penyakit prostat kanker prostat

Penyakit prostat terdapat 3 jenis umum yang sering ditemui pria, yang pertama adalah peradangan prostat (prostatitis), yang kedua adalah Pembesaran non-kanker prostat, dan yang terakhir adalah kanker prostat. Di dalam artikel kali ini kami akan menjabarkan ketiga penyakit itu.

Prostat adalah kelenjar seukuran buah kenari yang terletak antara kandung kemih dan penis. Tabung tipis (uretra) yang memungkinkan urin dan air mani untuk keluar dari penis berjalan melalui kelenjar prostat, cairan alkali yang dihasilkan oleh kelenjar prostat membantu menyehatkan sperma dan uretra akan menjadi perantara untuk ejakulasi.

Prostat mengalami dua ledakan pertumbuhan, yang pertama adalah saat hormone seks yang dibuat oleh testis selama masa pubertas, sehingga menjadikan prostat berat yang mencapai rata-rata 20 gram. Yang kedua terjadi ketika umur seseorang menjapai kepala empat. (better health)

Jenis Penyakit Prostat

Beberapa jenis penyakit yang terdapat di dalam prostat akan di jabarkan satu persatu, seperti berikut ini:

Prostatitis

penyakit prostat kanker prostat prostatitis

Prostatitis adalah pembengkakan atau peradangan prostat. Jenis utama prostatitis adalah:

• Prostatitis bakteri (akut atau kronis)
  • Prostatitis non-bakteri, juga dikenal sebagai sindrom nyeri panggul kronis (PSKK)

Dalam kebanyakan kasus, penyebab peradangan ini tidak diketahui. Namun, prostatitis dapat disebabkan oleh bakteri, bakteri prostatitis dapat merespon dengan baik obat anti-bakteri yang konsentrasi dalam prostat. PSKK lebih sulit untuk di sembuhkan, ini adalah bentuk umum dari prostatis dan gejalanya bervariasi dari satu orang ke orang lain. Tidak ada tes untuk mendiagnosa PSKK.

Kemungkinan penyebab PSKK meliputi:

• Infeksi prostatitis bakteri yang terakhir.
  • Iritasi dari bahan kimia.
  • Masalah dengan saraf yang menghubungkan saluran kemih bawah.
  • Masalah dengan otot dasar panggul.
  • Pelecehan seksual.
  • Masalah kecemasan kronis.

Pembesaran Non-kanker Prostat (BPH)

penyakit prostat kanker prostat bph

Pembesaran non-kanker prostat atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH), lebih umum terjadi pada orang tua. Obstruksi disebabkan ketika leher kandung kemih dan prostat uretra gagal membuka dengan benar kontrak kandung kemih saat buang air kecil.

Penghalang biasanya muncul sebagai gejala saluran kemih bagian bawah yang kadang-kadang mengakibatkan urin tertinggal di kandung kemih, yang seharusnya keluar dari kandung kemih. ketika ini terjadi, itu disebut retensi urin akut.

Hal ini sangat menyakitkan dan biasanya untuk menghilangkan rasa sakit ketika buang air kecil dokter akan memasangkan tabung kecil (kateter) untuk membantu melepaskan urin keluar dari tubuh.

Retensi akut kurang umum terjadinya, namun keadaan seperti ini dapat berbahaya, akan terasa menyakitkan ketika urin berada di kandung kemih, retensi urin kronis dikaitkan dengan keadaan dimana tekanan yang ada di dalam kandung kemih tinggi, sehingga dapat merusak fungsi ginjal.

Kanker Prostat

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat. Penyakit ini biasanya tumbuh berlahan dan terbatas pada kelenjar prostat, dan hal itu menjadi serius, sementara beberapa jenis penyakit ini tumbuhnya lambat dan kecil kemungkinan untuk berkembang. Tetapi ada jenis lain yang lebih agresif yang dapat menyebar dengan sangat cepat.

Pada tahap awal kanker prostat tidak ada gejala atau tanda-tandanya, tetapi jika kanker  yang agresif akan mempunyai tanda dan gejala seperti berikut:

penyakit prostat kanker prostat

• Kesulitan buang air kecil.
  • Penurunan kekuatan dalam urin.
  • Darah di dalam air mani.
  • Akan terasa tidak nyaman di daerah panggul.
  • Nyeri tulang.
  • Disfungsi ereksi.

Yang menyebabkan kanker prostat belum diketahui secara pastinya. Dokter menganalisa bahwa penyakit ini berkembang saat beberapa sel dalam prostat anda menjadi abnormal.

Mutase pada DNA sel yang abnormal menyebabkan sel-sel tumbuh dan membelah lebih cepat dari sel normal. Sel-sel yang abnormal terus hidup, ketika sel-sel lain akan mati. Sel-sel yang abnormal terakumulasi membentuk tumor yang dapat tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya. Beberapa sel abnormal dapat pecah dan menyebar kebagian lain dari tubuh.