counter

jenis penyakit kelaminPenyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman, virus, bakteri yang tumbuh secara tidak normal. Penyakit kelamin  ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman, bahkan wanita hamil yang mempunyai penyakit pada kelamin dapat menularkan penyakitnya kepada bayi yang dilahirkan. Pada artikel ini kami akan menjelaskan mengenai jenis penyakit kelamin pada pria dan wanita.

Terdapat banyak jenis penyakit pada kelamin seperti sifilis, herpes, gonore, dll. Sebagian dari penyakit tersebut ada yang dapat disembuhkan ada juga pengobatannya sebatas meringankan gejala dan tidak dapat disembuhkan seperti herpes, HIV/AIDS, tentu sangat berbahaya dan dapat menghilangkan nyawa orang yang terinfeksi. Berikut akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis penyakit kelamin beserta, penyebab dan gejalanya.

Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria dan Wanita

Berikut adalah jenis penyakit kelamin yang umumnya terinfeksi pada pria dan wanita.

Herpes

jenis penyakit pada kelamin herpes

Herpes adalah penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh virus HSV, penyakit ini dapat menginfeksi pria dan wanita. herpes ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak sehat.

Gejala yang di timbulkan seperti rasa sakit dan gatal yang dimulai dua sampai tujuh hari setelah terinfeksi. Tidak ada pengobatan untuk jenis penyakit ini, tetapi dapat mengkonsumsi antibiotik untuk mengurangi gejala.

Gonore

jenis penyakit pada kelamin gonore

Gonore lebih dikenal dengan istilah kencing nanah, penyakit ini dapat menimpa pria dan wanita yang aktif secara seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, gejala yang ditimbulkan adalah keluarnya cairan dari kemaluan, ketika buang air kecil akan terasa sakit, penyakit ini jika tidak di obati mengakibatkan kemandulan. Dapat disembuhkan dengan antibiotik jika ditangani secara dini.

Sifilis

jenis penyakit pada kelamin sifilis

Sifilis adalah bakteri yang disebabkan oleh bakteri spiroset yang dapat menular melalui hubungan intim dan dapat ditularkan dari ibu ke janin selama kehamilan. Gejala sifilis adalah tumbuhnya ruam pada bagian yang terinfeksi. Sipilis dapat menimpa pada pria dan wanita.

Pada wanita lesi sifilis dapat tumbuh di dalam vagina sehingga tidak diketahui keberadaannya. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan penggunaan penisinil secara bertahap dan terus menerus.

Kutil Kelamin

jenis penyakit pada kelamin kutil kelamin

Kutil kelamin adalah PMS yang diakibatkan oleh virus papilloma, atau bisa disebut HPV, jenis HPV tertentu dapat menyebabkan kutil kelamin, virus ini menular melalui hubungan seksual.

Gejalanya adalah munculnya daging yang kecil pada bagian kemaluan pria dan wanita, dan dapat berkembang sehingga berbentuk seperti kembang kol. Kutil kelamin dapat diobati dengan salep dan jika parah pengobatan dilakukan dengan cara operasi.

Klik chat

Uretritis

jenis penyakit pada kelamin uretritis

Uretritis adalah peradangan pada uretra, peradangan ini dapat menimpa wanita maupun pria, tetapi dalam kasus ini wanita lebih sering terkena, dikarenakan sistem uretranya wanita pendek sehingga bakteri atau kuman dapat masuk dengan mudah sehingga dapat menginfeksi bagian-bagian dalam alat kelamin.

Gejala penyakit ni adalah seringnya buang air kecil, sulit mengeluarkan air kecil. Penyebabnya adalah hubungan seksual yang tidak sehat. Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi antibiotik yang diresepkan dokter.

Cystitis

jenis penyakit pada kelamin cystitis

Cystitis adalah peradangan pada kandung kemih, peradangan disebabkan oleh bakteri. Gejala dari cystitis adalah rasa yang terbakar saat buang air kecil, dan yang lebih parahnya ada darah di dalam urin. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh penggunaan kateter yang tidak steril, dapat juga terjadi karena reaksi obat-obatan tertentu.

Pengobatan yang belum termasuk parah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi antibiotik sesuai anjuran dokter selama 3 hari, tetapi jika cystitis disebabkan oleh komplikasi tertentu, maka diharuskan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Vaginitis

jenis penyakit pada kelamin vaginitis

Sesuai namanya vaginitis merupakan penyakit yang hanya ada pada wanita, vaginitis adalah peradangan pada vagina, gejala umumnya dalah keluarnya cairan yang berlebihan pada vagina, dan rasa nyeri disertai gatal pada vagina.

Penyakit ini disebabkan oleh vaginosis bakteri, infeksi ragi dan yang lebih parahnya adalah disebabkan oleh penyakit trikomoniasis. Sifat dari penyakit ini tidak menular namun bagi wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Balanitis

jenis penyakit pada kelamin balanitis

Balanitis merupakan peradangan yang terjadi pada kepala penis pria yang tidak sunat. Daerah ini biasanya ditutupi oleh kulit yang dinamai kulup. Penyakit ini juga hanya terjadi pada pria.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi ragi, atau infeksi dari penyakit lain seperti herpes simpleks. Gejalanya adalah kepala penis memerah, dan merasakan sakit pada kepala dan batang penis. Pengobatan tergantung pada penyebab penyakit, dapat dilakukan dengan menggunakan salep ataupun antibiotik.

Artikel Terkait : Penyakit sisterm reproduksi

Demikianlah artikel kami yang menjelaskan mengenai jenis penyakit pada kelamin pada pria dan wanita, dapat ditarik kesimpulan, rata-rata yang menyebabkan penyakit-penyakit di atas adalah hubungan seksual yang tidak sehat, dan kurangnnya dalam menjaga kebersihan alat genital.

Mulai dari sekarang agar memperbaiki kehidupan seksual anda, seperti penggunaan kondom ketika melakukan hubungan seksual terhadap orang yang baru dikenal, dan rawatlah alat kelamin anda dengan perawatan alami.

Jika anda mengalami penyakit-penyakit yang di atas sebaiknya anda segera ke dokter spesialis. Di Klinik Utama Gracia Terdapat dokter-dokter yang berpengalaman dan profesional serta di dukung dengan peralatan medis yang canggih dan modern, anda dapat konsultasi secara langsung dengan dokter-dokter kami, atau anda dapat konsultasi medis online dengan konsultan-konsultan online kami, dengan klik tombol di bawah ini.

Klik chat

Save

Save

Save