampai tiga minggu. Ruam ini tidak terasa gatal, dan seperti penyakit kulit biasanya. Pada saat ini, jika Anda merasakan gejala di atas, maka Anda bisa menggunakan obat penyakit herpes zoster yang biasanya berupa antivirus.

Beberapa hari setelah ruam muncul, kemudian akan terjadi lepuhan kecil yang berisi cairan, biasanya akan terasa sakit dan awalnya akan berwarna bening, kemudian perlahan menjadi keruh atau gelap. Lepuhan ini akan terjadi selama tujuh hingga sepuluh hari. Namun jika herpes zoster sudah menimbulkan gejala ini, maka obat antivirus tidak bisa lagi digunakan setelah 72 jam dari pertama kali lepuhan muncul.

obat penyakit herpes

Herpes Simpleks (Bibir dan Kelamin)

Herpes ini terjadi pada area bibir dan juga kelamin, dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 dan juga 2. Virus herpes simpleks tipe 1 adalah penyebab herpes di bibir (labialis), dan virus herpes simpleks tipe 2 adalah penyebab herpes di kelamin (genital). Herpes simpleks akan menimbulkan gejala seperti lecet di area mulut, kelamin, dan juga dubur.

Banyak penderita tidak mengalami gejala apapun selama beberapa bulan atau bahkan tahun setelah mereka terpapar virus. Beberapa penderita akan mengalami gejala 4 sampai 7 hari setelah terkena virus. Namun pada penderita yang tidak mengalami gejala primer, biasanya mengalami penyakit yang lebih parah.

Gejala utama yang bisa terjadi hingga 20 hari yaitu demam tinggi, lepuhan merah yang terasa sakit lalu muncul lecet, tubuh terasa pegal dan lemas, dan akan terasa nyeri ketika buang air kecil jika mengalami herpes genital, sedangkan pada wanita akan keluarnya cairan encer yang berbau busuk dari jalan lahir. Setelah terkena virus ini, maka akan ada kemungkinan infeksi kambuhan yang akan Anda alami.

Obat Penyakit Herpes

Obat yang diberikan pada penderita herpes umumnya hanya akan mengatasi gejala yang terjadi. Karena virus herpes tidak akan hilang jika sudah pernah terinfeksi, dan akan menetap di tubuh. Anda bisa melakukan vaksinasi untuk meminimalisir terkena herpes.

Jika Anda mengalami herpes, biasanya obat yang akan diberikan adalah jenis obat antivirus, dan juga obat pereda nyeri. Antivirus digunakan untuk memerangi virus penyebab herpes, dan obat pereda nyeri untuk mengatasi nyeri yang akan timbul karena penyakit herpes tersebut.