counter

ciri ciri kutil kelamin

Penyakit menular seksual yang kerap terjadi pada pria maupun wanita, salah satunya adalah kutil kelamin. Penyakit ini bisa muncul karena adanya infeksi virus bernama human papillomavirus atau HPV. Ada beberapa ciri ciri kutil kelamin yang harus diwaspadai keberadaannya, agar bisa cepat segera ditangani.

Penyakit kutil kelamin bisa dengan mudah menular ketika melakukan hubungan seksual. Walaupun penyebab utamanya adalah virus, namun ada faktor-faktor lain yang membuat seseorang bisa terinfeksi penyakit ini, seperti melakukan seksual tanpa pengaman dengan berganti-ganti pasangan seks, dan juga karena sudah aktif secara seksual semenjak usia yang masih sangat muda.

Bila ciri ciri kutil kelamin di bawah ini Anda alami, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Selain itu, bagi penderita wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear, untuk mendeteksi kemungkinan virus HPV yang menyebabkan kanker serviks.

1. Muncul Benjolan

Benjolan yang muncul pada kelamin bisa saja merupakan jerawat, bisul ataupun kutil. Namun benjolan pada kutil kelamin biasanya kecil namun berkelompok, sehingga terlihat besar. Bentuk benjolan ini pun seperti kembang kol, ada pula yang mengalaminya seperti jengger ayam. Warna benjolan yang muncul pada kutil kelamin akan terlihat kemerahan.
Klik chat

2. Benjolan Berisi Daging

Bila benjolan merupakan jerawat ataupun bisul, maka isi benjolan tersebut adalah berupa cairan seperti nanah atau air. Namun jika benjolan ini adalah kutil, maka benjolan akan berisi daging tumbuh.

3. Mengalami Pendarahan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa isi benjolan akan berupa daging tumbuh. Hal inilah yang membuat terjadinya pendarahan ketika kutil bergesekan saat memakai celana ataupun saat melakukan hubungan seksual. Apalagi bila kutil yang tumbuh ini besar dan berjumlah tidak sedikit. Sebaiknya hindari berhubungan seksual saat mengalami kutil kelamin, karena bila kutil mulai mengalami pendarahan, maka infeksi bisa menyebar bahkan semakin menular.

ciri ciri kutil kelamin

4. Bengkak Dan Gatal

Ciri ciri kutil kelamin berikutnya adalah, benjolan kutil kelamin yang tumbuh umumnya akan disertai bengkak di area sekitarnya. Akan terjadi perbedaan warna pada area yang bengkak dibandingkan warna kulit area sekitarnya yang tidak bengkak. Selain bengkak, penderita kutil kelamin juga akan merasakan gatal di area genital yang akan menimbulkan ketidaknyamanan, dan keinginan untuk menggaruk. Namun jangan sekali-kali menggaruk kutil atau area yang bengkak, karena akan menyebabkan iritasi ataupun infeksi yang berpindah ke area lainnya.

5. Lokasi

Ciri ciri kutil kelamin yang terakhir adalah lokasi kutil kelamin. Lokasi dari pertumbuhan kutil kelamin ini bisa berada di permukaan ataupun di dalam area genital. Pada pria, kutil akan muncul di area batang atau ujung penis, skrotum, selangkangan, paha atas, sekitar atau bagian dalam anus, dan bagian dalam saluran uretra. Sementara pada wanita, kutil kelamin bisa muncul di vulva, anus, area antara kelamin dan anus, leher rahim, dan paha atas. Pada pria, umumnya pertumbuhan kutil kelamin ini lebih mudah dilihat dibanding wanita.

Itulah kelima ciri ciri kutil kelamin yang harus Anda ketahui agar lebih waspada pada penyakit menular seksual ini. Kutil kelamin memang menjadi tanda bahwa Anda terpapar virus, namun ini bukan berarti virus tersebut baru saja menyerang Anda. Karena virus HPV kadang menginfeksi tubuh tanpa gejala selama berbulan-bulan. Jadi mungkin saja Anda sudah terpapar virus ini lama, dan baru kali ini gejala muncul dan menimbulkan kutil kelamin.

Konsultasikan kondisi yang Anda alami pada staf medis Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang telah tersedia.
Klik chat