counter


keputihan berwarna hijau

Keputihan adalah kondisi yang sering dialami oleh wanita, keputihan ada yang normal dan ada juga yang tidak normal. Penyebab keputihan itu muncul, terkadang karena stress atau bisa jadi disebabkan oleh gejala penyakit. Keputihan yang normal tidak menimbulkan bau. Di dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai keputihan yang berwarna hijau, apakah keputihan berwarna hijau ini termasuk normal atau tidak normal?

Apa Itu Keputihan Berwarna Hijau?

Keputihan yang berwarna hijau atau dalam Bahasa medisnya adalah vulvovaginitis, Keputihan jenis ini disebabkan radang di daerah vulva dan vagina, dan akan menimbulkan aroma yang sangat bau dan berbahaya bagi kesehatan organ intim para perempuan. Keputihan yang berwarna hijau ini jika parah akan berubah menjadi coklat, karena bercampur dengan darah.

Penyebab Keputihan Berwarna hijau


keputihan berwarna hijau

Banyak yang menyebabkan keputihan yang berwarna hijau, salah satunya adalah bakteri yang terdapat di bagian vagina anda, dan tumbuh dengan cepat sehingga merusak jaringan organ vagina anda.

Tapi kebanyakan keputihan yang berwarna hijau kekuningan disebabkan oleh adanya parasit yang berbahaya, nama parasitnya adalah trichomonas vaginalis, bakteri jenis ini salah satu gejala penyakit menular seksual yang disebut trikomoniasis.  yang hidup disekitar organ intim wanita.

Pada umumnya keputihan yang berwarna hijau ini disebabkan oleh para wanita yang tidak menjaga kebersihan area intimnya, berikut penyebab-penyebab yang mengakibatkan keputihan yang berwarna hijau, yang mungkin anda tidak menyadari melakukannya. Penyebab-penyebabnya adalah:

  • Penggunaan sabun vagina yang terdapat bahan kimia.
  • Sisa deterjen, bekas pencucian yang tidak bersih yang masih tertinggal di celana dalam anda.
  • Iritasi pada area vagina.
  • Disebabkan jamur dan virus.

Klik chat

Gejala Keputihan Berwarna Hijau

Gejala keputihan yang berwarna hijau dalam kondisi terinfeksi tricomoniasis, sebagai berikut:

  • Keputihan akan menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Cairan keputihan akan meningkat drastis.
  • Peradangan pada vagina.
  • Sering buang air kecil.
  • Tentunya keputihan yang berwarna hijau yang biasanya disertai busa.
  • Akan terasa sangat gatal pada vagina.

Pengobatan

Jika anda mengalami gejala-gejala diatas, sebaiknya anda segera mengkonsultasikan diri anda ke dokter, karena kondisi seperti diatas itu dapat menjadi infeksi menular seksual. Untuk pengobatan, biasanya dokter memberikan obat antibiotik seperti metronidazole.

Walaupun mudah diobati, keputihan jenis ini harus tuntas diobati agar tidak terkena kembali, ketika dalam masa penyembuhan sebaiknya tidak melakukan berhubungan seksual, karena dapat berdampak menyebarnya penyakit kelamin lainnya ke pasangan seksual anda.

Pencegahan

Cara untuk mencegah keputihan yang berwarna hijau, adalah:

  • Hindari berhubungan seksual selama keputihan berlangsung, agar penyembuhan dilakukan dengan cepat.
  • Jangan menggunakan bahan-bahan kimia (bebas sabun dan Ph normal) untuk membersihkan daerah kewanitaan.
  • Gantilah pakaian dalam sesering mungkin dalam sehari, agar mengurangi kelembapan di daerah vagina anda, karena daerah yang lembab, bakteri dapat tumbuh kembang dengan cepat.
  • Gunakan pakaian dalam dengan bahan katun.
  • Bila terasa gatal jangan digaruk, tapi kompres area vagina dengan air yang dingin untuk mengurangi rasa gatal. Jika gatal semakin terasa dan terdapat cairan yang tidak biasanya pada vagina anda sebaiknya langsung konsultasikan diri anda ke dokter.
  • Berlakukanlah hidup sehat dengan pola makan teratur dan bergizi.

Jika anda mengalami keputihan tidak normal seperti keputihan yang berwarna hijau, sebaiknya anda segera menghubungi dokter dan konsultasikan keadaan anda, datanglah ke Klinik Utama Gracia, di klinik kami terdapat dokter-dokter yang berpengalaman, dan profesional serta didukung alat-alat yang lengkap, atau anda dapat menggunakan layanan konsultasi medin online kami, konsultan-konsultan kesehatan kami akan membantu anda dalam menemukan solusi terbaik untuk kesehatan anda.

Klik chat

Save

Save