cara menghilangkan kutil kelamin

Ketidaknyamanan yang hadir karena adanya kutil pada area kelamin membuat penderita membutuhkan cara menghilangkan kutil kelamin yang tepat. Bukan hanya tidak nyaman, namun salah satu penyakit menular seksual ini juga dapat dengan mudah menular pada pasangan melalui kontak dengan kutil saat melakukan hubungan seksual.

Pada penderita kutil kelamin, akan ditemui daging tumbuh atau kutil tunggal ataupun berkelompok pada area kelamin ataupun anus. Selain itu pertumbuhan kutil ini akan disertai dengan rasa nyeri, gatal dan juga munculnya bengkak. Bahkan kutil dapat mudah mengalami pendarahan saat tergesek, sehingga infeksi bisa menyebar.

Adanya infeksi human papillomavirus atau HPV adalah penyebab utama mengapa pria atau wanita dapat mengalami kutil kelamin. Virus ini akan menginfeksi mereka yang sudah aktif berhubungan seksual, terlebih lagi pada mereka yang sering berganti-ganti pasangan seks, ataupun melakukan hubungan seks yang berisiko.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengetahui cara menghilangkan kutil kelamin yang tepat berikut:

1. Pengobatan Awal

Pemeriksaan akan dilakukan terlebih dulu agar diagnosis dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan fisik biasa. Hal tersebut dapat dilakukan bila kutil memang muncul pada permukaan kelamin atau anus. Berbeda halnya bila Anda mengalami kutil pada bagian dalam kelamin atau anus. Konsultasikan dengan dokter terkait permasalahan ini.

Setelah diagnosis didapatkan, pengobatan awal yang akan diberikan dokter adalah dengan obat topikal. Obat oles ini akan mematikan jaringan sel kutil dan juga merangsang agar sistem kekebalan tubuh meningkat agar infeksi virus dapat segera dilawan.

Pemilihan obat topikal untuk kutil kelamin harus selalu disertai dengan resep dokter. Jangan gunakan obat sembarangan yang tidak disarankan dokter, karena malah bisa membuat infeksi menjadi bertambah parah.

2. Pengobatan Lanjutan

Dokter akan melihat perkembangan kutil setelah dilakukan pengobatan awal. Namun bila kutil tidak juga menghilang, maka akan dilakukan pengobatan lanjutan dengan prosedur ablasi. Prosedur ini juga umumnya dilakukan bila kutil yang ditemukan sudah menyebar, ataupun penderita merupakan ibu hamil yang tidak mungkin menggunakan obat topikal karena bisa mempengaruhi janin.

Prosedur ablasi memiliki beberapa metode seperti:

• Eksisi. Metode ini dilakukan pada penderita yang memiliki kutil yang berskala kecil. Metode eksisi dilakukan untuk menghilangkan kutil dengan memotong jaringan kutil dan membuangnya.
  • Bedah listrik. Metode yang akan dikombinasikan setelah eksisi ini dilakukan dengan membakar jaringan kutil yang sudah dipotong saat eksisi. Jaringan kutil tersebut akan dibakar menggunakan kawat yang sudah dialiri listrik. Biasanya penderita yang akan menjalani metode ini adalah penderita kutil yang berada di vulva atau anus.
  • Cryotherapy. Metode yang disebut dengan pembekuan kutil ini dilakukan dengan menerapkan nitrogen cair pada kutil hingga membeku, dan akhirnya terlepas. Metode ini banyak disarankan bagi penderita kutil di penis atau vulva.
  • Bedah laser. Metode terakhir ini bisa menjadi solusi bila metode ablasi lainnya tidak juga bisa menghilangkan kutil kelamin Anda. Dalam metode bedah laser, kutil yang tumbuh akan dibakar. Umumnya cara menghilangkan kutil kelamin ini dilakukan pada pasien kutil kelamin yang ukurannya besar ataupun kutil yang sulit untuk dijangkau.

Anda harus berkonsultasi terlebih dulu untuk menentukan mana cara menghilangkan kutil kelamin yang tepat untuk kondisi yang Anda alami. Dengan begitu permasalahan kutil kelamin Anda dapat cepat teratasi.

Perlu diingat agar tidak terlebih dulu melakukan hubungan seksual selama Anda masih merasakan keberadaan kutil, ataupun pengobatan belum tuntas. Hal ini adalah cara untuk meminimalisir penularan pada pasangan seksual.