counter

keputihan normalKeputihan terdapat dua macam jenisnya yaitu, keputihan normal dan keputihan abnormal, keputihan itu adalah cairan yang muncul dari vagina, selain darah. Keputihan dapat terjadi pada setiap wanita. keputihan sering muncul ketika akan menstruasi dan sesudah menstruasi, keputihan juga bisa terjadi pada wanita. di dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai keputihan normal.

Banyak sekali wanita yang kurang paham mengenai keputihan normal seperti apa, sehingga ketika wanita tersebut mengalami keputihan, respon yang muncul itu panik, padahal ketika keputihan terjadi seseorang tidak boleh panik karena dapat membuat volume keputihan menjadi semakin banyak.

Maka dengan artikel kami kali ini, kenalilah keputihan yang normal itu seperti apa, dan untuk artikel cara menghilangkan keputihan karena jamur bisa dibaca di artikel kami disini.

Ciri-ciri Keputihan Normal

keputihan normal

Keputihan yang normal terjadi pada saat sebelum dan sesudah menstruasi, keputihan yang normal juga bisa diakibatkan faktor kelelahan. Berikut akan dijelaskan bagaimana ciri-ciri keputihan yang normal, yang mungkin saja terjadi pada anda.

  • Keputihan Encer dan Bening

Keputihan yang encer dan bening merupakan ciri keputihan yang normal. Keputihan jenis ini tidak akan menimbulkan rasa gatal, bau yang menyengat. Keadaan seperti ini tidak perlu di khawatirkan, karena bisa terjadi jika anda memasuki masa subur.

Penyebab lainnya adalah kondisi badan yang melemah dikarenakan bekerja terlalu keras, atau bisa juga alergi karena kondisi vagina yang tidak nyaman ketika memakai celana dari bahan tertentu yang ketat.

Ketika anda mengalami keputihan jenis ini, sebaiknya anda jangan khawatir karena tidak perlu anda obati, dan akan hilang dengan sendirinya, dengan catatan anda selalu menjaga area kewanitaan anda supaya tetap bersih, hindari menggunakan pakaian yang ketat sehingga sirkulasi udara pada vagina terhambat.

  • Keputihan Tidak Berwarna

Cairan yang dikeluarkan oleh vagina merupakan hal yang wajar dialami oleh wanita, asalkan cairan tersebut berwarna bening, karena cairan tersebut merupakan cairan yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH pada vagina untuk mencegah bakteri berkembang di dalam vagina.

Cairan yang ditimbulkan vagina dapat disebabkan oleh keadaan dimana seorang wanita siap untuk melakukan hubungan intim (dalam keadaan terangsang). Dapat juga disebabkan ovulasi karena anda dalam masa menjelang menstruasi, dapat juga di sertai flek berupa bercak darah dan nyeri perut pada beberapa wanita.

  • Cairan Tidak Berlebihan

Cairan keputihan yang sedikit merupakan ciri keputihan yang normal, anda tidak perlu takut dan khawatir, keadaan seperti ini normal dan akan pulih dengan sendirinya, bila anda mengalami hal ini cukup bersihkan area kewanitaan anda, dan jangan menggunakan celana yang ketat.

Demikianlah artikel mengenai ciri-ciri keputihan normal, jika anda mengalami keputihan yang tidak normal sebaiknya anda segera konsultasikan diri anda ke dokter, agar anda dapat mengetahui penyebabnya, dan segera dapat diobati.

Datanglah ke Klinik Utama Gracia, Klinik kami melayani konsultasi dan pengobatan penyakit Andrologi, Ginekologi, dan Penyakit Menular Seksual. Nikmati layanan Konsultasi Medis Online Gratis kami, ceritakan keluhan anda, konsultan-konsultan kami akan menjawab keluhan anda dan rahasia anda akan terjamin.

Save

Save
Klik chat

Save