penyakit kelamin wanita

Penyakit kelamin wanita adalah infeksi yang terjadi pada organ kewanitaan, kebanyakan ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit kelamin wanita adalah masalah besar, sebagian bahkan rata-rata penyakit kelamin wanita selalu mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan, contohnya saja dari hal sepele, tidak rajin mengganti pembalut bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Penyebab umum dari penyakit kelamin pada wanita adalah kebersihan dan ketidakhati-hatian dalam memilih pasangan seksual.

Beberapa jenis penyakit kelamin pada wanita masih bisa diobati, tapi masih banyak penyakit kelamin pada wanita yang belum ada obatnya, sebut saja seperti HIV, Herpes simpleks, dan gonore sekarang sudah mulai susah diobati. Kebanyakan penyakit kelamin pada wanita tidak ada gejala yang menyebabkan tidak bisa dilakukan pengobatan atau pencegahan lebih awal.

Jenis Penyakit Kelamin Wanita

penyakit kelamin wanita

Berbagai jenis penyakit kelamin pada wanita yang ditularkan melalui virus, bakteri, jamur. Di artikel ini kami akan membahas berbagai jenis penyakit kelamin wanita, mulai yang disebabkan virus bahkan ada juga yang disebabkan oleh diturunkan ibu ke bayinya. berikut penjelasannya:

Vaginitis

Vaginitis merupakan infeksi atau peradangan pada vagina yang biasanya menghasilkan debit, gatal dan nyeri. Penyebabnya biasanya perubahan keseimbangan bakteri vagina, bisa juga vaginitis disebabkan oleh tingkat esterogen yang berkurang setelah menopause. Gejala-gejala yang timbul bagi penderita vaginitis adalah:

• Perubahan warna, bau atau jumlah cairan yang keluar dari vagina.
  • Vagina akan terasa gatal dan akan terjadi iritasi.
  • Merasakan nyeri saat berhubungan seksual.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Pendarahan pada vagina atau bercak merah.

Gonore

Gonore adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri menular seksual, biasa juga disebut kencing nanah. Pada wanita gonore dapat menginfeksi leher rahim. Gonore kebanyakan disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak sehat. Gejala-gejala gonore adalah:

• Peningkatan debit keputihan.
  • Merasakan nyeri saat buang air kecil.
  • Pendarahan pada vagina antara periode setelah melakukan hubungan seksual.
  • Perut akan terasa sakit.
  • Nyeri panggul.
  • Dubur akan terasa gatal, dan mengeluarkan nanah yang berasal dari rektum.

Kutu kelamin

Kutu kelamin dberukuran sangat kecil yang menetap pada rambut kemaluan, kutu kelamin dapat diobati dengan obat cair yang di gosokkan pada rambut kelamin, cara mencegahnya adalah dengan mencukur rambut kemaluan.

Sifilis

Sifilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini gejalanya diawali dengan sakit yang sangat menyakitkan dan biasanya rasa sakitnya terletak pada alat kelamin, saluran pencernaan. Sifilis menyebar dari orang ke orang bisa juga melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka. Adapun gejala sifilis itu tergantung dengan sifilis yang diderita, karena sifilis terbagi 4 macam ya itu sifilis primer,sekunder, laten,  tersier, dan kongenital.

• Sifilis primer gejalanya adalah dengan tumbuhnya chancre (luka kulit), sakitnya muncul di tempat pertamanya bakteri itu muncul.
  • Sifilis sekunder gejalanya adalah setelah penyembuhan chancre akan tumbuh ruam atau semacam bintik-bintik merah pada seluruh tubuh.
  • Sifilis laten, adalah tahap dimana sifilis sekunder tidak diobati lalu gejala akan hilang dan disebut sifilis laten.
  • Sifilis tersier adalah tahap akhir sifilis, apabila sifilis tidak di obati dan tidak diberikan perawatan, maka sifilis pada tahap ini akan terjadi komplikasi yang dapat merusak otak, saraf, mata, jantung, pembulu darah, hati, tulang dan sendi.
  • Sifilis kongenital biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir dari rahim wanita yang memilili sifilis, sifilis menginfeksi melalui plasenta.

Herpes Genitalis

Herpes genitalis adalah infeksi menular seksual umum yang mempengaruhi pria dan wanita. ciri herpes genital termasuk rasa sakit, gatal dan luka di daerah genital Anda. Tapi Anda mungkin tidak memiliki tanda-tanda atau gejala herpes genital. Jika terinfeksi, herpes bisa menular.

Gejalanya meliputi:

• Rasa sakit dan gatal pada vagina.
  • Benjolan merah kecil akan muncul pada bagian vagina.
  • Bisul yang terbentuk lalu pecah.
  • Koreng yang berbentuk seperti borok.

HIV AIDS

HIV AIDS kepanjangan dari Human Immunodeficiency Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency syndrome Penyakit HIV AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga penderita AIDS menjadi rentan terhadap berbagai infeksi.

Penyakit Flu bisa membuat penderita AIDS meninggal. Penyakit ini disebabkan oleh hubungan seksual yang sering, dengan pasangan yang berbeda-beda, pemakaian narkoba dengan menggunakan jarum suntik.

Dari penjelasan-penjelasan di atas masih banyak lagi jenis-jenis penyakit kelamin pada wanita, dan sebagian besar penyebabnya adalah kurangnya menerapkan gaya hidup sehat sehingga penyakit yang di infeksi melalui jamur, bakteri, virus dengan mudah menjangkiti para wanita.

Penyakit kelamin pria

Kebanyakan penyakit kelamin pria disebabkan oleh kuman, bakteri, jamur dan virus yang menginfeksi bagian genital pria, sehingga menumbuhkan berbagai jenis penyakit pada kelamin pria.

Banyak faktor yang menyebabkan penyakit kelamin pria yang paling utama adalah gaya hidup sehat yang tidak diterapkan dan selalu berganti-ganti pasangan seksual sehingga menjadi media penyebaran penyakit. Di artikel kali ini kami akan menjelaskan jenis penyakit-penyakit kelamin pada pria beserta penyebabnya.

Jenis Penyakit Kelamin Pria

Gonore

Gonore Merupakan Penyakit Hubungan Seksual (PHS) dengan insidensi yang tinggi. Masyarakat lebih mengenal penyakit kelamin pria atau wanita ini dengan sebutan kencing nanah. Penyebab Penyakit Gonore adalah Bakteri Neisseria Gonorrhe. Yang ditularkan melalui kontak fisik. Gejalanya meliputi:

• Merasakan sakit saat buang air kecil.
  • Air kencing bercampur nanah.
  • Sakit pada testis (jarang terjadi)
  • Keluarnya cairan yang tidak normal berwarna, hijau,kuning,putih pada vagina maupun penis.

Herpes Genitalis

Herpes Genitalis adalah penyakit menular seksual yang sebagian besarnya ditularkan melalui hubungan seksual. Kebanyakan orang yang telah terinfeksi The herpes simplex virus (HSV) mereka tidak menyadari telah terinfeksi karena HSV tidak memiliki tanda-tanda atau gejala karena tanda-tanda dan gejalanya sangat ringan. Berikut gejala-gejala herpes genitalis:

• Rasa sakit dan gatal yang dimulai dalam waktu 2 sampai 10 hari setelah tertular dari pasangan sex yang terinfeksi.
  • Benjolan merah kecil atau lecet putih kecil, yang terdapat di bagian genital.
  • Akan tumbuh Bisul.
  • Koreng yang tumbuh berbentuk seperti borok.

Infeksi Jamur Kelamin

Seperti namanya penyakit ini disebabkan oleh jamur yang tumbuh di bagian intim seseorang.

• Disebabkan oleh jamur;
  • Menyebabkan kegatalan dibawah kulit kulup
  • Akan keluar cairan putih dan kental.

Sifilis

Penyakit Kelamin PriaSifilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit ini gejalanya diawali dengan sakit yang sangat menyakitkan dan biasanya rasa sakitnya terletak pada alat kelamin, saluran pencernaan.

Sifilis menyebar dari pasien ke pasien bisa juga melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka. Gejala Sifilis berkembang secara bertahap (sifilis primer, sekunder, laten, teriser).

Gejala pada sifilis primer adalah tumbuhnya chancer tunggal yang kadang tidak diketahui oleh penderita, sifilis sekunder ditandai dengan tumbuhnya ruam pada bagian-bagian tertentu, sifilis laten tidak menunjukkan gejala, untuk mengetahuinya melalui tes darah.

Sekitar 15% sampai 30% orang yang terinfeksi sifilis yang tidak mendapatkan perawatan akan mengalami komplikasi yang dikenal sebagai tersier (akhir) sifilis. Pada tahap akhir, penyakit ini dapat merusak otak anda, saraf, mata, jantung, pembulu darah, hati,tulang dan sendi.

Kutil Kelamin

Penyakit Kelamin Pria

Kutil kelamin merupakan penyakit menular seksual yang paling umum dan disebabkan oleh virus Human Papillomavirus, kutil kelamin akan tumbuh pada jaringan lembab dibagian tubuh anda.

Untuk gejalanya adalah kutil dapat muncul pada ujung atau batang penis, skrotum atau anus. Kutil dapat berkembang di mulut atau tenggorokan dari orang yang telah memiliki kontak seksual (oral sex) dengan orang yang terinfeksi.

HIV AIDS

HIV AIDS adalah Human Immunodeficiency VirusAcquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome, virus ini menyerang sistem imun manusia, penyakit ini melumpuhkan sistem kekebalan tubuh, penyakit ini ditularkan tidak hanya dengan berhubungan seksual, bisa juga ditularkan melalui jarum suntik, melalui aliran darah (ciuman dengan orang yang HIV AIDS dan yang ditularkan sedang mengalami sariawan). Gejalanya seperti berikut:

• Otot akan terasa pegal.
  • Sakit tenggorokan.
  • Sakit kepala.
  • Suhu badan tinggi.
  • Nyeri sendi.
  • Kelenjar getah bening bengkak.