keputihan berwarna kuningKeputihan adalah keluarnya cairan dari vagina anda (selain darah), cairan ini di produksi secara alami dari leher rahim, dan wanita hamil juga akan mengalami keputihan. Keputihan ada dua jenis yaitu keputihan normal dan abnormal. Keputihan normal itu tidak berbau dan nyeri pada vagina, sedangkan keputihan abnormal banyak jenis dan gejala. Jenis-jenisnya yaitu  keputihan berwarna kuning dan coklat, merah, putih kental bahkan berwarna abu-abu.

Keputihan yang paling sering terjadi adalah keputihan yang normal dan teratur, sedangkan keputihan yang tidak normal ditandai dengan cairan yang berlebihan, dan cairan berwarna kuning, coklat, hijau, dsb. Itu semua disebabkan oleh infeksi bakteri, jika anda mengalami keputihan sepeti keputihan berwarna kuning sebaiknya anda pergi ke dokter untuk memeriksakan diri anda.

Penyebab Keputihan Berwarna Kuning

keputihan berwarna kuning

keputihan Jenis ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yang gejalanya dapat berkembang menjadi penyakit menular seksual yang berbahaya. Berikut adalah penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan keputihan abnormal.

Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis, parasit ini menyerang saluran uretra (bagi pria) dan daerah vagina (bagi wanita). Gejalanya meliputi: berupa rasa tidak nyaman dan gatal pada vagina, dan vagina akan mengeluarkan cairan berwarna kuning dan kadang keputihan berwarna hijau.

Vaginitis

Vaginitis adalah peradangan pada vagina yang dapat menghasikan keputihan abnormal, dan akan terasa nyeri, gatal, penyebabnya adalah perubahan keseimbangan bakteri normal pada vagina.

Gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS). Penyakit ini disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, penyakit ini menginfeksi daerah lembab tubuh yaitu mata, tenggorokan, vagina, dubur dan saluran reproduksi wanita seperti tuba falopi, leher rahim, dan rahim. Gejalanya meliputi keluarnya keputihan yang kental, berwarna hijau dan kuning.

Infeksi Jamur

Jamur candida atau monila adalah jenis jamur yang sering menginfeksi vagina, dan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan yang berlebihan berwarna putih susu, kuning dan cairan kental mengeluarkan bau yang sangat menyengat disertai rasa gatal pada vagina.

Virus

Infeksi virus juga dapat menyebabkan keputihan, virus yang mungkin menyerang adalah condyloma, herpes, HIV/AIDS, virus ini ditimbulkan karena pola hidup yang tidak sehat. Gejala keputihan yang terinfeksi virus salah satunya yaitu mengeluarkan cairan yang berwarna kekuningan dan timbulnya rasa gatal dan panas pada vagina.

Pengobatan

Pengobatannya tergantung dengan infeksi yang dialami saat keputihan abnormal, berikut akan dijelaskan satu persatu.

keputihan berwarna kuning

• Keputihan yang disebabkan jamur bisa diobati dengan meminum obat tablet bernama ketoconazole 200 miligram, berfungsi mencegah kembalinya jamur, obat ini biasanya kurang dianjurkan oleh dokter, ada juga obat dengan nama itraconazol, nystatim.
  • Keputihan yang disebabkan gonore dapat diobati dengan memberikan antibiotik, jenis suntikan dan satu tablet antibiotik. Sangat dianjurkan untuk membawa pasangan seksual anda ketika berobat untuk sama-sama diberi tindakan medis.

• Keputihan yang disebabkan oleh trikomoniasis juga dapat diobati dengan pemberian antibiotik, seperti metronidazole, obat ini dikonsumsi selama 5-7 hari, selain metronidazole ada juga tinidazole.
  • Keputihan yang disebabkan oleh vaginitis diobati dengan cara pemberian obat anti jamur jika penderita terserang karena jamur, apabila penderita terserang infeksi karena bakteri maka dokter akan memberikan obat antibiotik.

Mencegah Keputihan Berwarna Kuning

• Membasuh atau membersihkan vagina dengan benar.
  • Menjaga kelembaban pada vagina dengan cara mengganti celana dalam minimal 3 kali dalam sehari.
  • Jalani polah hidup sehat, seperti olahraga dan makan-makanan yang bergizi.
  • Hindari gaya hidup free sex (sex bebas).
  • Hindari pembersih vagina uang berbahan kimiawi.

Dari cara-cara mencegah keputihan abnormal jenis ini dapat kita simpulkan bahwa, keputihan abnormal sangat berkaitan dengan kebersihan area intim wanita, maka dengan menjaga kebersihan dan gaya hidup sehat dapat mencegah keputihan abnormal.

Bagi anda yang mengalami keputihan abnormal sebaiknya segera memeriksakan diri anda ke dokter, agar gejala-gejala dapat ditangani dengan cepat dan menghindari komplikasi terhadap penyakit lain yang dapat memperparah keadaan.

Datanglah Ke Klinik Utama Gracia, Klinik kami mempunyai dokter-dokter yang khusus menangani masalah-masalah kesehatan andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual secara profesional serta memiliki pengalaman yang banyak. Atau anda dapat menggunakan fasilitas layanan online kami, anda dapat melakukan konsultasi secara online, dan langsung dijawab oleh konsultan-konsultan medis kami.