anyang anyangan yang selalu terjadi pada wanitaAnyang anyangan merupakan penyakit yang pada umumnya di derita oleh wanita. penyakit ini merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan meningginya rasa ingin buang air kecil, dan yang lebih parahnya, ketika buang air kecil akan terasa sakit. Penyakit ini berhubungan dengan kebersihan area intim seseorang yang kurang dijaga. Di dalam artikel kami kali ini akan membahas mengenai penyebab anyang anyangan.

Penyebab anyang anyangan perlu diketahui secara jelas karena dengan mengetahui penyebabnya, maka anda dapat menghindari penyakit ini. Anyang anyangan juga dapat menginfeksi pada pria, namun kasus ini jarang terjadi. Secara umum penyakit anyang anyangan ini menginfeksi pria dan wanita yang tidak menjaga kebersihan organ intimnya. Anyang anyangan biasanya dikaitkan dengan penyakit infeksi saluran kemih, atau gangguan pada fungsi ginjal.

Anyang anyangan biasanya ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa ketika buang air kecil. Debit air urin yang keluar sedikit namun terdapat rasa ingin buang air kecil terus menerus. Terkadang penyakit seperti ini dianggap sepele oleh sebagian orang, namun sebenarnya penyakit ini berbahaya jika dibiarkan, karena dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius dan susah untuk diobati.

Penyebab Anyang anyangan

penyebab anyang anyangan

Bakteri merupakan penyebab umum terjadinya anyang anyangan, bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih dapat mengganggu fungsi dari saluran kemih itu sendiri. Penyakit ini banyak di derita kaum hawa dikarenakan jarak antara anus dan organ intim wanita sangat pendek, sehingga bakteri dengan mudah masuk ke saluran kemih wanita, beda dengan sistem anatomi pria, sehingga penyakit ini jarang terjadi pada pria. Berikut akan di jelaskan mengenai faktor penyebab anyang anyangan.

• Gangguan Prostat

Gangguan prostat dapat mengakibatkan buang air kecil secara terus menerus, dan penyakit ini hanya dialami oleh pria saja.

• Gula Darah Tinggi

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi seseorang terkena anyang anyangan, karena seseorang dengan gula darah tinggi, akan merasakan haus dan kurang cairan, sehingga ingin minum yang banyak dan menyebabkan sering buang air kecil.

• Menopause

Wanita yang telah mengalami masa menopause sangat mudah terkena anyang anyangan, karena pada wanita menopause kadar hormon estrogen menurun, sehingga mempunyai kemungkinan lebih besar terkena infeksi saluran kencing.

• Dehidrasi

Dehidrasi atau bahasa umumnya adalah kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Keadaan seperti ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya anda minum yang banyak sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

• Bakteri

Seperti dijelaskan diatas bakteri merupakan penyebab umum terjadi sering buang air kecil, bakteri yang sering menginfeksi saluran kemih adalah E. coli. Bakteri ini sebagian besar berasal dari anus, yang masuk ke saluran kemih dikarenakan terlalu dekatnya jarak anus dan vagina. Dan pada sebagian wanita kurang memahami cara membasuh vagina yang benar itu bagaimana. Caranya adalah dari depan (vagina) ke belakang (anus).

• Bakteri Chlamydia

Bukan hanya bakteri E. coli namun bakteri chlamydia juga dapat masuk ke sistem kemih, sehingga menyebabkan infeksi dan peradangan yang menyebabkan anyang anyangan.

• Kurangnya Menjaga Kebersihan

Dengan menjaga kebersihan organ intim dengan baik, dapat terhindari dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Jika anda kurang menjaga kebersihan maka bakteri akan bisa mudah berkembang dan menjadi suatu masalah bagi organ reproduksi anda.

• Hamil

Saat kehamilan masuk pada waktu yang terakhir atau trimester akhir, wanita akan sering mengalami sering buang air kecil dan hal tersebut terbilang normal, karena kandungan yang semakin membesar menyebabkan kandung kemih tertekan dan menyebabkan ibu hamil akan mengalami sensasi untuk buang air kecil terus menerus.

• Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal juga erat kaitannya dengan anyang-anyangan, karena batu ginjal akan menyumbat jalannya air urin untuk keluar dari tubuh. Sehingga air urin akan keluar dengan sedikit, dan anda akan kesulitan dalam hal mengosongkan kandung kemih yang menyebabkan muncullah rasa ingin buang air kecil terus menerus.

Untuk mengetahui cara menghilangkan anyang anyangan anda dapat klik artikel kami disini.

Jika anda mengalami penyakit anyang anyangan, sebaiknya segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan, agar dapat ditentukan obat yang sesuai untuk proses penyembuhan. Datanglah Ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pengobatan, di klinik kami melayani keluhan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Kelamin.

Segera hubungi konsultan-konsultan medis online kami dengan Klik Banner Chat Online di bawah ini.