obat infeksi saluran kemih

Obat infeksi saluran kemih sangat perlu diketahui bagi anda yang mengalami infeksi saluran kemih, berikut di dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai obat infeksi saluran kemih. Sedangkan definisi infeksi saluran kemih sendiri adalah infeksi yang melibatkan ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra. Ini adalah struktur atau jalannya urin sebelum dikeluarkan dari tubuh.

Wanita lebih beresiko terkena infeksi saluran kemih (ISK) disbanding pria dikarenakan wanita memiliki uretra lebih pendek dibanding pria, sehingga memudahkan bakteri dengan cepat masuk ke kandung kemih, yang menyebabkan ISK salah satunya adalah seks bebas dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya. Baiklah kami akan memaparkan bagaimana cara penanganan ISK.

Artikel Terkait : Gejala Infeksi Saluran Kemih

Obat Infeksi Saluran Kemih

Sebelum menjelaskan mengenai pengobatan ISK dokter akan melakukan diagnosa dan juga Dokter akan melakukan Beberapa tes dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosa ISK, meliputi:

obat infeksi saluran kemih pada wanita

• Menganalisis sampel urin, dokter akan meminta anda untuk tes urin untuk dianalisis ke bagian laboratorium untuk mencari sel-sel darah putih, sel darah merah atau bakteri. Untuk menghindari kontaminasi pada sampel, anda akan diminta dokter untuk membersihkan area genital anda dengan pad antiseptik untuk mengambil urin.

obat infeksi saluran kemih bateri

• Menganalisis bakteri di laboratorium, analisis laboratorium kadang diikuti dengan kondisi urin, tes ini dokter akan mengetahui bakteri apa yang menyebabkan infeksi dan dokter akan menentukan obat apa yang diperlukan.

obat infeksi saluran kemih soundultra

• Pengambilan Gambar pada saluran kemih, jika anda mengalami infeksi dokter sering berfikir bahawa infeksi disebabkan oleh kelainan pada saluran kemih anda, dokter akan melakukan ultrasound, computerized tomography (CT) scan atau magnetic resonance imaging (MRI), dokter akan menggunakan pewarna kontras untuk menyoroti struktur saluran kemih anda.

obat infeksi saluran kemih cystoscope

• Menggunakan cystoscopy, jika anda memiliki ISK yang kondisinya sering kambuh, dokter akan memasukkan cystoscopy, menggunakan tabung yang panjang dan tipis disertai lensa (cystoscope), untuk melihat ke dalam uretra dan kandung kemih. Cystoscope dimasukkan ke dalam uretra anda melewati kandung kemih.

Untuk obat infeksi saluran kemih biasanya cukup dengan antibiotik. Ada beberapa yang diresepkan oleh dokter, tetapi tergantung dengan kondisi kesehatan anda dan jenis bakteri apa yang ditemukan di dalam urin anda. infeksi sederhana dokter akan merekomendasikan obat seperti berikut:

obat infeksi saluran kemih antibiotik

• Trimetoprim / sulfametoksazol (Bactrim, Septra).
  • Fosfomycin (Monurol).
  • Nitrofurantoin (Macrodantin, Macrobid).
  • Ciprofloxacin (Cipro).
  • Levofloxacin (Levaquin).
  • Sefaleksin (Keflex).
  • Ceftriaxone (Rocephin).
  • Azitromisin (Zithromax, Zmax).
  • Doxycycline (Monodox, Vibramycin).

Biasanya gejala akan hilang dalam beberapa kali pengobatan, tetapi anda perlu melanjutkan pengobatan menggunakan antibiotik selama seminggu atau lebih, anda harus menghabiskan seluruh antibiotik yang diresepkan dokter untuk anda.

Untuk ISK yang tidak ada komplikasi dokter akan menyarankan pengobatan khusus jangka pendek, seperti pemberian antibiotik selama satu sampai tiga hari, tetapi pengobatan jangka pendek ini hanya cukup untuk mengobati infeksi yang tergolong ringan dan juga tergantung dengan gejala-gejala ISK.

Dokter juga akan meresepkan obat analgesik untuk anda, yang berfungsi meringankan rasa terbakar saat buang air kecil, tetapi rasa sakit biasanya hilang setelah mengkonsumsi antibiotik. Setelah mengkonsumsi analgesik akan ada efek samping yang tergolong kategori normal, seperti urin akan berubah warna menjadi orange atau merah.

Jika anda sering mengalami ISK, dokter mungkin akan merekomendasikan pengobatan tertentu, seperti:

• Antibiotik dosis rendah, awalnya dikonsumsi selama enam bulan, terkadang lebih lama.
  • Self-diagnosis dan pengobatan, selalu kontrol kesehatan anda dengan dokter.
  • Meminum antibiotik setelah berhubungan seksual, jika infeksi anda terkait dengan aktivitas seksual.
  • Terapi esterogen pada vagina, jika anda mengalami pasca menomause.

Jika anda masih belum mengerti atau ada kendala dalam hal pengobatan, disarankan anda segera ke dokter spesialis, di Klinik Utama Gracia terdapat dokter-dokter yang menangani masalah andrologi, ginekologi dan penyakit menular seksual, anda dapat berkonsultasi bersama dokter kami, atau anda juga dapat menikmati layanan konsultasi medis online kami, anda akan dilayani oleh konsultan-konsultan medis kami secara online.