counter

ciri ciri menstruasi

Setiap bulan, para wanita akan mengalami menstruasi yang biasanya terjadi selama 3 sampai 5 hari. Proses menstruasi ini memang merupakan kondisi alami tubuh. Namun banyak wanita mengeluhkan kondisi tidak nyaman ketika akan mengalami menstruasi. Itulah kenapa wanita sebenarnya bisa mengetahui kapan datangnya menstruasi dengan memperhatikan ciri ciri menstruasi.

Ciri ciri menstruasi memang akan mudah diketahui jika wanita sudah sering mengalami berbagai hal tersebut. Namun berbeda pada remaja perempuan yang baru saja memasuki masa pubertas, dan ciri ciri menstruasi yang terjadi masih terbilang baru ia rasakan.

Menstruasi akan melibatkan hormon yang menyebar di aliran darah dan juga organ reproduksi wanita. Hal tersebut lah yang membuat tubuh bisa merasakan adanya ciri ciri menstruasi. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan.

Ciri Ciri Menstruasi

Fisik

Ketika memasuki 10 hari sebelum terjadinya menstruasi, umumnya wanita akan mengalami adanya gejala fisik tertentu. Gejala fisik yang biasanya akan dialami oleh wanita yaitu seperti merasakan perut kembung, mual, kram di perut, sembelit, jerawat, terasa nyeri di payudara, nyeri sendi, dan juga nyeri di punggung dan pinggang. Selain itu, ada juga beberapa wanita yang mengalami bengkak di beberapa bagian tubuhnya, seperti tangan ataupun kaki.

Emosional

Ciri-ciri yang akan dialami wanita ketika akan menstruasi yaitu adanya perubahan pada suasana hatinya. Perubahan emosional ini misalnya seperti menjadi lebih sensitif, mudah marah, cemas, mudah tersinggung, dan cenderung merasa sedih. Selain itu, wanita akan merasakan tidurnya terganggu dan fisik menjadi lebih mudah lelah.

Keputihan

Wanita kadang mengalami keluarnya cairan lendir yang berwarna putih dari area organ kewanitaan yang dinamakan keputihan. Ketika akan memasuki masa menstruasi, keputihan akan berubah menjadi kecoklatan yang terjadi karena tercampurnya keputihan dengan darah.

Siklus Menstruasi Yang Normal

ciri ciri menstruasi

Siklus menstruasi yang dialami wanita umumnya berbeda-beda. Di usia 25 sampai 35 tahun, biasanya siklus akan terjadi antara 25 sampai 28 hari. Namun ada juga yang mengalami siklus yang lebih pendek dari 21 hari atau malah lebih panjang dari 35 hari. Jika masih dalam waktu 21 sampai dengan 35 hari dengan variasi yang normal sampai 3 hari di setiap siklus, maka masih dikatakan siklus menstruasi Anda normal.

Umumnya darah yang keluar di setiap siklus menstruasi normal adalah sekitar 20 sampai 60 cc. Hal ini bisa Anda lihat berdasarkan penggunaan pembalut ketika Anda menstruasi. Daya tampung pembalut wanita umumnya memiliki daya tampung mulai dari 6 cc untuk pembalut kecil, 9 cc untuk pembalut reguler dan 15 hingga 20 cc untuk pembalut besar. Maka siklus menstruasi Anda dikatakan normal, jika dalam satu siklus menstruasi, Anda menghabiskan 3-7 pembalut secara penuh.

Durasi menstruasi yang terbilang normal adalah 3 sampai 7 hari. Selain itu darah yang keluar saat menstruasi tidak akan berbau amis. Bau darah menstruasi memang khas, namun tidak berbau busuk. Darah yang keluar berupa gumpalan juga dikatakan normal. Namun Anda perlu waspada jika darah yang keluar terlalu berlebihan volumenya.

Selain itu, bila terjadi nyeri ketika haid juga masih dikatakan normal. Nyeri ini terjadi ketika ada luka di endometrium. Namun nyeri terbilang normal jika hanya terjadi 1 sampai 2 hari pertama menstruasi atau akan menstruasi. Jika nyeri yang dirasakan sepanjang menstruasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait hal tersebut. Karena bisa saja ada gangguan menstruasi yang Anda alami, atau malah menandakan adanya kondisi medis tertentu dalam tubuh Anda.
Klik chat