keputihan bercampur darahKeputihan merupakan masalah yang biasa dan sering terjadi pada wanita. Keputihan juga merupakan masalah yang sangat sering menjadi keluhan para wanita. Keputihan normal tidak menjadi masalah kesehatan yang serius, namun jika keputihan bercampur darah itu merupakan keputihan yang patut diwaspadai.

Keputihan yang dialami wanita dapat terjadi karena proses normal tubuh maupun karena adanya hal yang tidak normal pada tubuh. Keputihan dapat datang sebelum periode haid dan setelah periode haid.

Keputihan yang bercampur darah di antara siklus haid (termasuk masa sebelum haid) wajib diwaspadai sebagai hal yang tidak normal. Kemungkinan dapat terjadi karena:

• Kanker mulut rahim
  • Infeksi menular seksual seperti chlamydia atau gonorrhea
  • Penyakit radang panggul
  • Polip rahim

Keputihan Bercampur Darah

Normal, biasa saja terjadi karena ada sisa darah haid yang ikut keluar bersama keputihan. Hal ini adalah normal mengingat masih tersisanya darah haid yang terdapat pada vagina.

Tidak Normal, hati-hati karena kemungkinan adanya infeksi yang serius di organ reproduksi. Keputihan bercampur darah dapat dikatakan tidak normal bila keputihan tersebut memiliki bau yang tidak enak, disertai dengan rasa gatal dan tidak lagi berwarna jernih atau keruh. Hal ini bisa dikarenakan oleh beberapa faktor. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan keputihan tersebut terkontaminasi dengan bakteri atau jamur.

Sedangkan keputihan bercampur darah yang dialami di luar masa haid, bisa dikatakan salah satu akibat adanya kanker leher rahim pada saluran reproduksi wanita. Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi seluruh wanita selalu menjaga daerah kewanitaan agar selalu bersih baik pada saat sebelum haid maupun setelah masa haid.

Pemicu infeksi terjadi karena kurangnya dalam menjaga kebersihan organ reproduksi, sehingga menjadi lingkungan yang ideal untuk tumbuhnya bakteri dan jamur pathogen. Perawatan yang baik tentunya dengan membersihkan secara rutin organ reproduksi.

Beberapa Tips yang mungkin akan membantu anda untuk menghindari keputihan bercampur berdarah:

keputihan bercampur darah pada wanita

• Jauhkan penggunaan pembersih kewanitaan karena dapat mengganggu ekosistem dalam -vagina
  • Gantilah pakaian dalam bila lembab atau basah
  • Gunakanlah pakaian yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat
  • Bersihkanlah organ intim dari arah depan ke belakang
  • Bersihkan organ intim setiap kali setelah berhubungan seksual
  • Segera ke dokter jika terjadi nyeri panggul atau nyeri saat berkemih

Keputihan sebaiknya diobati sejak dini. Karena jika penyakit telah dalam tingkatan kronis dan berlangsung lama, akan lebih susah untuk diobati. Selain itu, jika keputihan dibiarkan bisa mengakibatkan bahaya di area rongga rahim kemudian ke saluran indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis bertahun-tahun bisa mengakibatkan mandul bahkan juga bisa berakibat kematian.

Selain itu, keputihan adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jadi jangan sampai terlambat untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab keputihan. Dan jangan anggap remeh keputihan. Supaya kamu tidak menyesal di belakang hari nanti, karena akibat yang ditimbulkan oleh penyakit keputihan ini.

Sebaiknya konsultasikan keluhan anda dengan dokter  agar diagnosis yang tepat bisa ditegakkan dan terapi yang tepat dapat diberikan. Dokter akan menanyakan beberapa riwayat mengenai keluhan anda secara lengkap dan dokter akan melakukannya pemeriksaan fisik. Dokter mungkin akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti USG untuk membantu dokter melakukan diagnosa.

Datanglah ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami menangani penyakit yang berhubungan dengan Andrologi, Ginekologi, Penyakit Kelamin, Ambeien.

Klik Banner di bawah ini untuk melakukan Konsultasi Medis Online.