penyebab penyakit prostat

Penyebab penyakit Prostat ada beberapa faktor contoh yang umum adalah kanker prostat, kanker prostat banyak dialami oleh kaum pria. Penyakit prostat adalah jenis penyakit yang terjadi pada reproduksi pria yang menyerang pada bagian saluran kemih. contoh penyebab penyakit prostat lainnya adalah BPH (benign prostatic hyperplasia), penyakit ini umumnya terjadi pada orang tua.

Gejala yang dirasakan ketika mengalami penyakit prostat salah satunya adalah seringnya buang air kecil pada malam hari. Di dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab penyakit pada prostat, dengan tujuan agar anda  mengetahui dan dapat melakukan pencegahan lebih awal jika anda mengalami penyaki prostat.

Penyebab Penyakit Prostat

Berikut macam-macam penyebab penyakit prostat yang wajib anda ketahui.

penyebab penyakit prostatMakanan Yang Tidak Sehat

Makanan yang tidak sehat contohnya makanan yang mengandung lemak tinggi (lemak jahat), seperti makanan cepat saji, jenis makanan seperti ini lah yang dapat memicu munculnya penyakit prostat. Maka dari itu anda supaya bisa mengatur pola makan dan makan makanan yang sehat, yang tercukupi kandungan nutrisi bagi tubuh.

Tidak Melakukan Olahraga

Penyebab ini biasanya terjadi bagi orang yang sibuk bekerja, sehingga kesempatan untuk olahraga sangat sulit dilakukan. Bagi anda yang jarang bahkan tidak pernah olahraga, sebaiknya kebiasaan itu segera dirubah, karena dengan jarangnya anda berolahraga maka penyakit prostat akan sangat mudah menyerang anda. lakukanlah olahraga minimal 1 kali dalam seminggu, olahraga yang ringan, seperti jogging atau jalan cepat.

Faktor Obesitas (Berlebihnya Berat Badan Ideal)

Obesitas biasanya terjadi karena pola makan anda kurang teratur dan terlalu banyak dalam mengkonsumsi makanan. Faktor obesitas juga dapat memicu munculnya penyakit prostat. Biasakanlah makan dengan porsi yang tidak berlebihan sehingga berat badan anda ideal.

Faktor Keturunan

Penyebab penyakit pada prostat dapat juga dipicu oleh adanya faktor keturunan, faktor keturunan adalah faktor yang disebabkan olah salah saatu anggota keluarga anda pernah terjangkit penyakit prostat, biasa disebut dengan faktor genetik. Faktor genetic biasanya sulit dicegah, maka dari itu, sebaiknya anda selalu menerapkan hidup sehat dan rutin mengkontrol kesehatan tubuh anda.

Merokok

Sekarang merokok adalah gaya hidup, padahal kandungan di dalam rokok banyak yang merugi kesehatan. Merokok dapat memicu terjadinya kanker, bagi anda yang merokok sebaiknya anda berhenti merokok, karena sangat berpotensi jelek bagi kesehatan tubuh anda.

Faktor Usia

Faktor usia berpengaruh terjadinya penyakit prostat, seperti BPH, pembesaran non-kanker prostat biasanya terjadi pada orang tua, penyakit ini disebabkan ketika leher kandung kemih dan prostat gagal membuka dengan benar kontrak kandung kemih.

Masih banyak lagi faktor penyebab penyakit pada prostat, seperti mengkonsumsi narkoba dan minum minuman yang mengandung alkohol. Sebagian besar penyebab penyakit pada prostat adalah gaya hidup yang tidak sehat, maka dari itu mulai dari sekarang lakukanlah program gaya hidup sehat sehingga anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat membahayakan hidup anda.