counter

hal yang tidak boleh dilakukan saat haid

Haid pada wanita akan terjadi secara rutin setiap bulannya. Siklus alamiah ini akan terus terjadi sampai wanita mengalami menopause, dimana menstruasi tidak akan terjadi lagi. Haid adalah proses dimana sel telur yang tidak dibuahi meluruh dan menjadi darah haid. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid.

Banyak yang mengatakan ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid. Hal tersebut kebanyakan memang sudah menjadi kebiasaan atau tradisi sejak jaman dahulu. Berikut ini adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid.

1. Mencabut Bulu

Tubuh akan merasa lebih peka terhadap rasa sakit ketika hormon estrogen dan juga progesteron menurun. Dan hal tersebut terjadi ketika seorang wanita mengalami haid. Untuk itu, hindari kebiasaan mencabut bulu di bagian tubuh manapun ketika Anda sedang haid, seperti mencabut bulu ketiak ataupun melakukan waxing bulu kaki. Selain itu hindari juga melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan rasa sakit, seperti misalnya mencabut gigi. Anda bisa melakukan aktivitas-aktivitas tersebut ketika sedang tidak haid.

2. Kurang Bergerak

Wanita akan cenderung mengalami kram atau nyeri di perut ketika haid. Hal tersebut tentunya akan membuat wanita menjadi lemah dan hanya ingin bermalas-malasan. Namun hal tersebut malah akan membuat nyeri atau kram menjadi semakin parah. Untuk itu, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan ringan untuk meringankan rasa nyeri dan kram ketika haid, misalnya seperti olahraga ringan, ataupun hanya sekedar berjalan kaki.

3. Konsumsi Susu atau Produk Berbahan Susu

Kalsium memang baik untuk mengurangi rasa kram atau nyeri saat haid. Namun ternyata tidak berlaku pada susu atau produk yang berbahan susu. Anda malah disarankan untuk menghindari susu dan produk berbahan susu ketika sedang haid, karena produk tersebut akan membuat perut Anda menjadi kembung, dan terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh lemak susu yang mengandung asam arakidonat yang bisa memproduksi prostaglandin, dan akhirnya menyebabkan kram. Untuk mendapatkan kalsium, Anda bisa mencoba makanan lainnya sebagai ganti susu.

yang tidak boleh dilakukan saat haid

4. Tidak Rutin Mengganti Pembalut

Ketika haid, Anda diharuskan untuk rutin mengganti pembalut. Jangan menggunakan pembalut yang sama selama seharian penuh. Anda disarankan untuk mengganti pembalut setiap empat jam sekali. Namun akan lebih sering, jika Anda merasa darah haid yang keluar jumlahnya lebih banyak. Hal ini penting, karena ketika seorang wanita haid, maka akan lebih rentan terserang bakteri. Untuk itu, dengan mengganti pembalut secara rutin, maka bakteri tidak akan dengan mudah berkembang biak dan menyerang Anda.

5. Melakukan Hubungan Seksual Tanpa Pengaman

Banyak orang berpendapat bahwa wanita tidak dapat melakukan hubungan seksual ketika sedang haid. Namun beberapa orang berpendapat bahwa hubungan seksual bisa dilakukan namun dengan menggunakan kondom. Hal ini dikarenakan bisa terjadinya infeksi dan akan menular jika melakukan hubungan seksual tanpa pengaman. Infeksi menular bisa saja terjadi karena kondisi vagina ketika haid mengalami peningkatan, dan menyebabkan jamur, kuman, atau bakteri dapat berkembang biak dengan mudah.

6. Menghindari Beberapa Jenis Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman tertentu ada beberapa yang harus Anda hindari selama haid, seperti misalnya makanan dan minuman berkafein, memiliki kandungan minyak yang berlebihan, makanan manis, junk food, makanan olahan, dan juga makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Jenis makanan dan minuman tersebut bisa menyebabkan terjadinya gangguan menstruasi sehingga menstruasi tidak lancar. Sebaiknya konsumsi makanan dan minuman yang bergizi untuk memperlancar aliran darah haid Anda, dan membuat tubuh menjadi lebih fit.

Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid. Hal ini memang sudah dipercaya sejak dulu. Jika Anda masih ragu, Anda bisa berkonsultasi terkait dengan menstruasi atau haid pada tim Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting online di bawah ini.
Klik chat