penyakit kulit herpes

Pernahkan Anda mendengar mengenai penyakit kulit herpes?, atau mungkin Anda pernah mengalami sendiri penyakit herpes tersebut?. Penyakit herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit entah itu kulit tubuh, kulit pada kelamin, atau bahkan bisa saja terjadi pada mulut.

Penyakit herpes disebabkan oleh virus herpes yang menyerang manusia khususnya pada bagian kulit, virus ini juga dikenal dengan sebutan Human Herpes Virus (HHV). Virus ini memiliki berbagai macam jenis yang berbeda-beda serta menyerang bagian tubuh yang berbeda pula, tergantung jenis virus yang menjangkiti.

Seseorang yang terjangkit virus herpes ini biasanya mengalami kondisi dimana virus tidak aktif kembali dan tidak menular kepada orang lain. Namun, jika timbul kembali, virus ini akan menular kepada orang sekitarnya.

Penyakit ini menular dengan cara bersentuhan secara langsung kepada si penderita, seperti bersentuhan tangan, berciuman, berpelukan, menggunakan barang secara bersama-sama seperti peralatan makan, ponsel atau telepon genggam, gelas dan handuk.

Terdapat beberapa jenis herpes yang terjadi pada kulit, namun yang sering terjadi yaitu Herpes Zooster dan Herpes Genitalis.

Herpes Zooster

Herpes zooster merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi, penyebabnya adalah virus Varicella Zooster. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini sama dengan gejala cacar air, dimana terdapat lepuhan yang berupa gelembung berwarna merah kecokelatan yang terdapat pada kulit. Biasanya menjangkiti bagian sekitar perut.

Herpes Genitalis

Herpes jenis ini merupakan herpes simpleks yang terjadi disebabkan karena hubungan seksual yang tidak sehat dan tidak wajar. Herpes ini merupakan salah satu jenis herpes yang sulit untuk disembuhkan dan dapat mengalami kambuhan sewaktu-waktu, bahkan bisa mengalami infeksi lagi walaupun penderita sudah dinyatakan sembuh. Herpes genitalis biasanya menyerang organ vital tubuh dan sekitarnya.

Terdapat dua cara untuk mengobati penyakit kulit herpes ini yaitu menggunakan obat-obatan medis dan menggunakan obat-obatan tradisional.

Jika menggunakan obat-obatan medis, biasanya dokter akan memberikan paracetamol, desiklovir, famciclovir dan obat-obatan medis lainnya yang bertujuan untuk mengurangi dan meredakan rasa nyeri yang sering kali muncul. Namun, jika penyakit herpes yang diderita cukup parah, secepatnya Anda bawa si penderita ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Selain obat-obatan medis yang biasanya diberikan oleh dokter, ternyata ada juga obat-obatan tradisional yang dapat kita buat sendiri di rumah.

Berikut ini adalah obat alami untuk mengobati penyakit kulit herpes:

Jintan Hitam

herpesJintan hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Habbatussauda, merupakan salah satu obat alami untuk mengobati penyakit herpes. Cara untuk membuatnya adalah dengan menyiapkan bahan-bahan seperti temu putih, brotowali, daun sambiloto, umbi bidara upas, dan satu sendok jintan hitam.

Rebuslah bahan-bahan tersebut dengan menggunakan satu liter air hingga yang tersisa adalah dua gelas saja, lalu minumlah ramuan tersebut secara teratur.

Waru Landak

Waru landak merupakan tanaman yang dikenal dengan khasiat dan manfaat yang sangat baik dalam membantu mengobati berbagai macam penyakit kulit, salah satunya adalah penyakit herpes. Cara membuat obat herpes kulit dengan menggunakan waru landak adalah dengan cara mengambil 10 lembar daun waru landak, setelah itu ditumbuk sampai halus, kemudian oleskan pada kulit yang mengalami herpes, setelah itu tutup menggunakan kain kasa agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Lakukan cara ini sampai herpes mengering.

Kacang Gude

Cara untuk menjadikan Kacang Gude menjadi obat herpes adalah dengan cara menggiling daun kacang gude sampai halus lalu dioleskan pada kulit yang mengalami herpes, setelah itu ditutup menggunakan kain kasa untuk hasil yang lebih maksimal.

Teh Hijau

Di dalam teh hijau terdapat kandungan yang sangat baik untuk tubuh juga bagi penderita penyakit herpes. Cara menggunakan teh hijau ini yaitu dengan cara mencelupkan teh ke dalam air hangat setelah itu kompres bagian yang terkena penyakit herpes.

Daun Dewa Merah

Karena kandungan akrobiotik alami yang terdapat didalamnya, daun dewa merah sangat baik untuk membantu mengobati penyakit ini. Cara yang digunakan yaitu menumbuk daun dewa merah secukupnya sampai halus setelah itu dioleskan pada bagian kulit yang terkena herpes.

Daun Binahong

Daun Binahong sudah sangat terkenal sebagai tanaman obat dan sudah sangat sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Ini disebabkan Daun Binahong mempunyai kandungan antibiotik alami yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi luka ringan. Cara untuk mengobati penyakit herpes dengan menggunakan daun ini adalah dengan cara menumbuk halus daun tersebut kemudian dioleskan pada kulit yang mengalami herpes.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai penyakit kulit herpes serta bagaimana cara mengobati seseorang yang terkena penyakit ini dengan menggunakan obat-obatan alami tanpa efek samping. Jika Anda ingin mengetahui lebih mendalam mengenai penyakit ini silahkan Anda berkonsultasi online dengan dokter kami dengan cara mengklik tombol konsultasi di bawah ini.