testis besar sebelah

Testis besar sebelah merupakan sesuatu yang umum terjadi pada pria. Namun testis besar sebelah membuat sebagian pria merasa takut dan cemas akan adanya penyakit yang bersarang pada testisnya. Testis besar sebelah penyebabnya berbagai macam ada yang tergolong ringan dan ada juga yang tergolong berat.

Testis merupakan bagian dari organ laki-laki yang berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormone testosteron, testis dilindungi oleh skrotum, terdapat 2 buah testis yang beratnya 25 gram, suhu testi lebih rendah dari pada suhu tubuh.

Apabila terdapat hal yang mencurigakan pada testis, normal bagi lagi-laki merasakan takut tidak dapat membuahi pasangannya, dikarenakan testis erat kaitannya dengan sperma.

Penyebab Testis Besar sebelah

Di dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan apa saja yang menyebabkan testis besar sebelah, Berikut macam-macam yang mempengaruhi testis besar sebelah:

Radang Testis

Radang testis paling banyak disebabkan oleh virus yang menyebabkan gondongan, bakteri juga dapat menyebabkan radang testis, yang dapat menyebabkan penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia. Gejala yang disebabkan radang testis beragam salah satunya yaitu pembengkakan pada salah satu testis.

Trauma Testis

Banyak yang menyebabkan trauma testis, termasuk benturan pada testis yang menyebakan luka dan pembengkakan pada testis.

Torsi Testis

Torsi testis adalah keadaan dimana testis terpuntir tiba-tiba yang menyebabkan aliran darah berhenti, sehingga menyebabkan testi mengalami pembengkakan.

Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada jaringan epididimitis, epididimitis adalah saluran yang terdapat di belakang 2 bola testis, peradangan ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan nyeri pada skortum.

Hernia

Hernia biasa disebut oleh orang Indonesia adalah turun berok, yaitu suatu kondisi dimana usus turun ke kantung testis akibat dinding perut yang rapuh, sehingga menyebabkan testis mengalami pembengkakan, keadaan seperti ini dapat disembuhkan dengan cara operasi bedah.

Komplikasi Gondongan

Biasanya komplikasi ini terjadi setelah testis sembuh dan testis akan menciut, supaya diingan keadaan seperti ini tidak menyebabkan kemandulan atau ejakulasi dini.

Varikokel

Varikokel adalah sejenis varises yang tumbuh pada pembulu darah area testis, keadaan ini menyebabkan aliran darah ke testis meningkat dan tersumbat, sehingga menyebabkan testis membesar, dan kasus seperti ini mempengaruhi kualitas sperma yang masuk ke mani sehingga dapat mengakibatkan sperma tidak berkualitas.

Kanker Testis

Kanker testis merupakan suatu keadaan yang sangat menakutkan bagi para pria, karena gejala kanker testis tidak diketahui pertumbuhannya. Kanker testis dapat dikenali dengan tumbuhnya benjolan pada testis.

Pengobatan Testis Besar Sebelah

Sebelum dilakukan pengobatan dokter akan menannyakan riwayat penyakit anda, sebab Untuk penyakit ini pengobatannya tergantung pada penyebabnya. Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab dari membesaranya testis.

testis besar sebelah

• Penyebabnya adalah virus maka dokter akan memberikan obat oral, seperti obat anti nyeri, obat anti-peradangan non steroid, seperti naproxen atau ibuprofen.
  • Penyebabnya oleh bakteri maka dokter akan menganjurkan minum antibiotik seperti ciprofloxacin, doksisiklin, azithtromycin dan ceftriaxone.
  • Saat ini juga terdapat vaksi yang dapat mengobati gondongan, seperti MMR (measles, mumps, rubella) dan MMRV (measles, mumps, rubella farisela).
  • Jika pembesaran testis disebabkan hernia maka, dapat dilakukan penyembuhan dengan cara melakukan operasi bedah.

Banyak lagi metode penyembuhan yang berdasarkan penyebabnya, jika anda mengalami pembesaran buah testis, sebaiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter sehingga anda dapat mencegah penyakit ini semakin parah.

Anda bisa juga datang langsung ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami melayani pengobatan Andrologi, Kandungan, penyakit kelamin. Atau anda dapat menggunakan layanan konsultasi online dengan dilayani oleh konsultan-konsultan kesehatan berpengalam kami.