counter


keputihan abnormalPenyebab dari keputihan abnormal yaitu termasuk kuman, parasit dan jamur karena beberapa faktor sehingga bisa masuk ke vagina, Dan salah satu faktor yang menyebabkan itu adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti penggunaan pembersih vagina yang berbahan antiseptik, yang dapat membunuh bakteri yang ada di dalam vagina. karena di dalam vagina juga terdapat bakteri yang baik yang berfungsi menyeimbangkan keasaman vagina.

Kebanyakan orang terutama wanita itu tidak mengetahui mengenai keputihan, yang mana keputihan itu ada yang normal dan ada juga yang abnormal (tidak normal), jika anda mengalami keputihan yang normal maka itu akan hilang dengan sendirinya, jika anda mengalami keputihan yang tidak normal maka sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter. Disini kami akan menjelaskan mengenai keputihan abnormal, karena Keputihan yang tidak normal banyak jenisnya.

Keputihan Abnormal


keputihan abnormal

Keputihan yang berwarna cokelat dan bercampur darah

Keputihan jenis ini termasuk keputihan yang kategori bahaya, karena keputihannya berwana cokelat dan bercampur darah serta akan terasa nyeri pada panggul maka kemungkinan besar anda telah terinfeksi kanker serviks atau kanker endometrium di dalam tubuh anda.

Keputihan berwarna putih susu dan kental

Keputihan jenis ini kemungkinan besar disebabkan adanya infeksi jamur pada vagina, vagina akan bengkak dan ketika berhubungan seksual terasa nyeri.

Keputihan berwarna kehijauan dan berbau busuk

Jika keputihan keluar warna hijau dan mengeluarkan bau serta rasa gatal saat buang air kecil itu menandakan adanya infeksi trikomoniasis dalam tubuh anda, dan merupakan ciri-ciri keputihan  yang tidak normal yang perlu disembuhkan segera.

Keputihan berwarna kuning

Keputihan jenis ini bisa jadi terinfeksi gonorrhea atau kencing nanah, apalagi keputihan ini biasanya disertai pendarahan pada bagian vagina dan akan merasakan nyeri saat buang air kecil.

Klik chat

Pencegahan

keputihan abnormal

Keputihan yang tidak normal dapat dicegah dengan berbagai cara, adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Hindari penggunaan celana ketat karena dapat menyebabkan area kewanitaan anda lembab dan tempat yang  lembab merupakan tempat yang disenangi bakteri sehingga bakteri dapat berkembang biak, gunakanlah pakaian dalam yang berbahan lembut.
  • Kurangilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis dan jangan mengkonsumsi alkohol, karena alkohol dapat meningkatkan pertumbuhan jamur candida yang merupakan jamur penyebab keputihan.
  • Bawang putih, perbanyaklah mengkonsumsi bawang putih, karena bawang putih mempunyai kandungan anti jamur yang alami yang sangat berguna.
  • Rawatlah pakaian dalam anda, pastikan celana dalam anda dicuci dengan bersih dengan deterjen yang tepat dan sesuai. Karena jika penggunaan deterjen yang tidak sesuai dan cara mencuci tidak sesuai itu dapat menyisakan sabun di celana dalam dan dapat menyebabkan iritasi, karena vagina merupakan area yang paling sensitif bagi wanita.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi yogurt atau susu, karena itu mengandung bakteri Acidhopilus yang dapat menjaga keseimbangan bakteri, terutama keseimbangan bakteri pada vagina anda.
  • Saat anda terkena menstruasi maka sebaiknya anda rutin mengganti pembalut anda minimal 3 jam sekali, walaupun cairan menstruasi anda tidak banyak, jangan sampai menunggu pembalut penuh, karena dapat terjadi penumpukan bakteri di vagina anda.

Jika anda mengalami ciri-ciri keputihan abnormal seperti yang diterangkan di atas, sebaiknya anda segera Memeriksakan diri ke dokter, atau anda juga dapat berkunjung Klinik Utama Gracia karena di klinik kami terdapat dokter yang professional dan di dukung peralatan medis yang modern, atau bisa juga anda menghubungi konsultan kesehatan kami dengan klik tombol dibawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save